processor laptop terbaik
700

Memilih jenis processor laptop terbaik merupakan suatu keharusan, terutama jika pekerjaan sehari-hari Anda berkaitan dengan desain, editing, ataupun gaming.

Yup, sebagai bagian inti dari sistem operasi perangkat, prosesor memegang peranan penting dalam atas semua perintah yang diberikan.

Meskipun demikian, banyaknya jenis prosesor yang beredar di pasaran, mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.

Apalagi, pada dasarnya, setiap prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, jika Anda masih belum tahu apa saja tipe processor laptop terbaik saat ini, yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Processor Laptop Terbaik dari Intel

Tak dapat dipungkiri, hingga kini, Intel masih menguasai pasar sebagai salah satu penyedia processor laptop terbaik.

Setidaknya, berikut adalah urutan processor laptop terbaik dari Intel yang bisa Anda pilih

1. Intel Core X-Series

Di urutan processor laptop terbaik pertama ini, ada Intel Core X-Series yang sudah dibekali dengan 18 core dan 36 thread.

Maka dari itu, Intel Core X-Series mempunyai grafis yang andal dan dikenal tahan panas. Bahkan, Intel Core X-Series juga telah dilengkapi dengan teknologi hyper-threading sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Dengan tingginya kemampuan performanya tersebut, tak mengherankan jika Intel Core X-Series menduduki kelas tertinggi di antara seri prosesor Intel lainnya.

2. Intel Core i9

Dibekali dengan teknologi Intel Optane, Intel Core i9 dikenal sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai jenis pekerjaan berat sekalipun.

Yup, Intel Core i9 memiliki kecepatan hingga 4.8 GHz dan 6 core yang menjadikannya unggul dibandingkan generasi sebelumnya.

3. Intel Core i7

Selanjutnya, ada Intel Core i7 yang hadir dengan kecepatan maksimal sebesar 4.5 GHz dan memiliki pilihan 4 hingga 6 core.

Tak hanya itu, Intel Core i7 juga sudah dilengkapi dengan teknologi dalam hal grafis yang membuatnya kompeten untuk mengerjakan pekerjaan berat, seperti desain dan editing.

Bahkan, hingga kini, Intel Core i7 masih banyak dijadikan sebagai salah satu jenis processor laptop terbaik untuk game, karena kemampuannya yang optimal.

Baca juga: 4 Jenis Processor yang Bagus untuk Laptop & Tips Memilihnya

4. Intel Core i5

Meski dibuat untuk kelas entry hingga mid level, Intel Core i5 tetap termasuk salah satu processor laptop terbaik berkat teknologinya yang sangat mumpuni.

Intel Core i5 hadir dengan pilihan hingga 4 core, memiliki kecepatan maksimal sebesar 4.3 GHz, dan teknologi Turbo Boost.

Di samping itu, Intel Core i5 juga didukung dengan streaming kontan 4K dan video 360 derajat.

5. Intel Core i3

Berikutnya, kalau mencari processor laptop terbaik dengan harga terjangkau, mungkin Anda bisa mempertimbangkan Intel Core i3 ini.

Well, sebagai prosesor Intel generasi pertama, Intel Core i3 diproduksi untuk kelas entry level dengan harga jual yang tergolong murah.

Tersedia dalam pilihan 2 atau 4 core dan dibekali dengan kecepatan 4 GHz, Intel Core i3 lebih dari cukup untuk mengerjakan tugas-tugas ringan, seperti browsing dan mengetik.

Processor Laptop Terbaik dari AMD

Selain Intel, AMD juga menyediakan berbagai processor laptop yang mempunyai keunggulan di sejumlah aspek tertentu.

Adapun urutan processor laptop terbaik dari AMD yang bisa Anda jadikan pilihan, antara lain yaitu:

1. AMD Ryzen Threadripper Pro

Hingga saat ini, AMD Ryzen Threadripper Pro masih memegang urutan pertama sebagai processor laptop terbaik dari AMD.

Pertama kali dikenalkan di pameran CES 2020 lalu, AMD Ryzen Threadripper Pro diklaim sebagai prosesor terkencang dari seri lain.

Tak mengherankan, pasalnya, AMD Ryzen Threadripper Pro dibekali dengan 128 thread dan 64 core dan memiliki base clock 2.7 GHz serta boost clock mencapai 4.2 GHz.

