232

Aplikasi pengolah data adalah aplikasi untuk mengolah data menjadi sebuah informasi agar bisa ditampilkan dengan lebih baik dan sesuai kebutuhan. Data yang dikelola bisa berupa kata, angka, simbol maupun gambar.

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk mengolah data menggunakan komputer atau laptop. Mengolah data perangkat laptop atau komputer diperlukan software yang cocok untuk data yang Anda miliki.

Fungsi Aplikasi Pengolah Data

Fungsi aplikasi pengolah data di antaranya:

  • Menyimpan data untuk diproses
  • Menyusun data
  • Menampilkan hasil pengolahan data
  • Menjalankan perhitungan aritmatika dan logika
  • Membantu mengolah beragam data agar menjadi informasi

Baca juga: 4 Jenis Processor yang Bagus untuk Laptop & Tips Memilihnya

Aplikasi Pengolah Data

Berikut adalah aplikasi pengolah data yang sering digunakan:

1. Microsoft Word

Software ini adalah bagian dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah data dalam bentuk teks dan dokumen. Microsoft Word banyak digunakan orang mulai dari pelajar hingga pekerja. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di laptop kantor.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel digunakan untuk memproses dan menganalisa datang yang berupa angka. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa mengurutkan angka, membuat tabel, grafik, dan formula angka. Banyak sekali fitur yang bisa memudahkan pengguna menganalisis data angka.

3. Microsoft Powerpoint

Powerpoint biasanya digunakan sebagai media presentasi. Anda bisa membuat materi presentasi data berupa slide dengan template yang beragam.

4. Microsoft Access

Aplikasi ini digunakan pada komputer relasional untuk mengolah data. Data yang bisa dibaca oleh aplikasi ini yaitu data yang memiliki format Microsoft Access, Microsoft SQL Server, atau data yang mendukung penggunaan Oracle database.

5. Pengolah Database

Contoh pengolah database relasional yang biasa digunakan di perusahaan contohnya MySQL dan Microsoft SQL Server. Pengolah database berfungsi membangun database untuk menyimpan, manipulasi data, dan menentukan kaitan satu tabel dengan tabel lainnya.

Itulah rekomendasi aplikasi pengolah data beserta fungsinya yang umum digunakan. Pilihlah software yang sesuai dengan tipe data yang Anda miliki dan sesuai kebutuhan pekerja sehingga hasil bisa lebih maksimal.

Untuk mendukung kerja, tidak hanya dibutuhkan aplikasi pengolah data yang terbaik, tapi juga perangkat dengan spesifikasi yang sesuai.

Jika Anda membutuhkan perangkat untuk kebutuhan kantor atau pekerja Anda, Anda dapat menghubungi Asani.

Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan. Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Penyebabnya

2 comments

  1. 25 February 2023 at 12:10 AM
    Amanda

    Howdy! I’m at work browsing your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Carry on the excellent work!|

  2. 26 February 2023 at 6:39 AM
    Hellen

    A motivating discussion is worth comment. I do believe that you need to write more on this issue, it may not be a taboo matter but generally people don’t speak about such issues. To the next! Many thanks!!|

Post comment

Product Enquiry