ilustrasi kuota social media
100

Apakah Anda sering kehabisan kuota saat asyik bersosial media? Tidak perlu khawatir lagi! Di artikel ini, kita akan membahas berapa banyak kuota sosial media yang Anda butuhkan setiap harinya.

Nantinya, Anda bisa mengatur penggunaan kuota sosial media dengan lebih efisien dan tetap terhubung dengan teman-teman tanpa khawatir kehabisan kuota di tengah jalan.

Tentu saja, ini akan membuat aktivitas online-mu menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, simak penjelasan lengkapnya tentang berapa banyak kuota sosial media yang Anda butuhkan agar aktivitas online-mu tetap lancar dan hemat kuota!

Kuota yang Dibutuhkan untuk Sosial Media

1. Zoom

Aplikasi ini populer digunakan untuk sekolah atau bekerja online dari rumah. Untuk menggunakan Zoom, dibutuhkan kecepatan internet 600 Kbps – 1.8 Mbps.

Untuk video satu jam, Anda bisa menghabiskan lebih dari 1GB. Jika Anda menggunakan kualitas video yang rendah, mungkin akan lebih hemat kuota.

2. Google Meet

Untuk menggunakan Google Meet, dibutuhkan kecepatan internet 300 Kbps – 2.6 Mbps. Untuk video satu jam dengan gambar resolusi tinggi, Anda bisa menghabiskan lebih dari 1GB.

Jika Anda menggunakan kualitas video yang rendah, mungkin akan lebih hemat kuota. Untuk penggunaan lebih hemat, Google Meet adalah pilihan yang lebih hemat.

3. Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang digemari banyak orang untuk berbagi foto dan video. Untuk mengunggah satu foto, kuota yang diperlukan sekitar 5MB.

Jika ingin menggunakan Instagram live, Anda memerlukan kecepatan internet minimum 3Mbps. Jadi, satu jam live Anda bisa menghabiskan lebih dari 1GB.

Selain itu, untuk penggunaan biasa seperti scrolling dan melihat foto atau video, Instagram menghabiskan sekitar 720MB – 1GB per jam tergantung pada jenis konten yang dilihat.

4. Whatsapp

  • Telepon suara WhatsApp: Sekitar 800 KB – 1.3 MB per menit.
  • Video call WhatsApp: Sekitar 2.9 MB per menit.
  • Telepon WA selama 1 jam: Sekitar 48 MB – 78 MB.
  • Video call WA selama 1 jam: Sekitar 174 MB.
  • Mengirim pesan teks: Setiap karakter nilainya 1 byte. Kuota yang dibutuhkan relatif lebih kecil daripada aplikasi untuk conference atau media sosial lain.

5. Youtube

Untuk streaming video, dibutuhkan kecepatan internet minimal 3Mbps. Semakin tinggi kualitas video yang ditonton, semakin besar pula kuota yang dibutuhkan.

Secara rata-rata, streaming video dengan kualitas SD (480p) menghabiskan sekitar 500 MB – 700 MB per jam, sedangkan kualitas HD (720p) dapat menghabiskan sekitar 1GB – 1.5GB per jam.

TikTok vs Instagram

TikTok dan Instagram keduanya menghabiskan banyak kuota, tetapi TikTok cenderung lebih boros kuota karena video yang terus diputar otomatis dengan resolusi tinggi.

Secara umum, penggunaan TikTok selama satu jam dapat menghabiskan sekitar 1GB – 1.5GB, sementara Instagram menghabiskan sekitar 720MB – 1GB per jam.

Apakah WhatsApp Termasuk Sosial Media?

WhatsApp memang termasuk dalam kategori media sosial karena memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui pesan teks, panggilan suara, video call, dan berbagi media seperti foto dan video.

Namun, fokus utamanya adalah komunikasi pribadi, berbeda dengan platform lain yang lebih berfokus pada konten publik.

Berapa kuota ideal yang dibutuhkan pengguna internet aktif?

Tidak ada jawaban pasti untuk hal ini. Namun, pengguna internet di Indonesia rata-rata menyiapkan kuota lebih dari 5GB setiap bulan untuk berselancar di internet.

Jika Anda sangat menyukai streaming film, tentunya kuota yang dibutuhkan jauh lebih banyak daripada itu. Untuk pengguna yang aktif di sosial media, menonton video, dan melakukan video call, menyiapkan kuota 10GB – 20GB per bulan mungkin lebih ideal.

Jika perusahaan Anda membutuhkan tambahan laptop untuk karyawan, Anda bisa sewa di  Asani.

Asani merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Post comment

Product Enquiry