10

Perusahaan akan selalu memastikan kegiatan operasional berjalan lancar meski dengan cara menghemat biaya operasional perusahaan. Sebab, menghemat biaya operasinal adalah salah satu cara untuk memperoleh keuntungan besar. Biaya operasional adalah beban bagi perusahaan, sehingga jika pemasukan dan biaya operasional tidak seimbang, maka akan terjadi kerugian. Maka dari itu, biaya operasional kantor menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pengusahaan terlebih lagi oleh pengusaha baru.

Tips Menghemat Operasional Perusahaan

Salah satu kunci agar bisnis rintisan cepat berkembang adalah mengatur keuangan seefisien mungkin. Perusahaan yang efisien yaitu perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan besar dengan biaya yang kecil. Setiap pengusaha baru ingin mengeluarkan biaya operasional minimal, atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa fokus untuk mengembangkan bisnis.

Berikut adalah tips hemat yang bisa diterapkan untuk menekan biaya operasional perusahaan:

1. Menghemat Biaya Sewa Ruang Kantor: Co-working Space

Biaya sewa kantor merupakan beban bagi perusahaan baru. Sewalah ruangan sesuai kebutuhan. Jangan menyewa satu gedung jika perusahaan hanya membutukan satu lantai, atau jangan menyewa satu lantai apabila hanya membutuhkan satu ruangan. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa co-working space yang popular bagi perusahaan startup. Dengan menyewa co-working space, Anda bisa berhemat banyak meski harus berbagi ruangan dengan perusahaan lain.

2. Menghemat Biaya Pengeluaran untuk Peralatan Kantor: Sewa Laptop

Bagi perusahaan lama ataupun startup yang baru memulai usaha, Anda bisa menggunakan jasa sewa laptop untuk memenuhi kebutuhan produktivitas karyawan. Sewa laptop adalah pilihan cerdas untuk mengurangi alokasi investasi pengadaan barang sehingga dana bisa digunakan untuk hal lain untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Keuntungan Sewa Laptop untuk Perusahaan

3. Menghemat Penggunaan Kertas (Paperless)

Kertas adalah salah satu biaya paling besar dari anggaran perlengkapan kantor karena hampir semua dokumen dicetak di kertas setiap hari. Jika memungkinkan, terapkanlah sistem paperless dengan beralih ke dokumen komputer digital yang praktis. Jika memang membutuhkan berkas fisik, Anda bisa tetap berhemat dalam beberapa urusan kantor lain seperti penggunaan e-mail sebagai pengganti surat pos dan penggunaan aplikasi HR untuk administrasi karyawan. Selain menghemat biaya, penggunaan e-mail dan software HR juga menghemat waktu karena bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan akurat.

4. Membeli Furnitur Seperlunya

Tentukan perlengkapan atau furnitur yang dibutuhkan di kantor sehingga tidak terjadi pemborosan atau ada furnitur yang tidak terpakai. Alternatif lain adalah membeli peralatan bekas dengan kondisi yang masih layak pakai. Harga yang ditawarkan biasanya akan lebih murah daripada harga barang baru.

5. Mengurangi Penggunaan Listrik

Penggunaan listrik sangat berkontribusi dalam pengeluaran jika tidak dikendalikan. Pemborosan listrik biasanya disebabkan penggunaan listrik yang tidak perlu misalnya lampu, komputer, atau AC yang dibiarkan menyala 24 jam. Matikan semua peralatan elektronik saat kantor sudah tutup. Setiap karyawan diharuskan untuk peduli dan menghemat listrik. Apabila ada peralatan elektronik yang tidak digunakan maka harus segera dimatikan. Selain itu, Anda bisa menggunakan peralatan elektronik yang hemat listrik.

6. Memanfaatkan Teknologi dengan Maksimal

Salah satu sumber pengeluaran perusahaan adalah biaya perjalanan untuk meeting dan menyewa tempat. Untuk meeting jarak jauh, Anda bisa memanfaatkan teknologi virtual meeting sehingga biaya transportasi dan akomodasi bisa ditekan. Meeting online sangat efektif untuk menghemat biaya dan waktu.

7. Memperbaiki Manajemen Waktu dan Proses Kerja

Gunakan waktu bekerja untuk mengerjakan hal produktif yang berguna untuk kemajuan usaha. Evaluasi jam kerja apakah benar-benar produktif atau diselingi kegiatan yang membuang waktu. Jika banyak waktu terbuang, maka bisa menimbulkan terjadinya karyawan lembur. Lembur yang berbayar ataupun tidak akan menambah biaya operasional seperti bertambahnya waktu penggunaan listrik.

8. Memaksimalkan Sumber Daya Manusia

Tempatkan karyawan sesuai dengan keahlian dan posisi masing-masing. Anda juga bisa memberikan beberapa pelatihan agar karyawan terus berkembang dan makin kompeten dalam pekerjaan. Biaya pelatihan yang Anda keluarkan adalah salah satu investasi agar sumberdaya menjadi efektif dan efisien.

Dari tips di atas, ada beberapa hal yang merupakan kebijakan perusahaan dan hanya akan diputuskan oleh pimpinan perusahaan. Namun, ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan pimpinan sendiri, nah, di sinilah kesadaran karyawan amat dibutuhkan dan penting dalam usaha penghematan biaya operasional perusahaan.

Jika Anda seorang pengusaha dan ingin menghemat biaya operasional peralatan kantor seperti laptop atau PC, Anda bisa mengunjungi Asani Indonesia. Asani adalah platform B2B sewa laptop pertama di Indonesia ini melayani jasa penyewaan perangkat IT untuk kebutuhan perusahaan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menghemat jutaan rupiah hanya dengan menyewa laptop di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca Juga:  Tips Merawat Laptop Baru

Post comment

Product Enquiry