Antivirus di laptop
20

Apakah antivirus penting? Antivirus berfungsi untuk memberikan perlindungan dan keamanan data komputer dari serangan virus. Virus bisa menyebar dari file unduhan atau masuk ketika browsing internet. Virus juga bisa masuk dan menyerang media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, atau hard disk eksternal. Apakah antivirus penting? Berikut akibat jika tidak menggunakan antivirus bisa membuat pekerjaan Anda terhambat.

Gejala Laptop yang Diserang Virus

Berikut adalah gejala laptop atau komputer yang terkena virus:

  • Komputer menjadi lambat atau lemot
  • Data di komputer tidak bisa dibuka atau hilang
  • Komputer restart dengan sendirinya
  • Banyak program shortcut pada komputer

Baca juga:  Pengertian dan Fungsi Antivirus

Akibat Tidak Menggunakan Antivirus di Laptop

Apakah antivirus penting? Memasang antivirus adalah sebuah langkah awal untuk mengamankan laptop atau komputer dari virus yang bisa merusak perangkat. Ketika laptop atau komputer tidak dipasangi antivirus, ada beberapa resiko keamanan yang akan dialami pengguna.

Ini adalah resiko jika perangkat tidak dipasangi antivirus:

1. Tidak Terdeteksi Ada Bahaya dari File Baru

Antivirus akan memindai file yang masuk ke komputer. Jika terdeteksi ada bahaya, maka file tersebut akan dikarantina atau dihapus. Jika tidak ada antivirus, maka file yang berpotensi membahayakan bisa melenggang bebas dan merusak file lain.

2. Mudah Terserang Malware

Karena tidak dipasang antivirus, maka tidak ada filter file. Hal itu membuat laptop lebih rentan terhadap virus atau malware. Serangan malware bisa membuat laptop mudah diserang dan resiko adanya pencurian informasi pribadi di dalam komputer menjadi lebih besar.

3. Windows Mengalami Error

Tidak hanya mencuri informasi, virus juga dapat merusak file sistem operasi sehingga tidak bisa berjalan normal.

4. Kejahatan Internet

Segala data transaksi yang dilakukan bisa dicuri oleh orang tak bertanggungjawab melalui antivirus yang ditanamkan pada sistem atau file.

5. File Hilang

Ini yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh virus. Ketidakhadiran antivirus membuat malware atau virus bekerja tanpa sepengetahuan pengguna. Alhasil, file di laptop tidak bisa ditemukan karena dihapus atau disembunyikan oleh virus.

Apakah antivirus penting? Ya, antivirus sangat penting. Itulah beberapa resiko yang bisa dihadapi pengguna laptop tanpa antivirus. Maka dari itu, Anda harus memasang antivirus untuk melindungi perangkat yang Anda miliki. Jika kantor Anda membutuhkan laptop baru, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Selain itu, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan di perusahaan Anda. Perangkat yang disediakan Asani juga sudah termasuk software yang penting untuk Anda.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  10 Jenis Virus Komputer dan Virus Paling Berbahaya

 

Post comment

Product Enquiry