strategi digital marketing
820

Strategi digital marketing adalah strategi pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan melalui media digital, seperti media sosial dan email bisnis. Melalui berbagai online platform tersebut, Anda sebagai pelaku bisnis pun berkesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang.

Semakin banyak orang yang dijangkau, maka semakin tinggi pula kemungkinan mereka jadi pelanggan baru bisnis Anda. Dengan begitu, keuntungan perusahaan bisnis bisa meningkat.

Ada beberapa jenis strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, yuk coba beberapa contoh strategi digital marketing berikut ini jika Anda masih belum menerapkannya.

Strategi Digital Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Sebelum menentukan strategi digital marketing apa yang mau Anda pakai, ada baiknya untuk mempersiapkan rencananya terlebih dahulu secara rinci agar bisa dijadikan dasar dalam memilih jenis strategi pemasaran digital yang paling tepat. 

Setelahnya, Anda bisa langsung mulai untuk menerapkan beberapa strategi digital marketing berikut ini.

1. Penerapan SEO (Search Engine Optimization)

Penerapan SEO bisa membantu website bisnis Anda menempati posisi teratas mesin pencarian. Jika website berada di posisi paling atas, otomatis website akan sering dikunjungi banyak orang. Artinya, semakin tinggi pula potensi produk/jasa yang Anda jual dilihat oleh calon konsumen.

Anda bisa menerapkan strategi SEO ini secara gratis. Namun perlu diketahui, SEO merupakan jenis investasi jangka panjang bagi bisnis, jadi hasilnya pun tidak instan. Diperlukan beberapa waktu untuk bisa merasakan efek dari penerapan SEO ini.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan SEO mulai dari penggunaan keyword khusus, memproduksi konten secara rutin, penambahan tautan ke dalam konten, dan masih banyak lagi. Agar hasilnya optimal, Anda juga bisa memakai berbagai macam tools SEO gratis untuk mendukung strategi ini.

2. Penerapan SEM (Search Engine Marketing)

Sama seperti SEO, tujuan dari SEM adalah membantu website Anda meraih posisi teratas di mesin pencarian. Bedanya Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menerapkan SEM karena bersifat seperti iklan.

Pada umumnya pembayaran untuk metode ini didasarkan pada seberapa banyak orang yang melakukan klik pada iklan Anda. Semakin banyak orang yang melakukan klik, semakin banyak pula biayanya. 

Karena itu, disarankan untuk membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum menggunakan strategi ini untuk mencegah kerugian.

Baca juga: Mengenal Analisis CVP untuk Mencapai Target Penjualan

3. Penerapan Social Media Marketing

Media sosial bisa menjadi senjata utama Anda untuk menerapkan digital marketing. Hal ini dikarenakan hampir seluruh kalangan usia telah menggunakan sosial media yang memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

Untuk memilih jenis media sosial mana yang sebaiknya digunakan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu, karena pengguna dari masing-masing media sosial umumnya memiliki karakteristik yang berbeda. 

Sebagai contoh, Instagram lebih sering digunakan oleh anak muda dewasa dengan kisaran usia 18-34 tahun. Jadi, gunakan Instagram untuk berpromosi jika target audiens Anda sesuai dengan rentang usia tersebut.

4. Penerapan Content Marketing

Ada berbagai macam konten yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan dan memperkenalkan bisnis di khalayak umum, seperti konten video, suara, ataupun tulisan. Sebagai contoh, jika memiliki bisnis travel, maka Anda bisa membuat vlog tentang tempat wisata yang viral atau membuat artikel yang membahas tips memilih suatu penginapan. 

Strategi digital marketing ini akan sangat bagus apabila dikombinasikan dengan penerapan SEO dan penerapan Social Media Marketing. Hal tersebut meningkatkan potensi bisnis Anda menjangkau lebih banyak orang.

Jadi, buatlah jenis konten yang berkualitas dan sesuai dengan target audiens. Pastikan juga untuk selalu up-to-date dengan kabar terkini hingga konten-konten yang tengah viral. Dan yang paling penting adalah selalu konsisten.

Baca juga: Scale Up Bisnis: Pengertian, Ciri, Strategi dan Hambatannya

5. Penerapan Email Marketing

Mungkin Anda pernah menerima email dari sebuah perusahaan yang berisi penawaran produk mereka. Hal itu merupakan strategi pemasaran digital yang disebut sebagai email marketing. Strategi ini berfokus untuk mempertahankan pelanggan yang sebelumnya sudah pernah memakai produk dari bisnis Anda.

Melalui email marketing, Anda bisa menjalin hubungan lebih dekat dengan para pelanggan sembari memberikan informasi terkait penawaran menarik atau promo yang tengah berlangsung.

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan email yang berisikan informasi mengenai produk atau layanan terbaru dari bisnis Anda. Jadi, jangan tunggu para pelanggan mencari produk Anda, tapi tawarkan secara langsung dengan strategi ini.

6. Berkolaborasi dengan Influencer

Tak bisa dipungkiri keberadaan influencer bisa mengendalikan minat dari masyarakat luas. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba berkolaborasi dengan mereka dalam mempromosikan produk atau jasa Anda.

Namun, pastikan branding dari influencer yang akan diajak berkolaborasi sesuai dengan produk atau jasa Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis kuliner, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan influencer kuliner seperti Mamank Kuliner atau Tanboy Kun.

Dengan bantuan para influencer, Anda berpotensi mendapat banyak pelanggan baru karena para influencer tersebut memiliki pengaruh yang sangat kuat. Biasanya, hanya dengan melihat apa yang influencer itu pakai, orang-orang bisa langsung tertarik untuk membelinya.

Itulah informasi terkait strategi digital marketing yang perlu diketahui. Anda bisa memasukkan beberapa strategi di atas dalam digital marketing plan yang sudah dibuat. Contoh digital marketing plan yang bagus adalah berisikan strategi-strategi digital marketing yang sesuai untuk mewujudkan tujuan bisnis Anda.

Namun, perlu diketahui strategi digital marketing tidak bisa memberikan hasil secara instan, butuh proses yang panjang untuk bisa melihat hasilnya. Maka dari itu, Anda harus secara konsisten menerapkan strategi-strateginya untuk meningkatkan kekuatan bisnis Anda di ranah digital.

Guna mendukung hal tersebut, Anda bisa menyediakan berbagai macam peralatan dengan spesifikasi memadai, seperti laptop khusus untuk pengeditan konten. Apabila belum mempunyai peralatan tersebut, Anda bisa menyewanya di Asani.

Untuk perusahaan, menyewa peralatan jauh lebih menguntungkan daripada membelinya. Dengan menyewa, perusahaan bisa selalu up-to-date dan mengikuti perkembangan teknologi.

Setelah masa sewa selesai, Anda bisa langsung menyewa peralatan lain dengan model terbaru yang lebih canggih. Hal tersebut tentunya jauh lebih hemat daripada selalu membeli peralatan setiap kali ada model terbaru yang lebih canggih dirilis.

Jadi, yuk langsung saja cek katalog sewa peralatan IT terbaru di Asani dan minta penawaran melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id!

Share

Post comment

Product Enquiry