Apa itu trojan
30

Apakah Anda pernah mengalami masalah komputer yang tiba-tiba menjadi lambat atau data penting hilang begitu saja? Hati-hati, mungkin saja itu ulah virus trojan yang sedang beraksi di perangkatmu!

Virus trojan adalah salah satu ancaman paling berbahaya di dunia digital. Mereka dapat mencuri informasi sensitif, merusak sistem, bahkan mengambil alih kendali komputermu tanpa sepengetahuanmu. Menyeramkan, bukan?

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali ciri-ciri virus trojan sejak dini dan mengetahui cara ampuh untuk mengatasinya. Dengan begitu, Anda bisa melindungi data penting dan memastikan komputer tetap berjalan optimal.

Yuk, simak penjelasan lengkap apa itu virus trojan di bawah ini!

Apa itu Virus Trojan?

Virus trojan adalah jenis program komputer yang menyamar menjadi software bermanfaat dan tidak berbahaya.

Namun, sebenarnya virus ini menyembunyikan kode berbahaya yang merusak serta mengambil alih sistem komputer tanpa izin.

Jadi, virus trojan biasanya menyerang dengan cara menipu pengguna untuk memasang dan menjalankan software yang tampak valid atau menarik.

Misalnya, trojan dikirim melalui situs web instalasi software, e-mail yang berisi lampiran, serta penyimpanan eksternal ketika disambungkan ke komputer atau laptop.

Jika pengguna sudah menginstal file trojan, maka virus tersebut akan melakukan berbagai tindakan merugikan, mulai dari merusak data, memasang software berbahaya, dan mencuri informasi sensitif.

Selain itu, virus trojan juga dapat bekerja dengan cara mengendalikan komputer secara jarak jauh oleh peretas menggunakan perangkat lain.

Perbedaan Trojan dengan Malware, Virus, dan Worm

Apakah kamu sering mendengar istilah malware, virus, worm, dan trojan namun bingung membedakan keempatnya? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian.

Yuk, simak penjelasan singkat namun padat mengenai perbedaan antara malware, virus, worm, dan trojan berikut ini!

1. Malware

Malware adalah istilah umum yang mencakup semua jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak, mengganggu, atau mengakses sistem komputer tanpa izin.

Ini termasuk virus, worm, trojan, ransomware, spyware, dan lainnya. Intinya, jika perangkat lunak berpotensi merugikan pengguna atau perangkat, itu dianggap sebagai malware.

2. Virus

Virus adalah jenis malware yang menempel pada file atau program dan menyebar ketika file atau program tersebut dijalankan. Virus memerlukan interaksi pengguna untuk menyebar, seperti membuka lampiran email yang terinfeksi atau menjalankan file yang sudah terinfeksi.

Dampaknya bisa beragam, mulai dari memperlambat kinerja komputer hingga merusak file dan sistem operasi.

3. Worm

Worm adalah malware yang dapat menyebar dengan sendirinya tanpa memerlukan interaksi pengguna. Worm mengeksploitasi kelemahan dalam sistem operasi atau aplikasi untuk menyebar ke komputer lain dalam jaringan.

Karena kemampuannya untuk menyebar dengan cepat dan luas, worm sering digunakan untuk menciptakan kerusakan besar atau membentuk jaringan komputer yang terinfeksi (botnet).

Apakah Virus Trojan Berbahaya?

Seperti penjelasan sebelumnya, trojan adalah virus yang dapat melakukan berbagai tindakan merugikan bagi komputer atau laptop pengguna.

Adapun beberapa dampak berbahaya dari virus trojan adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan komputer atau laptop Anda akan dimata-matai dan dikendalikan secara jarak jauh oleh hacker
  • Hacker bisa melakukan pencurian data-data pribadi yang ada pada perangkat komputer, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, bahkan data perbankan
  • Hacker dapat merekam ketikan di keyboard korban
  • Data-data yang ada dalam perangkat bisa berubah, dihapus, atau disembunyikan
  • Trojan bisa menjadi pintu untuk menyebarkan atau melakukan instalasi pada jenis malware lainnya, seperti ransomware dan worm

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Operating System Not Found, Ini Penyebabnya! 

Ciri-Ciri Virus Trojan

Trojan adalah jenis virus yang memiliki ciri-ciri khusus dan berbeda dengan malware lain. Berikut ini beberapa ciri-ciri bahwa perangkat Anda terserang virus trojan:

  • Performa laptop tiba-tiba akan menjadi sangat lambat dalam menjalankan program. Pada beberapa kasus, virus trojan juga dapat membuat perangkat mengalami kegagalan sistem
  • Koneksi internet menjadi tidak stabil, sering putus, dan melambat tanpa adanya alasan yang jelas
  • Terjadi perubahan yang tidak biasa pada setting komputer Anda, seperti perubahan pengaturan firewall dan homepage browser 
  • Adanya pesan (kotak dialog) berisi peringatan atau adanya kesalahan yang muncul secara acak saat menjalan program dan mengakses file tertentu, serta bisanya meminta informasi keamanan
  • Program pada komputer tiba-tiba berjalan sendiri tanpa ada yang mengendalikan

Cara Mengatasi Virus Trojan

Setelah membaca uraian di atas, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menghapus virus trojan secara cepat?

