contoh quotation letter
8460

Quotation letter atau surat penawaran merupakan dokumen yang berisikan produk dan harga untuk mendapatkan kesepakatan jual-beli dengan calon pelanggan. Sebagai seseorang yang menggeluti dunia bisnis, apakah Anda sudah tahu contoh quotation letter yang benar?

Sebab, membuat quotation letter tidak bisa dilakukan sembarangan karena Anda harus menjaga komunikasi yang jelas dan tertata rapi guna menjamin kelancaran transaksi. Yuk, telaah contoh quotation letter di artikel ini karena jika Anda berhasil meyakinkan calon pelanggan, otomatis akan berdampak pada peningkatan keuntungan perusahaan!

Apa itu Quotation Letter?

Quotation letter adalah surat resmi yang berisikan penawaran terkait barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan kepada calon pelanggan. Biasanya, surat ini akan memuat informasi terkait deskripsi produk, harga, syarat, diskon, metode pembayaran, dan sebagainya.

Quotation letter adalah surat yang bersifat mengikat karena berkaitan erat dengan kesepakatan antara pihak untuk transaksi jual-beli. Oleh karena itu, baik penjual maupun pelanggan, harus memiliki pertimbangan yang matang sebelum melakukan kesepakatan tersebut.

Manfaat Quotation Letter

Selain berguna untuk memberikan penawaran, quotation letter juga dapat memberikan dampak positif lainnya bagi penjual maupun pelanggan. Manfaat-manfaat tersebut di antaranya, yaitu:

  • Memberikan informasi detail terkait barang atau jasa kepada pelanggan agar lebih mudah dalam mencari produk yang diinginkan, serta tidak ragu untuk membuat kesepakatan.
  • Mengurangi potensi kerugian yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti ketersediaan stok, perubahan harga, dan pembatalan pemesanan.
  • Memudahkan proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Membantu perusahaan dalam mengatur cash flow secara lebih mudah dan teliti.
  • Meningkatkan visibilitas perusahaan di mata pelanggan sekaligus memperluas jaringan bisnis.

Jenis Quotation

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh quotation letter, sebaiknya Anda pahami dulu jenis-jenis dari surat yang satu ini. Berikut ini adalah dua jenis surat penawaran harga yang dapat disusun dan disesuaikan berdasarkan jenis transaksi dan pihak yang terlibat.

1. Vendor Quotation

Salah satu jenis surat penawaran harga, yaitu vendor quotation, akan dibuat dan diberikan oleh perusahaan manufaktur kepada pihak supplier. Adapun tujuan dibuatnya surat penawaran ini adalah untuk menjual produk mentah atau setengah jadi yang diperlukan guna kegiatan produksi.

2. Customer Quotation

Di sisi lain, customer quotation adalah surat penawaran harga yang diberikan oleh perusahaan kepada calon pelanggan. Biasanya, surat ini akan dikeluarkan atas permintaan calon pelanggan atau dibuat oleh perusahaan untuk mendapatkan kesepakatan secara langsung.

Baca juga: SLA: Pengertian, Manfaat, Jenis, Komponen, & Cara Menghitung

Unsur dan Format Quotation Letter

Agar Anda memahami contoh quotation letter yang benar, tentu perlu dipahami terlebih dahulu unsur-unsur dan format yang ada di dalamnya. Sebab, Quotation letter harus disusun dengan rapi dan jelas agar pihak penerima dapat mencerna informasi dengan mudah. Setidaknya, surat penawaran harga harus disusun berdasarkan unsur dan format sebagai berikut.

1. Bagian Pembuka

Di bagian pembuka, Anda bisa mendeskripsikan perusahaan secara singkat. Jangan lupa tambahkan informasi penting, seperti surat izin perdagangan, NPWP, TDR, dan sebagainya, untuk menguatkan kredibilitas dan legalitas perusahaan di hadapan pelanggan.

Tak hanya itu, Anda juga harus menjelaskan mengapa surat penawaran tersebut dibuat secara singkat, padat, dan jelas. Selain informasi tersebut, Anda juga bisa menuliskan keunggulan dari produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan di bagian ini.

2. Bagian Isi

Bagian isi adalah komponen paling utama dalam quotation letter. Sebab, dalam contoh quotation letter yang benar, bagian isi harus bisa menjelaskan jenis dan jumlah barang, serta harga.

Selain itu, disarankan juga untuk menyertakan informasi mengenai kualitas barang, metode pembayaran, waktu pengiriman dan pengerjaan, serta syarat dan ketentuan dengan jelas. Lalu, untuk meyakinkan pelanggan, Anda juga bisa menuliskan penawaran khusus, baik promo atau diskon, yang sedang berlaku di perusahaan.

3. Bagian Penutup

Di bagian penutup, Anda hanya perlu menuliskan harapan agar dapat membangun kesepakatan dengan calon pelanggan. Jangan lupa tuliskan ucapan terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah mereka berikan untuk membaca quotation letter tersebut.

