210

Pernahkah Anda mengalami laptop black screen tiba-tiba padahal power on sudah dinyalakan? Well, jika iya, mungkin ini adalah salah satu penyebab LCD laptop rusak.

Selain itu, retakan yang terjadi di bagian dalam laptop seperti layar bergaris putih atau dead pixel juga bisa menjadi penyebab lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi LCD laptop rusak tersebut? Dan apa saja ciri-ciri yang bisa dideteksi sejak awal? Well, simak terus artikel ini untuk mencari tahu jawabannya, ya!

Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak

LCD merupakan salah satu bagian terpenting dalam laptop, karena berfungsi sebagai monitor yang menjadi sistem output perangkat. 

Untuk itu, kerusakan LCD mungkin membuat kerja Anda menjadi tidak nyaman karena tampilannya dan sistem output yang dihasilkan pun akan bermasalah.

Nah, Anda perlu mengetahui beberapa tanda LCD laptop rusak agar bisa mencegahnya dari masalah lainnya yang lebih parah, seperti:

1. Layar Mati secara Tiba-tiba

Ciri-ciri LCD laptop rusak yang pertama adalah ketika Anda mengalami layar perangkat mati secara tiba-tiba.

Umumnya, hal ini dapat disebabkan karena komponen di dalam layar LCD yang rusak, seperti backlight atau inverter.

Jika Anda pernah mengalami layar yang mati secara tiba-tiba dan tidak muncul tampilan sama sekali meskipun sudah dinyalakan ulang, maka kemungkinan hal ini merupakan tanda LCD laptop rusak.

2. Warna LCD Pucat

Apabila Anda merasa bahwa warna layar yang ditampilkan laptop menjadi pucat atau tidak akurat, maka hal ini bisa menjadi tanda lainnya bahwa terdapat masalah di dalam panel LCD. 

3. Tampilan LCD Terdistorsi 

Ciri-ciri LCD laptop rusak berikutnya adalah tampilan layar yang tidak jelas atau terdistorsi.

Sama seperti permasalahan sebelumnya, hal ini bisa muncul karena ada masalah pada panel LCD atau kabel yang menghubungkan layar LCD ke motherboard rusak.

4. Layar Retak atau Pecah

Tanda LCD laptop rusak yang satu ini mungkin mudah dilihat dengan jelas karena tampilannya. Terkadang, layar retak atau pecah juga akan berpengaruh pada kinerja perangkat Anda.

Yup, karena laptop yang retak atau pecah akan memunculkan tampilan bergaris seperti ada noda hitam pada layar LCD.

Selain itu, biasanya permasalahan laptop yang satu ini juga akan mulai menyebar ke bagian layar LCD lainnya, kemungkinan terburuknya adalah perangkat Anda akan mati secara total.

5. Layar Laptop Bergaris atau Muncul Bintik-Bintik Putih

Secara umum, munculnya garis atau bintik-bintik pada layar laptop disebut sebagai dead pixel, yaitu kerusakan yang terjadi pada unit terkecil untuk tampilan layar (pixel).

Biasanya, tanda LCD laptop rusak ini akan muncul ketika Anda sedang mengoperasikan perangkat, lalu muncul garis vertikal atau horizontal di sekitar layarnya.

Permasalahan ini dapat muncul karena ada kerusakan pada hardware layar atau konektor yang menghubungkan LCD ke motherboard.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri, Mudah!

Penyebab LCD Laptop Rusak

Setelah mengetahui sejumlah ciri-cirinya, lantas, apa penyebab LCD laptop rusak itu sendiri?

Umumnya, beberapa penyebab LCD laptop rusak dapat terjadi karena faktor internal dan eksternal, di antaranya yaitu:

Faktor Internal Penyebab LCD Laptop Rusak

Faktor internal atau dari dalam perangkat yang bisa menjadi penyebab LCD laptop rusak, yaitu:

1. Kabel Fleksibel Rusak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab LCD laptop rusak adalah karena ada kerusakan pada kabel fleksibel penghubung layar perangkat ke motherboard.

