ilustrasi baterai laptop drop
70

Apakah Anda pernah mengalami laptop tiba-tiba mati saat indikator baterai masih tersisa 30%? Jika laptop mati secara tiba-tiba, tentu saja itu akan sangat mengganggu kerja. Lalu bagaimana cara memperbaiki baterai yang ngedrop atau cepat mati? Simak tips di bawah ini ya!

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Ngerop

1. Mematikan Aplikasi yang Menguras Baterai

Aplikasi yang diinstal di komputer mungkin menjadi alasan baterai Anda lebih cepat habis. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan sumber daya dan menonaktifkannya.

Untuk memeriksa ini, Anda harus membuka Setting -> System -> Battery -> See which apps are affecting your battery life lalu matikan.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik 

2. Mengubah Power Plan

Power plan akan membantu Anda menghemat baterai dengan memaksimalkan kinerja sistem. Jika ingin membuat baterai lebih awet, Anda perlu mengganti Power Plan menjadi Power Saver. Namun, jika ingin performa lebih baik, maka ubahlah jadi High Performance.

3.Uninstall Windows Update

Ribuan orang di forum yang relevan berprasangka bahwa pembaruan windows telah membuat baterai turun dramatis. Jadi, Anda bisa mencoba membatalkan pembaruan Windows.

Caranya yaitu Setting -> Update and Security -> Windows Update-> Advanced Options -> View update history -> Uninstall update.

4. Mengecek Adapter

Menggunakan adapter pengisi daya palsu atau berkualitas buruk dapat dengan mudah menyebabkan baterai diisi dengan cara yang salah sehingga baterai bisa tiba-tiba drop atau rusak. Jadi, pastikan Anda menggunakan adaptor yang baik untuk mengisi daya.

5. Kalibrasi Baterai

Ketika persentase baterai laptop turun secara tiba-tiba, Anda perlu mengkalibrasi ulang baterai pada laptop. Indikator utama baterai laptop yang lemah adalah perbedaan antara pembacaan masa pakai baterai dan masa pakai baterai yang sebenarnya. Untuk memperbaiki perbedaan ini dan memperpanjang masa pakai baterai, solusi sederhananya adalah kalibrasi baterai.

6. Ganti Baterai

Jika kalibrasi baterai tidak membantu, maka cara memperbaiki baterai laptop yang ngedrop terakhir adalah membeli baterai baru. Baterai laptop akan mulai kehilangan masa pakainya setelah 3-4 tahun digunakan. Jika laptop memiliki baterai yang dapat dilepas, maka penggantian pun akan mudah. Namun, jika laptop Anda memiliki baterai tanam, mungkin diperlukan teknisi untuk memperbaikinya.

Laptop adalah barang yang penting bagi pekerja profesional, jadi sudah sewajarnya jika pengguna menginginkan laptop yang bisa bekerja dengan baik. Nah, karena laptop adalah barang elektronik, pasti akan ada masalah kinerja yang menurun dari waktu ke waktu. Untuk itu, Anda harus upgrade laptop baru jika memang diperlukan.

Jika Anda membutuhkan laptop terbaik untuk pekerja di kantor, Anda bisa menghubungi Asani. Asani menyediakan laptop berbagai merek untuk kebutuhan pekerja kantoran.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga: HDD vs SSD, Mana yang Terbaik untuk Anda? 

Post comment

Product Enquiry