Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan
20

Memahami akuntansi akan membantu untuk menganalisis keuntungan dan membuat rencana bisnis yang berkelanjutan. Dua pilar akuntansi yang dapat ditemukan pada sebagian besar program sekolah atau kursus bisnis adalah akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Meskipun sama-sama akuntansi, ada perbedaan utama antara keduanya yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasan mengenai perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah praktik mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada manajer untuk mengejar tujuan organisasi.

Akuntansi manajemen biasa digunakan oleh manajer dan direktur untuk membuat keputusan mengenai operasional harian perusahaan. Akuntansi manajemen tidak didasarkan pada kinerja masa lalu, tapi pada tren saat ini dan masa depan karena pemimpin bisnis perlu membuat keputusan operasional dalam waktu singkat.

Contoh penerapan akuntansi manajemen yaitu menentukan berapa banyak biaya untuk produk baru dan menganalisis berapa banyak pendapatan yang bisa dihasilkan oleh produk tersebut.

Selain itu, akuntansi manajemen bisa juga bisa untuk memutuskan kapan harus mengganti komputer di kantor.

Baca juga:  Akuntansi Keuangan – Komponen dan Fungsinya di Perusahaan

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan digunakan untuk menyajikan kondisi keuangan perusahaan kepada pemangku kepentingan eksternal seperti pemegang saham, direksi, calon investor, kreditur, dan lembaga keuangan. Laporan akuntansi keuangan digunakan untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan selama periode waktu tertentu dan diajukan setiap tahun. Dalam pembelajaran akuntansi keuangan akan dipelajari cara mempersiapkan, membaca dan menganalisis laporan keuangan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Berikut adalah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan:

1. Isi Laporan

Laporan akuntansi keuangan berisi hasil keseluruhan bisnis. Sedangkan akuntansi manajemen hampir selalu melampirkan hasil bisnis yang lebih rinci, seperti laba menurut produk, lini produk, pelanggan, dan wilayah geografis.

2. Kegunaan

Akuntansi keuangan melaporkan keuntungan bisnis, sedangkan akuntansi manajemen melaporkan secara spesifik penyebab masalah dan cara memperbaikinya.

Laporan akuntansi manajemen berguna untuk meningkatkan operasional, sementara laporan akuntansi keuangan digunakan oleh pihak luar untuk memutuskan apakah akan berinvestasi atau tidak.

3. Keakuratan Informasi

Akuntansi keuangan mengandalkan catatan transaksi yang pernah terjadi selama periode tertentu untuk dituangkan ke laporan keuangan perusahaan. Jadi, laporan dapat dibuktikan kebenarannya. Sedangkan akuntansi manajemen berkutat pada nilai perkiraan yang belum terbukti.

4. Distribusi Pelaporan

Akuntansi keuangan ditujukan untuk pembuatan laporan keuangan yang didistribusikan ke pihak internal dalam maupun eksternal perusahaan. Akuntansi manajemen lebih ditujukan untuk laporan operasional yang hanya didistribusikan di dalam perusahaan.

5. Standar

Akuntansi keuangan harus mematuhi berbagai standar akuntansi, sedangkan akuntansi manajemen tidak harus mematuhi standar apa pun ketika informasi dikumpulkan untuk konsumsi internal.

6. Penilaian

Akuntansi keuangan membahas nilai yang tepat dari aset dan kewajiban yang termasuk penurunan nilai, revaluasi, dan sebagainya. Akuntansi manajemen tidak memperhatikan nilai barang, hanya produktivitasnya.

7. Waktu

Laporan akuntansi keuangan diterbitkan setelah akhir periode akuntansi. Sedangkan laporan akuntansi manajemen dapat dikeluarkan lebih sering agar informasi yang disampaikan paling relevan dan terbaru.

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan lainnya adalah sertifikasi akuntansi pada masing-masing bidang. Orang yang bersertifikat Akuntan Publik (Certified Public Accountant) dilatih untuk akuntansi keuangan. Sedangkan Akuntan Manajemen Bersertifikat (Certified Management Accountant) dilatih dalam akuntansi manajemen.

Informasi dalam Laporan Keuangan

Informasi penting yang dimasukkan dalam salah satu jenis laporan keuangan perusahaan adalah keuntungan dan pengeluaran. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

 

Post comment

Product Enquiry