talent management adalah
3570

Sesuai namanya, talent management adalah istilah yang sering dipakai dalam dunia bisnis untuk pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini, proses talent management bertujuan untuk mempertahankan human capital yang berkontribusi pada kemajuan dan kesuksesan bisnis.

Oleh karena perannya yang penting untuk keberlangsungan usaha, talent management adalah pendekatan yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan. Lantas, apa itu talent management? Mari simak ulasan di bawah hingga tuntas.

Apa itu Talent Management?

Talent management adalah suatu model pendekatan khusus yang terintegrasi untuk proses recruitment, pengembangan, dan retensi karyawan dengan kualitas dan kinerja tinggi. 

Dengan kata lain, talent management adalah sebuah upaya untuk mendapatkan evaluasi yang tepat terhadap seluruh karyawan di perusahaan guna menilai apakah karyawan tersebut mampu untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bersama.

Adapun proses pada talent management mencakup identifikasi bakat, pengembangan keterampilan, pengelolaan performa, dan apresiasi atas pencapaian kerja.

Dengan menerapkan talent management, diharapkan kinerja karyawan dapat berkembang menjadi lebih baik.

Tujuan Talent Management

Pada penerapannya, talent management adalah sistem yang ditujukan tidak hanya bagi karyawan yang bekerja di perusahaan, tetapi juga bagi calon karyawan yang sedang dalam proses perekrutan.

Penerapan talent management dapat membantu tim HRD untuk menilai bakat dan keterampilan calon karyawan yang kemudian akan ditempatkan pada divisi sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.

Diharapkan nantinya, apabila karyawan berhasil ditempatkan pada bidang yang sesuai, maka mereka akan lebih nyaman bekerja sehingga karyawan akan menjadi lebih produktif serta memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan.

Dapat disimpulkan, tujuan talent management adalah untuk mengoptimalkan sumber daya manusia, mulai dari proses awal perekrutan hingga perusahaan mendapatkan kandidat yang berkompeten.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Tetap, Tidak Tetap & Prorata

Poin Utama Talent Management

Berikutnya, setelah mengetahui pengertian dan tujuannya, Anda perlu memahami beberapa poin utama yang terkandung dalam talent management. Adapun uraian tentang poin utama talent management adalah sebagai berikut.

1. Penyelarasan dengan Strategi

Poin pertama talent management adalah penyelarasan dengan strategi perusahaan. Artinya, talent management berperan untuk memastikan bahwa karyawan yang direkrut memiliki kemampuan tertentu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.

Untuk mencapai itu semua, perusahaan perlu melakukan perencanaan tenaga kerja supaya ketersediaan bakat bisa bertahan dalam jangka panjang.

2. Keterlibatan Manajemen

Poin utama selanjutnya dari talent management adalah keterlibatan manajemen. Poin ini cukup signifikan bagi perusahaan mengingat motivasi karyawan harus selalu dijaga supaya mereka dapat berkembang secara profesional.

Keterlibatan manajemen yang dimaksud dapat dipenuhi melalui program-program HRD, seperti program pelatihan, peningkatan kualitas koordinasi, dan pemberian bentuk apresiasi terhadap kinerja karyawan yang baik.

3. Konsistensi Internal

Poin ketiga adalah konsistensi secara internal. Perlu diketahui, perusahaan harus memastikan bahwa seluruh pelaksanaan manajemen sumber daya, kebijakan, prosedur, dan work flow dilakukan secara konsisten dan menyeluruh.

Hal ini dimaksudkan supaya setiap karyawan bisa diperlakukan secara adil dan tiap-tiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang menjadi lebih baik.

4. Keterikatan Budaya Kerja

Tentunya, setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing sebagai identitas sekaligus mengatur bagaimana mereka seharusnya bekerja dan bertindak.

Namun, perusahaan perlu melakukan sosialisasi terhadap budaya, nilai-nilai, dan tujuan organisasi serta membantu karyawan memahami pentingnya penerapan budaya tersebut.

Dengan memastikan karyawan memahami budayanya, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan unggul.

5. Menyesuaikan Kebutuhan Global dan Lokal

Selanjutnya, poin utama talent management adalah menyeimbangkan kebutuhan global dan lokal. Dalam hal ini, perusahaan perlu memastikan bahwa produk dan layanan yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan pasar lokal sekaligus global sehingga perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor domestik dan internasional.

6. Membentuk Image yang Menarik dan Berbeda dengan Perusahaan Lain

Poin terakhir dari talent management adalah branding pemberi kerja melalui diferensiasi. Dalam hal ini, perusahaan perlu memastikan bahwa karyawan menganggap mereka sebagai tempat kerja yang menarik.

Selain itu, dengan menciptakan diferensiasi dari pesaing dan mempromosikan diri sebagai pemberi kerja yang menarik, perusahaan memiliki keunggulan untuk menari karyawan-karyawan terbaik.

Baca juga: Work Breakdown Structure: Manfaat, Komponen, & Cara Membuat

Model Talent Management

Pada pelaksanaannya, terdapat 4 model talent management yang digunakan dalam dunia bisnis. Penjelasan mengenai tahap dalam model talent management adalah sebagai berikut:

  1. Acquire. Tahap ini berfokus pada tahap penerimaan karyawan baru yang meliputi pencitraan perusahaan, orientasi, dan recruitment.
  2. Assess. Sesuai namanya, tahap ini ditujukan untuk mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, dan keterampilan karyawan.
  3. Develop. Tahap ini dilakukan untuk sosialisasi terkait budaya di tempat kerja serta perencanaan tenaga kerja guna menghadapi tantangan bisnis di masa mendatang.
  4. Deploy. Tahap ini cukup krusial sebab setiap karyawan harus sama-sama memahami tujuan organisasi dengan melakukan penyelarasan. Alhasil, karyawan bisa berkontribusi pada pencapaian tujuan tersebut.