Bila diperlukan, Anda dapat menyertakan beberapa dokumen kerja sama sebelumnya guna meningkatkan ketertarikan calon pelanggan dalam menjalin kesepakatan jual-beli.

Contoh Quotation Letter

Setelah memahami pengertian, manfaat, jenis, unsur dan formatnya, sekarang mari kita bahas seperti apa contoh quotation letter yang dapat Anda terapkan untuk perusahaan. Berikut adalah contoh quotation letter, baik untuk perusahaan barang maupun jasa.

1. Contoh Quotation Letter untuk Barang

 

PT Purnama Sejahtera

Jl. Batujadi No.21, Bandung

No. Telepon: 022-342-4123/Kode Pos: 12821

Email: ptabckarya@gmail.com

—————————————————————————————————————————-

Yth.

Kepala Bagian Pengadaan Barang PT Makmur Jaya

Jl. Merpati Raya No.23, Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami, PT Purnama Sejahtera yang berfokus pada pengadaan barang elektronik kantor, termasuk komputer, printer, dan perlengkapan lainnya.

Menyadari bahwa PT Makmur Jaya sedang mengalami perkembangan pesat dan berencana membangun gedung perkantoran baru, kami ingin menawarkan layanan kami dalam menyediakan alat-alat perkantoran yang dibutuhkan.

Sehubungan dengan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk pengadaan barang elektronik khususnya printer, seperti berikut:

No.MerkJumlahHarga LamaDiskonHarga Baru
1.Epson Printer1 unitRp2.600.0003%Rp2.522.000
2.HP Printer1 unitRp2.550.0004%Rp2.448.000
3.Canon Printer1 unitRp2.450.0005%Rp2.327.500

Besar harapan kami agar penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Apabila Bapak/Ibu berminat dan bersedia untuk menjalin kerja sama, kami dengan senang hati akan melakukan pembicaraan guna membahas rincian dan persyaratan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Pembayaran ke rek NBI: 2500 8723 22 a/n Melati Setiawan

Catatan:

  • Quotation letter ini berlaku hingga tanggal 22 Januari 2024.
  • Harap melampirkan bukti pembayaran di email balasan.
  • Pembayaran yang sudah diterima tidak dapat dikembalikan dalam kondisi apapun.
  • Jika melakukan pembayaran di luar periode quotation, maka kami akan memberikan penawaran baru.

Hormat Kami,

Manajer Pemasaran

PT Purnama Sejahtera

Baca juga: Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa: Jenis & Cara Pembayaran

2. Contoh Quotation Letter untuk Jasa

PT Harmoni Indonesia

Jl. Nasional No.30, Jakarta

No. Telepon: 022-351-9801/Kode Pos: 19783

Email: ptharmoniindonesia@gmail.com 

—————————————————————————————————————————-

Yth.

Kepala Bagian Pengadaan Jasa PT Harapan Sentosa

Jl. Payakumbuh No.19, Palembang

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, kami ingin menyampaikan penawaran jasa layanan sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh Kepala Bagian Pengadaan Jasa PT Harapan Sentosa pada kesempatan sebelumnya.

Adapun rincian untuk pengerjaan 1 (Satu) service adalah sebagai berikut:

No.Jenis ServiceUnitHarga per UnitTotal Harga
1.Service AC2Rp500.000Rp1.000.000
2.Service Komputer4Rp400.000Rp1.600.000

Demikian surat ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar penawaran ini dapat terwujud dalam jalinan kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat Kami,

Manajer Pemasaran

PT Harmoni Indonesia

Itu dia contoh quotation letter atau surat penawaran yang bisa Anda implementasikan guna menjamin kelancaran transaksi jual-beli dengan calon pelanggan. Tentunya, contoh quotation letter tersebut bisa Anda modifikasi agar sesuai dengan tujuan penawaran yang akan dibuat.

Selain dari sisi eksternal, Anda juga harus memperhatikan internal perusahaan agar bisnis dapat beroperasi dengan lancar dan mencapai kesuksesan. Demi mengoptimalkan kinerja internal perusahaan, pastikan untuk menyewa perangkat komputer atau laptop dari Asani.

Asani adalah layanan penyewaan laptop dan komputer dengan harga terjangkau, serta kualitas terbaik bagi perusahaan. Anda bisa langsung mengecek katalog sewa untuk memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Namun, jika Anda masih ragu, Anda dapat melakukan konsultasi gratis dengan tim Asani untuk berdiskusi seputar pengadaan alat elektronik yang cocok dengan kebutuhan perusahaan saat ini.

Yuk, segera ajukan penawaran terbaik ke Asani melalui WhatsApp resmi atau kirimkan email ke cs@asani.co.id!

Baca juga: Work Breakdown Structure: Manfaat, Komponen, & Cara Membuat

Share

Post comment

Product Enquiry