Hal ini bisa mengakibatkan masalah pada layar LCD, biasanya dapat dipicu karena laptop pernah terjatuh atau sering dibawa tanpa berhati-hati.

Selain itu, jika kabel fleksibel laptop telah rusak, maka akan muncul garis-garis pada layar LCD atau bahkan perangkat bisa mati total.

2. Overheating atau Overcharge 

Jika laptop terlalu lama digunakan terus menerus tanpa ada istirahat, hal ini dapat menyebabkan suhu pada perangkat menjadi terlalu tinggi atau overheating.

Overheating pada perangkat inilah yang bisa menjadi penyebab LCD laptop rusak, sehingga komponen-komponen di dalamnya, termasuk layar, akan rusak.

Selain itu, baterai yang melebihi kapasitas atau overcharge juga bisa menjadi penyebab LCD rusak, karena hal ini akan berpengaruh pada kerusakan bagian komponen di dalamnya.

3. Mematikan Laptop Sembarangan 

Mematikan laptop secara sembarangan juga bisa menjadi penyebab LCD rusak secara internal berikutnya.

Misalnya, jika Anda mematikan laptop ketika sedang menjalankan aplikasi atau program tertentu, hal ini dapat membuat LCD dan komponen di dalamnya menjadi rusak.

Baca juga: 7 Cara Mematikan Keyboard Laptop, Mudah dan Praktis!

4. Diserang Virus atau Malware 

Virus atau malware adalah serangan program perangkat lunak yang biasanya menyebar melalui data, file, atau jaringan, dan akan mengganggu fungsi komputer.

Serangan virus atau malware pada perangkat dapat menjadi penyebab LCD laptop rusak. Untuk itu, pastikan Anda memasang antivirus dan memperbaruinya secara rutin. 

5. LCD Terlalu Terang atau Gelap

Tahukah Anda, setting layar yang terlalu terang atau gelap dapat menjadi penyebab LCD laptop rusak, lho.

Biasanya, layar laptop yang terlalu terang diakibatkan karena kurangnya resolusi VGA pada perangkat, sehingga cahaya di LCD menjadi semakin tajam.

Sementara itu, kondisi layar yang terlalu gelap disebabkan karena backlight lamp korsleting atau tidak berfungsi secara optimal. 

6. LCD Blank Sehabis Meng-install Software  

Pernahkah Anda mengalami layar menjadi blank sehabis mengunduh suatu software? Jika iya, mungkin itu adalah penyebab LCD laptop rusak.

Jika Anda mengalami hal ini, ada baiknya segera copot RAM memori di laptop, lalu bersihkan secara perlahan menggunakan kain halus, kemudian pasang kembali.

Apabila Anda tidak yakin untuk mencabutnya sendiri karena takut merusak komponen lainnya, segera bawa ke tukang service yang ahli di bidangnya.

Faktor Eksternal Penyebab LCD Laptop Rusak

Jika sebelumnya kerusakan di dalam perangkatnya, berikut adalah penyebab LCD laptop rusak karena faktor eksternal atau masalah dari luar:

1. Terjatuh secara Tidak Sengaja

Well, penyebab LCD laptop rusak berikut ini adalah masalah paling umum terjadi yang bisa membuat layar menjadi retak atau pecah. 

Apalagi jika laptop terjatuh dari ketinggian yang cukup jauh dan terkena benturan di bawahnya, hal ini bisa membuat layar menjadi mati total, sehingga perangkat tidak bisa beroperasi kembali.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh, Cari Tahu Penyebabnya!

2. Terkena Benda Tajam dan Tertindih Barang

Mungkin, penyebab LCD laptop rusak yang satu ini tidak pernah Anda sadari, terutama ketika menggabungkan perangkat di dalam tas berisi benda-benda tajam serta muatan berlebih.

Padahal, masalah ini bisa merusak layar laptop Anda, sehingga muncul garis atau bintik-bintik pada LCD yang memicu kerusakan pada komponen di dalamnya.

