cara upgrade ram laptop
1180

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa laptop adalah dengan melakukan upgrade RAM. Namun, jika tidak mengetahui cara upgrade RAM laptop yang tepat, maka ada potensi perangkat Anda tidak bisa berfungsi dengan normal. 

Selain RAM, ada beberapa komponen laptop yang bisa diupgrade, seperti HDD dan SSD. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara upgrade RAM laptop, baca artikel ini sampai akhir.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Upgrade RAM

Sebelum menuju ke pembahasan cara upgrade RAM laptop, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal tersebut perlu dilakukan karena biaya upgrade RAM terbilang lumayan banyak. 

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah performa dari laptop Anda. Tujuan utama tambah RAM laptop adalah untuk meningkatkan performa dari laptop Anda. Jadi, ada baiknya untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap performa dari laptop Anda.

Jika dirasa performa dari laptop sudah tidak mampu mengimbangi beban kerja, maka Anda bisa memutuskan untuk menambah RAM.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah garansi laptop. Ada beberapa produsen laptop yang akan menolak memberikan garansi jika terjadi kerusakan pada saat pemasangan RAM. Maka dari itu, Anda harus memeriksa kembali kartu garansi dari laptop Anda dan meneliti persyaratannya.

Cara Memilih RAM untuk Upgrade Laptop

Meskipun sudah menerapkan cara upgrade RAM laptop yang sesuai, laptop Anda tidak akan berfungsi apabila RAM yang Anda gunakan tidak sesuai.

Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara memilih RAM untuk menghindari kesalahan pembelian sehingga mengakibatkan RAM yang dipasang tidak cocok dengan laptop Anda. Berikut merupakan cara memilih RAM yang perlu Anda ketahui.

1. Pastikan Spesifikasi RAM Laptop

Mengetahui spesifikasi RAM laptop merupakan salah satu cara mengetahui laptop bisa upgrade RAM atau tidak. Dengan melihat spesifikasi RAM di laptop, Anda bisa mengetahui jenis RAM apa yang sesuai dengan laptop Anda.

Untuk mengetahui spesifikasi RAM, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah melalui command prompt. Adapun cara melihat spesifikasi RAM laptop melalui command prompt adalah sebagai berikut.

  1. Klik tombol start dan ketikkan “cmd” pada kolom pencarian.
  2. Setelah jendela command prompt muncul, ketik “wmic memorychip”.
  3. Setelah itu akan muncul sebuah jendela yang berisi informasi mengenai RAM laptop Anda.

Selain melalui command prompt, Anda juga bisa melihat spesifikasi RAM laptop dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pada umumnya, aplikasi ini tidak hanya menampilkan spesifikasi RAM, tapi juga beberapa informasi lain mengenai laptop atau komputer Anda.

Baca juga: Apa itu MikroTik? Ini Fungsi, Jenis, Fitur, dan Kelebihannya

2. Memilih Jenis Modul RAM yang Sesuai

Ada beberapa jenis modul RAM yang perlu Anda ketahui. Pada umumnya, laptop akan menggunakan jenis modul dengan nama SO-DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Perlu diketahui, SO-DIMM memiliki beberapa generasi yang dibagi sebagai berikut:

  • DDR: Memiliki jumlah pin sebanyak 200, tegangan operasi 2,5 volt, dan kecepatan transfer maksimal 400 Mhz.
  • DDR2: Memiliki jumlah pin sebanyak 200, tegangan operasi 1,8 volt, dan kecepatan transfer maksimal 800 Mhz.
  • DDR3: Memiliki jumlah pin sebanyak 204, tegangan operasi 1,5/1,35 volt, dan kecepatan transfer maksimal 1600 Mhz.
  • DDR4: Memiliki jumlah pin sebanyak 260, tegangan operasi 1,2 volt, dan kecepatan transfer maksimal 3200 Mhz.
  • DDR5: Memiliki jumlah pin sebanyak 260, tegangan operasi 1,1 volt, dan kecepatan transfer maksimal 6400 Mhz.
  • DDR6: Memiliki jumlah pin sebanyak 260, tegangan operasi 0,9 volt, dan kecepatan transfer maksimal 12800 Mhz.

Pastikan modul RAM yang Anda siapkan sesuai dengan laptop Anda. Apabila modul tersebut tidak sesuai, maka laptop Anda tidak akan bisa digunakan karena tak bisa mengenali modul RAM yang sudah dipasang.

3. Memilih Modul RAM dengan Kapasitas yang Sesuai

Memilih modul RAM dengan kapasitas yang sesuai dapat membuat Anda menghindari kerugian. Perlu diketahui, modul RAM tersedia dalam beberapa kapasitas untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Jika laptop digunakan untuk mengedit video maupun bermain game, maka membutuhkan modul RAM dengan kapasitas yang besar dan begitu pula sebaliknya.

