Asal usul software
30

Software adalah kombinasi instruksi untuk melakukan tugas tertentu. Software dibutuhkan pada perangkat elektronik seperti laptop, komputer, dan smartphone. Asal-usul software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esai yang berjudul Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung. 

Namun, kata software diciptakan oleh ahli matematika dan statistik yang bernama John Tukey pada tahun 1958. Simak sejarah software dari masa ke masa pada ulasan dibawah ini.

Perkembangan Asal-Usul Software dari Masa ke Masa

Berikut perkembangan dan sejarah software yang terbagi ke dalam 4 era:

A. Era Pioner : Punched Card

Awal mulanya asal-usul software adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer. Ciri khas software ini dibuat menyatu dengan hardware. Proses yang dilakukan yaitu instruksi diproses secara berurutan. Komputer diakses dengan menggunakan punched card.

B. Era Stabil : Sistem Basis Data

Pada masa ini, software sudah menjadi sebuah produk dan bisa menjalan proses secara bersamaan sehingga lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Software telah mengenal sistem Basis Data yaitu sistem yang memisahkan antara data dan program. Sistem bisa menyelesaikan instruksi secara real time serta dapat diakses banyak pengguna.

C. Era Mikro : Software sistem, Software aplikasi, bahasa pemrograman

Asal-usul software pada era ini, komputer dibagi menjadi 3 bagian yaitu software sistem, aplikasi, dan bahasa pemrograman. Berikut adalah penjelasannya:

  • Software sistem mempunyai fungsi untuk mengontrol dan manajemen hardware serta operasi dasar sistem. Contoh software sistem adalah Windows, Linux, Macintosh.
  • Software aplikasi adalah software yang melakukan tugas tertentu seperti editing dokumen, gambar, presentasi, dan lainnya. Contoh software aplikasi di antaranya adalah Office. 
  • Bahasa Pemrograman biasanya berisi instruksi untuk memberikan perintah pada tiap perangkat. Contoh bahasa pemrograman adalah PHP, Java, Visual Basic, dan lainnya.

D. Era Modern : Android, Symbian

Di era modern, software tidak hanya digunakan pada laptop atau komputer, tapi juga ponsel seperti untuk Android atau Symbian. Pada era ini, software sudah bisa mengenali gambar hingga suara.

Jika perusahaan Anda membutuhkan jasa penyewaan laptop dan komputer segera hubungi Asani. Ada beberapa kategori laptop yang disediakan oleh Asani yaitu administrasi, bisnis, design dan developer. Selengkapnya bisa dilihat di katalog Asani.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Minta penawaran

Post comment

Product Enquiry