2. AMD Orochi Bulldozer

Dengan kecepatan sebesar 3.6 hingga 4,2 GHz, AMD Orochi Bulldozer menawarkan spesifikasi tinggi di kelasnya.

AMD Orochi Bulldozer juga tersedia dalam 3 pilihan core, yaitu 4 core (FX4000), 6 core (FX6000), dan 8 core (FX8000).

Oleh karena itu, AMD Orochi Bulldozer ini cocok digunakan pada laptop berspesifikasi tinggi yang memang ditujukan untuk berbagai pekerjaan berat.

3. AMD 64 V2 Dual Core

Sesuai namanya, salah satu processor laptop terbaik dari AMD ini dapat berjalan dengan baik pada laptop berkapasitas 64 bit.

Well, laptop dengan prosesor AMD 64 V2 Dual Core cocok digunakan untuk kegiatan multimedia tingkat tinggi.

Bahkan sebetulnya, AMD 64 V2 Dual Core ini merupakan salah satu pesaing ketat untuk prosesor Intel di kelas yang sama, lho.

Baca juga: 9 Cara Cek Processor Laptop di Semua Jenis Windows, Mudah!

4. AMD Athlon 64 FX

Dengan OS 32 bit dan 64 bit, AMD Athlon 64 FX mampu memberikan performa yang cukup baik.

Tak hanya itu, AMD Athlon 64 FX juga dibekali dengan kemampuan proteksi antivirus yang sangat mumpuni, lho.

Oleh karenanya, prosesor AMD Athlon 64 FX ini banyak direkomendasikan untuk laptop yang menggunakan software grafis level tinggi.

5. AMD Athlon 64 X2

AMD Athlon 64 X2 hadir dengan teknologi memory multi channel dan kemampuan kontroler memori DDR.

Dengan kemampuan multi processor yang baik, AMD Athlon 64 X2 menjadi salah satu unggulan di kelasnya.

Tips Memilih Processor Laptop Terbaik

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa ada berbagai tipe processor laptop terbaik yang bisa Anda pilih.

Sampai di sini, apakah Anda sudah bisa menentukan akan memilih yang mana? Jika belum, berikut adalah beberapa cara memilih processor laptop yang bagus untuk Anda.

1. Menentukan Kebutuhan

Pertama dan yang paling utama, ketahui dulu apa keperluan penggunaan laptop. Apakah untuk pekerjaan berat, sedang, atau ringan.

Dengan begitu, Anda dapat memahami processor laptop terbaik manakah yang cocok, apakah dengan spesifikasi tinggi, sedang, atau biasa-biasa saja.

2. Melihat Generasi dan Core Processor

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan generasi dan core processor. Yup, usahakan untuk memilih prosesor generasi terbaru meski dengan tipe yang sama.

Kemudian, sebaiknya, pilihlah juga prosesor dengan jumlah core yang banyak. Well, semakin tinggi core, akan makin cepat pula pembagian tugas yang dapat dilakukan.

3. Mengetahui Daya yang Digunakan

Yang tak kalah penting, perhatikan juga berapa penggunaan daya dari prosesor laptop pilihan Anda.

Perlu diketahui, prosesor berdaya rendah dapat menghemat penggunaan listrik sehingga baterai laptop pun bisa tahan lebih lama.

Nah biasanya, prosesor generasi terbaru mempunyai daya yang rendah dibanding dengan tipe lamanya.

Manakah Processor Laptop Terbaik Pilihan Anda?

Itulah penjelasan mengenai urutan processor laptop terbaik untuk game, desain grafis, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Meski demikian, Anda tetap membutuhkan spesifikasi laptop yang memadai untuk dapat mengoptimalkan kinerja prosesor.

Namun, apabila terkendala akan hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Well, sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan layanan Asani.

Asani adalah partner terbaik untuk perusahaan Anda yang memiliki layanan penyewaan laptop sekaligus membantu mengatasi berbagai permasalahan pada perangkat IT.

Salah satu layanan yang dimiliki Asani adalah IT Hardware Service, yaitu sarana penyewaan berbagai perangkat IT, seperti laptop dan komputer.

Jika menggunakan layanan tersebut, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan tim Asani dan memperoleh berbagai solusi terkait permasalahan IT.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera hubungi tim Asani dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Baca juga: Cara Ganti Processor Laptop dengan Mudah & Aman, Yuk Simak!

Post comment

Product Enquiry