Keunggulan Talent Management

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan dalam implementasi sistem manajemen bakat. Adapun penjelasan lebih detail mengenai keunggulan talent management adalah sebagai berikut.

1. Digunakan untuk Standardisasi Karyawan

Seperti yang diketahui, karyawan adalah aset perusahaan yang amat berharga. Belum lagi, persaingan untuk mendapatkan talenta terbaik yang semakin ketat. Oleh karenanya, perusahaan perlu menjaga dan mempertahankan karyawan terbaiknya untuk keberlangsungan bisnis.

Peran talent management dalam hal ini adalah memetakan bakat karyawan dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan. Dari hasil tersebut, divisi terkait dapat membuat program atau strategi khusus untuk mempertahankan karyawan terbaik.

2. Membantu Menyaring Karyawan Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penerapan talent management system akan membantu HRD dalam melakukan pemetaan dan perekrutan karyawan untuk mengisi kekosongan posisi dalam waktu yang relatif singkat.

Oleh sebab karyawan ditempatkan pada posisi yang tepat, perusahaan maupun karyawan akan memperoleh keuntungan dan kepuasan serta dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

3. Mempermudah Proses Perekrutan Karyawan

Proses perekrutan karyawan dapat dikatakan sebagai tahapan penting untuk keberlangsungan perusahaan. Pasalnya, proses perekrutan yang baik akan berdampak positif terhadap perkembangan perusahaan.

Dengan menggunakan sistem yang baik, pengelolaan sumber daya manusia akan lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien. Dalam hal ini, talent management akan memudahkan divisi terkait untuk menyesuaikan job description yang diperlukan dengan lamaran tenaga kerja yang masuk.

4. Mengelola Kompetensi Karyawan

Keunggulan terakhir dari talent management adalah mengelola kompetensi karyawan dengan lebih terukur. Artinya, perusahaan perlu mendefinisikan lebih lanjut terkait kompetensi karyawan di masing-masing posisi.

Hal ini dilakukan supaya karyawan dapat mengetahui garis besar mengenai indikator keberhasilan dan tanggung jawab yang perlu mereka capai serta kuasai. Dengan begitu, pengelolaan sumber daya manusia akan lebih terukur mulai dari penugasan, penentuan KPI, hingga evaluasi.

Proses dalam Talent Management

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut implementasinya pada perusahaan, Anda perlu memahami beberapa tahapan penting dalam talent management. Tahapan dari talent management adalah sebagai berikut.

1. Planning

Tahapan pertama yakni perencanaan atau planning. Tahapan dalam talent management ini umumnya meliputi identifikasi kebutuhan karyawan, pengembangan strategi untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja dan perencanaan program pengembangan yang lebih terukur.

2. Attracting

Setelah melakukan perencanaan, perusahaan perlu membuat deskripsi pekerjaan dan membuat materi promosi lowongan kerja yang menarik. Kemudian, perusahaan juga dapat mempertimbangkan employee branding untuk menarik minat calon karyawan.

3. Selecting

Tahap seleksi karyawan melibatkan berbagai proses seperti wawancara, pengujian, serta evaluasi untuk mendapatkan karyawan terbaik untuk posisi tertentu.

Tahap ini penting untuk memastikan bahwa karyawan memiliki kualitas, pengalaman, dan personality yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

4. Developing

Setelah proses pemilihan, karyawan terpilih akan melalui proses pengembangan keterampilan dan pelatihan untuk mengeksplorasi serta mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. 

5. Retaining

Tahap retensi karyawan adalah proses di mana talenta mendapatkan penerapan strategi untuk menjaga kualitas supaya mereka merasa puas dan tetap mengabdi pada perusahaan.

Adapun strategi khusus pada retaining dapat meliputi peningkatan kompensasi, pengembangan karier, atau penyesuaian regulasi perusahaan.

6. Transitioning

Tahap transisi melibatkan persiapan karyawan terhadap peran dan posisi baru untuk mengatasi dinamika kebutuhan perusahaan. Proses ini meliputi penilaian karyawan, penentuan area pengembangan, dan perencanaan transisi yang sesuai.

Itu dia penjelasan lengkap seputar talent management yang penting untuk mengelola sumber daya manusia. Bisa dikatakan, talent management mencakup seluruh tahapan, mulai dari planning, attracting, hingga transitioning. Dengan begitu, karyawan yang kompeten dapat dipertahankan dan dikembangkan melalui perencanaan yang tepat.

Selain pengembangan SDM, perlengkapan perusahaan juga perlu Anda perhatikan, mengingat perannya dalam menunjang keberlangsungan usaha. Dalam hal ini, percayakan saja pada Asani!

Asani menawarkan jasa sewa perlengkapan perangkat IT perusahaan, mulai dari komputer, laptop, monitor, peralatan rapat, dan masih banyak lagi yang dapat Anda cek selengkapnya di katalog sewa Asani.

Jika berminat, Anda bisa langsung mengajukan penawaran melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id sekarang juga!

Di samping itu, Asani juga menyediakan layanan lengkap untuk mengelola aset perusahaan lebih baik pada aplikasi MyAsani. Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan berkonsultasi gratis terkait pengelolaan aset IT di perusahaan Anda. 

Tunggu apa lagi? Yuk, sewa laptop di Asani untuk perusahaan yang lebih baik! 

Baca juga: Apa itu Payroll? Kenali Manfaat, Cara Kerja, dan Sistemnya

Share

Post comment

Product Enquiry