Adapun beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus virus trojan adalah sebagai berikut:

1. Selalu Update Antivirus

Trojan adalah jenis virus yang umumnya dapat diidentifikasi dan dihapus oleh aplikasi atau software antivirus.

Oleh karena itu, cara menghapus virus trojan yang pertama adalah dengan selalu melakukan pembaruan terhadap antivirus pada perangkat komputer atau laptop Anda.

Biasanya, saat virus trojan terdeteksi, antivirus akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya, seperti menghapus atau mengkarantina file yang terinfeksi.

2. Hapus File yang Terinfeksi Virus Trojan

Apabila antivirus tidak bisa sepenuhnya menghapus virus trojan, maka Anda dapat melakukan penghapusan secara manual.

Caranya adalah dengan menghapus file-file yang terinfeksi. Biasanya, ciri-ciri file yang terinfeksi virus trojan adalah adanya perubahan ekstensi, misal dari .exe menjadi .jpg.

Selain itu, ciri lain file yang terinfeksi trojan adalah mengalami perubahan ukuran, nama, dan ikon file. Jadi, cobalah lakukan penghapusan manual bagi file dengan kriteria tersebut.

3. Hapus Program yang Tidak Diinginkan

Selain file, cara lainnya untuk mengatasi virus trojan adalah dengan menghapus program-program yang tidak diinginkan.

Pasalnya, seperti penjelasan sebelumnya, trojan adalah virus yang sering kali memasang program-program tak diinginkan.

Oleh karena itu, agar tidak ada risiko berbahaya lain yang menyerang perangkat Anda, segeralah menghapusnya.

4. Lakukan Backup Data

Apabila trojan mulai menyerang sistem komputer, segera lakukan backup data sebelum virus tersebut juga menginfeksi file-file penting dalam perangkat Anda.

Sebab, trojan adalah jenis virus yang dapat menyerang, menghapus, dan menyembunyikan file penting dalam perangkat komputer.

Jadi, untuk mencegahnya, pastikan Anda secara rutin melakukan pencadangan data, baik ke penyimpanan eksternal atau cloud.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo, Kenali Penyebabnya 

5.  Putuskan Koneksi Internet

Cara selanjutnya untuk menghapus virus trojan adalah dengan memutuskan koneksi perangkat ke jaringan internet.

Cara ini akan sangat membantu terutama jika virus tersebut menggunakan koneksi internet untuk berkomunikasi dengan server kontrolnya.

Jadi, diputusnya koneksi internet akan membuat peretas tidak bisa berhubungan dengan perangkat komputer Anda.

Selain itu, memutuskan koneksi internet juga dapat mencegah adanya file atau program unduhan tambahan yang berbahaya.

6.  Masuk ke Safe Mode

Me-restart perangkat komputer Anda untuk masuk ke safe mode dapat membantu mencegah aktivitas berbahaya yang mungkin dilakukan secara otomatis oleh virus trojan.

Untuk melakukannya, cobalah restart komputer, kemudian tekan tombol F8 sebelum sistem operasi dimuat.

Setelah itu, pilih opsi “safe mode” dari menu yang muncul di layar. Jika sudah masuk ke mode safe mode, cobalah jalankan antivirus dan hapus virus trojan yang menyerang perangkat.

7. Ganti Kata Sandi

Cara mengatasi virus trojan selanjutnya adalah dengan melakukan perubahan kata sandi pada akun-akun yang penting, seperti e-mail, aplikasi perbankan, dan media sosial.

Hal ini dilakukan untuk mencegah peretas memasuki akun-akun pribadi karena mereka biasanya telah mencuri informasi mengenai kata sandi Anda.

Nah, itu dia uraian lengkap mengenai apa itu virus trojan, beserta dampak yang ditimbulkan, ciri-ciri, dan cara mengatasinya.

Pada intinya, trojan adalah virus yang harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan berbagai dampak berbahaya dan tentunya dapat mengganggu pekerjaan Anda.

Jadi, segera ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi virus trojan yang menyerang komputer atau laptop Anda.

Namun, apabila virus trojan sulit untuk ditangani dan Anda membutuhkan perangkat baru, gunakan saja jasa Asani.

Asani merupakan partner terbaik Anda dalam hal sewa-menyewa laptop dan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk perusahaan.

Yang lebih menguntungkannya lagi, sewa laptop di Asani sudah include dengan layanan IT expert untuk bantu atasi berbagai permasalahan pada perangkat laptop dan komputer.

Tak perlu khawatir akan lokasi, karena Asani menyediakan penyewaan untuk perusahaan yang berada di luar kota, bahkan luar pulau, ke seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, yuk segera ajukan penawaran ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Gagal Booting & Penyebabnya, Catat!

Post comment

Product Enquiry