140

Lenovo adalah salah satu brand laptop populer dengan penjualan teknologi terbesar di dunia. Brand Lenovo memiliki laptop yang inovatif, unik, dan tangguh. Salah dua seri laptop Lenovo yang laris di pasaran adalah Lenovo ThinkPad vs IdeaPad, bahkan sering dibandingkan antara Lenovo ThinkPad vs IdeaPad.

Jika dilihat dari nama, mungkin akan terdengar sama, tapi sesungguhnya kedua seri laptop itu memiliki tujuan dan pasar yang berbeda. Lenovo ThinkPad ditujukan untuk bisnis, sedangkan Lenovo IdeaPad untuk kebutuhan sehari-hari. Lenovo ThinkPad juga muncul lebih dulu dibandingkan dengan Lenovo IdeaPad.

Apa perbedaan antara Lenovo ThinkPad vs IdeaPad? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Jenis Processor yang Bagus untuk Laptop & Tips Memilihnya

Lenovo ThinkPad

Lenovo Thinkpad adalah salah satu model terlaris dan laptop dengan kinerja tinggi yang digunakan oleh para pebisnis maupun profesional. Selain untuk pebisnis, ThinkPad juga digunakan di sektor pendidikan seperti sekolah dan universitas.

Laptop Lenovo ThinkPad memiliki desain sederhana dan bobot yang ringan. Fokus utama Thinkpad adalah kinerja, jadi tidak terlalu mementingkan fitur dan desain yang tidak terlalu penting. Ukuran ThinkPad mulai dari 13.3 inci, 14 inci, dan 15.6 inci. Seri ThinkPad yang populer di pasaran di antaranya seri X, T, E, L, P, dan Yoga.

Fitur unggulan ThinkPad:

  • Penggunaan RAM dan prosesor terbaik (Intel atau AMD) membuat laptop mampu digunakan untuk aplikasi yang lebih berat
  • Masa pakai baterai yang tahan lama membuat laptop bisa bertahan lebih lama
  • Standar resolusi layar display ThinkPad adalah full-HD. Tipe yang lebih mahal bahkan memiliki resolusi 4K.

Jadi, jika membahas kinerja atau performa, maka laptop ini tidak perlu diragukan lagi.

Lenovo IdeaPad

Lenovo IdeaPad fokus untuk penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu berat. Seri ini memiliki banyak fitur dan desain yang bisa membuat pelanggan tertarik. Beberapa model bahkan memiliki layar tanpa bingkai. Dari segi kinerja, IdeaPad memang tidak setangguh ThinkPad, tapi itu bukan masalah karena laptop ini bisa digunakan untuk pekerjaan sederhana seperti Microsoft Office, browsing dan multimedia.

Perbedaan yang jelas terlihat antara Lenovo ThinkPad vs IdeaPad adalah desain. Lenovo IdeaPad tampil lebih menarik dan ramping sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Untuk layar, resolusi IdeaPad sudah cukup bagus, tapi rasio kontras IdeaPad lebih rendah dan tidak terlalu cerah. Seri IdeaPad yang populer adalah seri C dan L.

Rekomendasi

Memilih laptop Lenovo yang terbaik untuk Anda. Antara kedua seri laptop Lenovo ThinkPad vs IdeaPad, apakah Anda sudah bisa menentukan laptop yang tepat untuk Anda. Berikut penjelasan lebih lengkap kapan Anda harus memilih ThinkPad dan kapan harus memilih IdeaPad.

  • Pilih seri IdeaPad jika Anda hanya menggunakan laptop untuk keperluan sehari-hari seperti mengerjakan tugas ringan dengan aplikasi basic Microsoft Office atau menggunakan multimedia untuk hiburan
  • Jika Anda adalah seorang profesional yang membutuhkan laptop dengan performa yang tinggi, maka pilihlah ThinkPad. Seri ThinkPad mampu bekerja dengan aplikasi berat yang dibutuhkan untuk pekerjaan Anda. Selain itu, ada sistem keamanan dan fitur yang mampu meningkatkan produktivitas.

Jika Anda membutuhkan ThinkPad untuk pekerja di kantor, Asani menyediakan sewa laptop ThinkPad atau brand lain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan. Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Penyebabnya

Tags:
Share

Post comment

Product Enquiry