100

Sebelum era teknologi, pekerjaan kantor umumnya dilakukan secara manual. Namun, perkembangan teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara kerja, memungkinkan pekerjaan dilakukan dengan bantuan beragam jenis perangkat lunak seperti aplikasi administrasi perkantoran, database, dan pengolah data, membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan cepat.

5 Aplikasi Administrasi Perkantoran yang Wajib untuk Digunakan

Aplikasi Administrasi Perkantoran tersedia mulai dari yang gratis maupun berbayar. Penggunaannya ditujukan agar pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Berikut adalah aplikasi administrasi perkantoran yang yang bisa digunakan di kantor Anda:

1. Microsoft Office

Aplikasi Microsoft Office sudah banyak digunakan karena menawarkan kemudahan untuk mengolah data, mencatat, maupun menghitung. Aplikasi yang akrab di telinga di antaranya adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint. Selain tiga aplikasi tersebut, Microsoft Office juga menyediakan OneDrive, Microsoft Outlook untuk email Microsoft Access, publisher dan lainnya. Setiap software yang ditawarkan akan Microsoft Office memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan pengguna.

Baca juga: Aplikasi Pengolah Data

2. Open Office

Open Office beroperasi pada sistem Linux, tapi juga bisa diaplikasikan pada sistem Windows. Aplikasi yang tersedia pada Open Office hampir sama dengan yang tersedia di Microsoft Office seperti pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi.

3. Evernote

Evernote adalah aplikasi pencatatan serbaguna yang menawarkan berbagai fitur, termasuk kemampuan merekam audio, video, membuat catatan berpoin, dan banyak lagi. Aplikasi ini menjadi pilihan utama bagi para pekerja yang aktif di luar kantor dan membutuhkan alat pencatatan cepat di perangkat seluler mereka.

4. Slack

Slack adalah aplikasi nothing untuk komunikasi sesama karyawan.  dengan aplikasi ini anda bisa membuat saluran diskusi berbagi dokumen bahkan mengoperasikan data yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

5. Trello

Trello adalah sebuah aplikasi kolaborasi project management untuk karyawan. Dengan Trello, Anda bisa mengatur proyek individu/tim kecil maupun alur kerja yang sedang berjalan. Template board yang tersedia di Trello bisa digunakan untuk kebutuhan tim.

Trello mungkin adalah tempat yang tepat untuk memulai menggunakan project management tools pertama.

Beberapa aplikasi penunjang administrasi kantor tersebut bisa digunakan di PC/Laptop dan smartphone. Hampir semua divisi di kantor menggunakan aplikasi di atas dalam pekerjaan yang dilakukan.

Memilih Aplikasi Administrasi Perkantoran Terbaik

Selain membantu urusan pekerjaan lebih mudah, aplikasi administrasi yang dipilih juga harus sesuai dengan kebutuhan. Kunci dari memilih software yang baik yaitu kebutuhan pekerja dan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi terbaik, diharapkan semua karyawan bisa bekerja dan berkolaborasi sehingga makin produktif.

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi administrasi di kantor, diperlukan juga perangkat yang mendukung.  Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Aplikasi Database Project untuk Kantor

Post comment

Product Enquiry