Perlu diketahui, laptop hanya akan menggunakan kapasitas RAM yang sesuai dengan kemampuannya. Sebagai contoh, jika Anda memasang RAM 16 GB pada laptop yang memiliki kemampuan untuk mengolah RAM dengan kapasitas 8 GB, maka laptop tersebut hanya akan memakai kapasitas 8 GB saja dari total kapasitas RAM tersebut. 

4. Memilih Modul RAM dengan Kecepatan yang Sesuai

Sama halnya dengan kapasitas RAM, sebuah laptop hanya akan menggunakan kecepatan RAM sesuai dengan kemampuannya. Sebagai contoh, sebuah laptop dipasang 2 buah RAM dengan kecepatan berbeda, yakni 1600 MHz dan 3200 MHz.

Untuk kemampuan laptopnya sendiri hanya dapat menggunakan kecepatan maksimal 1600 MHZ, maka kecepatan RAM yang akan digunakan hanya sebesar 1600 MHz saja.

Baca juga: 10 Perlengkapan Ruang Meeting untuk Produktivitas Perusahaan

Cara Upgrade RAM Laptop

Setelah melakukan pertimbangan dan membeli RAM yang sesuai dengan laptop, maka sekarang Anda sudah siap untuk melakukan upgrade RAM laptop. Perlu diketahui, menerapkan cara upgrade RAM laptop yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah pada laptop Anda. Adapun cara upgrade RAM laptop yang tepat adalah sebagai berikut.

1. Persiapkan Peralatan dan Lakukan Backup Data

Cara upgrade RAM laptop yang pertama adalah mempersiapkan peralatan dan melakukan backup data. Untuk mempermudah dalam proses pemasangan RAM, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan, seperti obeng kecil berukuran philips #1 dan #0 serta sebuah wadah untuk menyimpan sekrup.

Setelah mempersiapkan peralatan, Anda bisa melakukan backup data terlebih dahulu. Pada umumnya, melakukan upgrade RAM tidak akan membuat data Anda menghilang. Namun, untuk lebih amannya, sebaiknya Anda melakukan backup ke tempat penyimpanan lain, misal di penyimpanan cloud.

2. Pasang Modul RAM

Cara upgrade RAM laptop selanjutnya adalah dengan memasang modul RAM. Jika pada laptop Anda tersedia slot kosong, maka Anda bisa langsung memasangnya ke dalam slot tersebut. Namun jika tidak, maka Anda perlu melepas modul RAM lama Anda terlebih dahulu. 

Jika Anda tidak pernah membongkar laptop sebelumnya, disarankan untuk membuka kembali buku panduan dan mengikuti petunjuk-petunjuk di dalamnya. Perlu diingat, dalam menerapkan cara upgrade RAM yang satu ini, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai melakukan gerakan yang kasar karena dapat berpotensi merusak komponen laptop Anda.

3. Lakukan Pemeriksaan

Cara upgrade RAM laptop yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan. Setelah memasang RAM dan mengembalikan kondisi laptop seperti semula, Anda bisa langsung melakukan pengecekan dengan menyalakan laptop tersebut. 

Jika berhasil menyala, maka Anda bisa langsung mengecek spesifikasi laptop Anda. Jika pemasangan RAM sudah benar, maka informasi spesifikasi RAM yang ditunjukkan akan sesuai dengan spesifikasi RAM yang Anda pasang.

Perlu diketahui, jika RAM pada laptop Anda ditanam (Onboard), maka disarankan untuk meminta bantuan teknisi profesional karena cara upgrade RAM laptop tanam terbilang rumit dan perlu keahlian tinggi.

Itulah beberapa informasi mengenai cara upgrade RAM laptop yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, komponen pada laptop memang bisa diupgrade guna meningkatkan performanya. Namun, hal tersebut tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit mengingat harga komponen-komponen laptop yang berkualitas cukup mahal.

Jika ingin mendapatkan laptop atau peralatan IT lain dengan performa tinggi dan paling update, Anda bisa menyewanya di Asani. Perlu diketahui, jika menyewa laptop di Asani, Anda dapat melakukan upgrade RAM yang juga akan dibantu oleh tim profesional kami. Dengan Begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa teknisi.

Selain itu, menyewa peralatan jauh lebih hemat daripada membeli atau memperbarui komponennya. Dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan peralatan terbaru dengan performa paling bagus tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Di Asani, tersedia berbagai macam peralatan IT, mulai dari laptop hingga proyektor yang bisa Anda gunakan untuk mendukung produktivitas perusahaan Anda. Jika tertarik, Anda bisa langsung melihat produknya di katalog sewa Asani. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera minta penawaran dengan menghubungi WhatsApp kami atau kirim email ke cs@asani.co.id. Ayo, tingkatkan performa fasilitas kantor Anda bersama Asani!

Baca juga: Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah

Share

Post comment

Product Enquiry