Network attached storage
10

Komputer akan membaca dan menyimpan data ke perangkat penyimpanan eksternal lebih cepat daripada perangkat jaringan (NAS). Meskipun kinerja baca dan tulis perangkat NAS tidak sebaik penyimpanan eksternal, tapi perangkat NAS lebih canggih. Anda akan melihat perbedaannya tergantung pada ukuran file dan apa yang coba Anda lakukan.

Komponen dalam NAS (Network Attached Network)

Untuk mendukung penggunaan NAS, perangkat memiliki beberapa komponen yang terintegrasi di dalam perangkatnya:

1. Sistem operasi

Perangkat NAS harus memiliki sistem operasi untuk menangani tugas yang seharusnya dikelola oleh komputer untuk perangkat penyimpanan lokal. Sistem operasi juga diperlukan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi yang tersedia pada perangkat NAS.

Baca juga:  Network Attached Storage (NAS) – Pengertian dan Manfaatnya

2. Penyimpanan

Fungsi utama perangkat NAS adalah menyimpan file. Perangkat NAS yang biasa digunakan untuk kantor dan bisnis kecil terdiri dari 2 – 5 hard drive. Penggunaan beberapa hard drive bisa memberikan kapasitas lebih dari satu hard drive, memberikan akses file dengan cepat, serta waktu penyimpanan yang lebih cepat.

3. Jaringan

Perangkat NAS terhubung ke komputer melalui jaringan kabel ethernet atau Wi-Fi. Meskipun perangkat NAS memiliki banyak port USB, tapi itu tidak digunakan untuk menghubungkan perangkat NAS ke komputer. Port USB tersebut berguna untuk menghubungkan perangkat lain ke perangkat NAS Anda, baik untuk mengisi daya, untuk mencadangkan perangkat NAS, atau untuk mentransfer data.

4. Komputer/CPU

Perangkat NAS juga memiliki CPU karena membutuhkan kecerdasan komputasi dan kekuatan untuk mengelola sistem file, membaca dan menulis, menjalankan aplikasi, memproses file multimedia, mengelola pengguna, dan mengintegrasikan perangkat dengan cloud jika diinginkan.

Cara Kerja Network Attached Storage

Tidak semua orang familiar dengan perangkat NAS, tapi sistem operasi seperti Windows dan macOS sudah familiar. Ketika Anda memasang software dan perangkat NAS, Anda akan menemukan perangkat NAS sebagai drive di File Explorer atau Finder. Jadi, Anda bisa menggunakannya seperti drive lain di komputer.

Anda juga bisa mengakses file dari jarak jauh melalui web browser di komputer yang Anda sambungkan melalui URL saat Anda melakukan pengaturan pada perangkat NAS.

Kekurangan dari NAS adalah kecepatan. Anda akan membutuhkan waktu lebih lama saat mengirim file ke dan dari NAS daripada menggunakan drive yang tertanam di komputer langsung. Sebaiknya, NAS tidak digunakan saat mengedit karena bisa menyebabkan masalah dengan file. Anda bisa menggunakan NAS untuk menyimpan file besar yang jarang Anda gunakan atau jarang Anda ubah.

Cara kerja NAS yang memudahkan semua karyawan untuk berkolaborasi ini sangat bermanfaat untuk perusahaan besar maupun kecil karena siapa pun bisa mengakses data dari jarak jauh.

Network Attached Storage Terbaik

Setiap perusahaan, biasanya memiliki kebijakan tertentu untuk menyediakan perangkat penunjang pekerjaan. Asani menyediakan perangkat IT terbaik yang termasuk laptop, komputer, perangkat Network Attached Storage, dan lainnya dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda menyewa di Asani, maka Anda akan mendapatkan semua kemudahan yang memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Akibat Tidak Menggunakan Antivirus di Laptop

 

Post comment

Product Enquiry