3. Kena Tumpahan Air

Selain tertindih barang, laptop yang terkena tumpahan air, baik secara disengaja atau tidak, juga bisa membuat LCD-nya menjadi rusak.

Apalagi, kalau cairan tersebut adalah air berasa seperti kopi yang tumpah langsung di layar atau area sekitar keyboard, maka hal ini bisa membuat LCD mati dan muncul bintik-bintik seperti dead pixel.

Cara Mengatasi LCD Laptop Rusak

Setelah mengetahui sejumlah penyebabnya baik secara internal maupun eksternal, mungkin Anda penasaran LCD laptop rusak apa bisa diperbaiki atau tidak, bukan?

Well, untuk mengetahui apakah layar pada perangkat sudah rusak total atau belum, Anda bisa melakukan beberapa cara memperbaiki LCD laptop rusak berikut ini:

1. Nyalakan Ulang Laptop

Menyalakan ulang atau restart perangkat bisa menjadi langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi LCD laptop rusak.

Memperbaiki LCD laptop rusak yang satu ini bisa Anda lakukan apabila masalahnya disebabkan karena sistem operasi dari internal perangkatnya.

Jika keyboard atau mouse Anda masih berfungsi, langkah untuk menyalakan ulang laptop yaitu, klik Start atau tombol Windows pada perangkat Anda, lalu pilih menu Power > Restart.

2. Tutup dan Buka Kembali Laptop

Cara mengatasi LCD laptop berikutnya adalah Anda perlu menutup dan membuka kembali perangkat yang masih dalam keadaan menyala.

Sebelum itu, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah di sela-sela keyboard laptop ada kotoran yang menempel atau tidak. Jika iya, segera bersihkan secara menyeluruh.

Setelah itu, coba tutup dan buka kembali laptop Anda yang masih dalam keadaan menyala, jika ternyata layar LCD menunjukkan tampilan terdistorsi atau terkadang mati, maka kemungkinan ada masalah pada sensornya.

3. Pasang Monitor Eksternal

Berikutnya, jika masalah pada layar yang dihadapi sudah menjadi hitam atau mati total, Anda bisa memasang monitor eksternal sebagai cara memperbaiki LCD laptop rusak.

Jika setelah dipasang ternyata monitor eksternal tidak berfungsi, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah laptop dalam keadaan sleep mode atau tidak, dan pastikan colokannya sudah aktif.

4. Perbarui Driver Laptop

Apabila masalah ditemukan pada layar yang menjadi hitam namun tidak ada kerusakan secara visual, Anda bisa mencoba untuk memperbarui driver di dalam sistem perangkat.

Well, cara mengatasi LCD laptop rusak ini bisa dilakukan dengan mengunduh driver melalui situs resmi, menyesuaikan seri perangkat yang Anda miliki.

5. Ganti Layar LCD

Jika segala cara memperbaiki LCD laptop rusak sebelumnya sudah dicoba namun tidak berhasil, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengganti layar LCD.

Namun, ada baiknya Anda memperbaiki LCD laptop rusak kepada yang ahlinya ke tukang service. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan lainnya pada perangkat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa penyebab LCD laptop rusak, beserta ciri-ciri, dan cara mengatasinya.

LCD laptop rusak memang bukan masalah yang ringan, biasanya jika sudah retak atau pecah perlu diperbaiki keseluruhannya dan membutuhkan banyak biaya tambahan.

Nah, daripada harus mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki LCD laptop secara keseluruhan, Anda dapat menyewa perangkat IT dengan kualitas yang terjamin di Asani.

Asani merupakan partner terbaik Anda yang bisa memberikan solusi untuk perusahaan atas permasalahan IT pada perangkat.

Dengan menyewa laptop di Asani, Anda akan mendapatkan solusi dari tim IT Support yang akan membantu mengatasi masalah perangkat secara real-time

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Yuk, Hubungi tim Asani dan konsultasikan perbaikan perangkat IT Anda sekarang!

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Freeze di Semua Tipe Windows, Simak!

Post comment

Product Enquiry