ilustrasi laptop lama restart
190

Pada umumnya, fungsi restart dilakukan untuk memulihkan setting yang mengalami error atau masalah pada sistem dapat kembali bekerja seperti semula. Namun, kadangkala laptop mengalami proses restart yang lama. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop restart lama?

Namun, bagaimana jika proses restart ternyata stuck terus pada bagian booting? Misalnya, diperlukan waktu beberapa menit hingga berjam-jam hanya untuk menunggu laptop kembali menyala. Tentu saja hal itu sangat membuang-buang waktu dan menjengkelkan. Maka dari itu, ikuti cara mengatasi laptop restart lama berikut ini untuk mengetahui penyebab laptop restart lama dan solusinya.

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

1. Mengurangi Startup Apps

Startup Apps adalah aplikasi yang otomatis berjalan pada saat booting. Semakin banyak aplikasi, proses booting biasanya akan semakin lama. Untuk mematikan Startup Apps bisa melalui Task manager dan Pengaturan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop 12 Inch Terbaik dan Murah 2023, Catat!

2. Matikan Fast Startup

Anda bisa mengatur Power Option pada baterai dengan cara klik kanan pada ikon baterai laptop. Hilangkan centang Turn on fast Startup. Lihat perubahan yang terjadi, jika proses restart normal, berarti Anda berhasil.

3. Cek RAM dan Hard disk

Penyebab laptop restart lama adalah karena banyak memori (RAM atau hard disk) yang digunakan. Untuk mengecek jumlah memori yang digunakan, buka Task Manager lalu lihat berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan pada laptop. Jika memori pada RAM terlalu penuh, kinerja laptop pun akan melambat. Anda bisa mengeklik End Process pada aplikasi yang banyak memakan memori dan tak digunakan. Jika memori RAM terlalu kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah kapasitas RAM.

Untuk mengecek bagian hard disk, cek berapa aplikasi yang tak terpakai dan sampah yang menumpuk. Hal itu bisa membuat laptop menjadi sangat lambat. Bersihkan file atau berkas sampah dan uninstall aplikasi yang tak digunakan.

4. Cek Virus

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah terkena virus. Jika laptop sudah terpasang antivirus, cobalah scan laptop secara keseluruhan lalu hapus virus yang menjangkit laptop. Setelah itu, restart laptop dan lihat apakah hasilnya berubah atau tidak. Jangan lupa gunakan antivirus untuk menghindari serangan virus. Selain antivirus, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh berkas dari internet. Jangan asal mengunduh berkas sembarangan.

5. Kerusakan pada Hard Disk

Jika cara di atas belum berhasil, mungkin ada masalah pada hard disk Anda. Hard disk yang rusak solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop restart lama. Cara tersebut bisa dicoba sendiri dan dijamin berhasil. Namun, jika laptop perusahaan mengalami kerusakan, segera hubungi Asani.

Asani menyediakan berbagai kebutuhan laptop perusahaan, seperti sewa laptop, jasa service laptop perusahaan, dan Asset Recycling.

Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: 15 Daftar Aplikasi yang Harus Ada di Laptop, Segera Instal!

Share

Post comment

Product Enquiry