10

Akuntansi forensik sering digunakan dalam kasus penipuan dan penggelapan untuk menjelaskan sifat kejahatan keuangan di pengadilan. Akuntan forensik bertugas untuk menganalisis, menafsirkan, dan meringkas masalah keuangan dan bisnis yang kompleks. Keterampilan yang dibutuhkan dalam akuntansi forensik adalah akuntansi, auditing, dan investigasi untuk melakukan pemeriksaan keuangan individu atau bisnis.

Apa itu Akuntansi Forensik?

Akuntansi forensik memberikan analisis akuntansi yang cocok untuk digunakan dalam proses hukum. Akuntan forensik akan mengumpulkan bukti keuangan, mengembangkan aplikasi komputer untuk mengelola informasi yang dikumpulkan, dan mengkomunikasikan temuan mereka dalam bentuk laporan atau presentasi.

Seorang akuntan forensik mungkin juga diminta untuk menyiapkan alat bantu visual untuk mendukung bukti persidangan. Akuntan forensik mungkin dipekerjakan oleh perusahaan asuransi, bank, kepolisian, lembaga pemerintah, atau kantor akuntan publik.

Baca juga:  Jenis Akuntan dan Tugasnya di Perusahaan yang Wajib Diketahui

Prosedur Audit Akuntansi Forensik

Audit akuntansi forensik memerlukan jenis penanganan yang berbeda dari audit laporan keuangan. Setiap situasi membutuhkan protokol yang berbeda. Proses audit melibatkan penyelidikan awal, pelaporan informasi, dan litigasi akhir. Berikut adalah prosedur audit akuntansi forensik:

1. Investigasi

Akuntan forensik memulai penyelidikan dan mengumpulkan bukti ketika kecurigaan penipuan sudah ada. Data yang dicari saat melakukan investigasi adalah perbedaan yang mungkin mengindikasikan telah terjadi penipuan termasuk tanda bahaya. Akuntan forensik mungkin mewawancarai staf perusahaan atau pihak yang terlibat untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan berusaha menemukan individu di balik penipuan.

Akuntan forensik akan mulai membentuk hipotesis tentang apa yang terjadi dan membuat rencana tindak lanjut untuk melanjutkan penilaian bisnis dari semua informasi yang telah dikumpulkan. Setelah langkah ini mencapai penyelesaian, akuntan forensik menentukan tindakan selanjutnya yang diperlukan dan menyampaikan informasi ini ke perusahaan.

2. Pelaporan

Setelah akuntansi forensik mengumpulkan informasi dan mengembangkan kasus, mereka menyajikan ringkasan temuan mereka kepada personel yang diperlukan. Dengan menggunakan informasi ini, para akuntan forensik menentukan bagaimana penipuan terjadi dan siapa yang berperan. Kemudian, akuntan menentukan bagaimana menangani kasus tersebut dan menyarankan langkah-langkah yang harus diambil perusahaan selanjutnya.

Akuntan forensik juga dapat merekomendasikan cara untuk mencegah insiden ini di masa depan dengan meningkatkan/memperkuat keamanan internal dan menunjukkan tanda bahaya. Setelah menyerahkan laporannya, akuntan forensik akan mempersiapkan perannya dalam proses pengadilan terkait kasus tersebut.

3. Litigasi

Pada tahap ini, akuntan forensik memainkan peran penting selama proses ini. Akuntan forensik dapat digunakan sebagai saksi ahli jika perselisihan meningkat ke keputusan pengadilan. Akuntan forensik menyajikan temuan sebagai bukti di pengadilan dan bersaksi melawan pelanggar. Mereka menjelaskan bukti apa pun dan menafsirkan dokumen keuangan dalam istilah yang dapat dimengerti serta menyajikan bagaimana mereka mengidentifikasi subjek. Akuntan tidak hanya harus menemukan bukti tetapi juga menggunakan retorika yang masuk akal ke pengadilan. Setelah langkah ini mencapai penyelesaian, pengadilan menentukan keputusan akhir untuk situasi tersebut.

Cara Menjadi Akuntan Forensik

Posisi akuntan forensik memerlukan gelar sarjana dalam bidang akuntansi forensik, keuangan, akuntansi, gelar penegakan hukum atau peradilan pidana. Selain pelatihan di tempat kerja, sebagian besar karir akuntansi forensik memerlukan kualifikasi setidaknya 1-3 tahun pengalaman dalam profesi akuntansi umum. Gelar akuntansi forensik di tingkat master atau Ph.D seringkali memungkinkan para profesional untuk menemukan posisi yang lebih menguntungkan.

Sebagian besar pekerjaan di lapangan memerlukan lisensi akuntan publik bersertifikat untuk praktik, tetapi sertifikasi tambahan juga ada. Dengan lulus ujian Certified Fraud Examiner (CFE), seseorang dapat memperoleh lisensi bermanfaat yang membuka pintu untuk lebih banyak karier. Menjadi CFE juga memungkinkan anggota untuk mengambil bagian dalam acara networking dan mengakses sumber daya tambahan. Akuntan juga dapat memperoleh kredensial Certified in Financial Forensics (CFF). Meskipun tidak selalu diperlukan, jika memiliki sertifikasi ini mungkin lebih disukai oleh pemberi kerja.

Beberapa industri bisnis juga selalu menggunakan akuntan forensik untuk mendeteksi dan mengungkap kecurangan yang terjadi. Selain akuntan forensik, ada beberapa jenis akuntan yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan lainnya termasuk keuntungan dan pengeluaran perusahaan. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Post comment

Product Enquiry