throttling adalah
3090

Throttling adalah hal yang sering terjadi ketika komputer atau laptop mencapai suhu yang tinggi. Suhu tinggi tersebut bisa terjadi karena prosesor atau komponen komputer lainnya menerima beban kerja yang tinggi. Ketika throttling terjadi, pada umumnya kinerja dari komputer akan menurun dan hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas Anda.

Meskipun terdengar merugikan, sebenarnya throttling adalah sebuah mekanisme perlindungan untuk menghindari kerusakan pada komputer. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah dan arti throttling, yuk simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu Throttling?

Thermal throttling atau CPU throttling adalah fitur yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan penggunaan daya pada perangkat komputer serta mengurangi panas yang dihasilkan perangkat tersebut. Throttling adalah fitur yang aktif ketika komputer sedang menangani tugas yang berat.

Sebagai contoh, ketika Anda memainkan sebuah gim yang terbilang berat, maka komputer akan menerima beban kerja yang berat juga. Salah satu komponen yang bekerja paling berat adalah GPU. Ketika komponen-komponen tersebut menerima beban kerja berat, maka suhunya akan cenderung naik dan memakan daya baterai yang banyak. Ketika mencapai suhu tertentu, maka secara otomatis throttling akan terjadi.

Ketika throttling terjadi, kinerja dari komponen komputer atau laptop Anda akan dibatasi sehingga tidak akan memakan banyak daya serta berpotensi membuat suhunya turun kembali. Namun, di sisi lain throttling akan mengakibatkan penurunan kualitas dari gim yang sedang Anda mainkan, misalnya turunnya kualitas grafis dan frame rate-nya.

Meski terdengar merugikan karena dapat membuat performa komputer atau laptop Anda menurun, pada dasarnya throttling diciptakan untuk melindungi komponen pada komputer Anda agar tidak mudah rusak. 

Cara Mengatasi CPU Throttling

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, throttling adalah fitur yang akan menurunkan performa komputer guna menghemat daya dan menurunkan suhu perangkat. Namun, jika Anda tidak ingin performa komputer turun karena throttling, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Adapun cara mengatasi CPU throttling adalah sebagai berikut.

1. Ubah Pengaturan Power Plan

CPU throttling adalah fitur yang memiliki peran dalam penghematan daya dalam suatu komputer. Maka dari itu, Anda bisa melakukan pengaturan ulang pada power plan komputer atau laptop Anda untuk mengatasi throttling. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol start dan X secara bersamaan, kemudian pilih power options.
  2. Pilih related settings, lalu klik kiri pada pilihan additional power settings.
  3. Klik kiri change plan settings, kemudian pilih change advanced power settings.
  4. Pilih opsi processor power management.
  5. Klik minimum processor state dan ganti nilainya menjadi 100%.
  6. Scroll ke bawah dan pilih maximum processor state dan ganti nilainya menjadi 100% juga.

Baca juga: Cara Mendinginkan Laptop

2. Pilih Opsi Pengaturan High Performance

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengatasi throttling pada komputer dengan memilih opsi pengaturan high performance. Dengan memilih opsi pengaturan ini, komputer Anda akan selalu dalam performa tertingginya. Namun perlu diingat, opsi ini akan memakan banyak daya. Adapun cara mengaktifkan opsi high performance guna mengatasi throttling adalah sebagai berikut.

  1. Buka control panel.
  2. Pilih hardware and sound.
  3. Kemudian pilih power options.
  4. Pilih show additional plans.
  5. Kemudian pilih opsi high performance.

3. Matikan Opsi Power Throttling Melalui Registry

Perlu diketahui, Anda bisa mematikan opsi power throttling melalui registry. Dengan mematikan opsi tersebut, komputer Anda tidak akan dibatasi lagi performanya. Adapun cara mematikan opsi power throttling melalui registry adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol start dan R secara bersamaan.
  2. Setelah jendela muncul, ketik regedit dan tekan enter.
  3. Klik yes pada user account control window.
  4. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, system, CurrentControlSet, dan control secara berurutan.
  5. Klik kiri pada power folder.
  6. Pilih new pada context menu, kemudian pilih key.
  7. Beri nama key tersebut dengan nama PowerThrottling, kemudian tekan enter.
  8. Klik kiri pada PowerThrottling, kemudian pilih new.
  9. Pilih DWORD (32-bit) value dari sub menu, kemudian beri nama PowerThrottlingOff lalu tekan enter.
  10. Klik kiri dua kali pada PowerThrottlingOff, kemudian ganti data angkanya dari 0 ke 1, lalu klik ok.

Baca juga: Penyebab Laptop Overheat dan Cara Mengatasinya

4. Perhatikan Case CPU

Selain melakukan pengaturan dari dalam sistem, seperti beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengatasi throttling pada komputer dengan menggunakan case CPU yang sesuai. Case CPU adalah tempat diletakkannya komponen perangkat keras komputer. Pada umumnya, case yang sempit berpotensi membuat perangkat keras jadi lebih cepat panas. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan case yang lebih luas, seperti case gaming.

5. Tambahkan Sistem Pendingin

Cara selanjutnya untuk mengatasi throttling adalah dengan menambahkan sistem pendingin. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, throttling adalah fitur yang akan menurunkan performa komputer ketika mencapai suhu yang tinggi. 

Maka dari itu, Anda perlu menggunakan cooling pad untuk laptop dan menambahkan sistem pendingin Apabila menggunakan komputer. Adapun beberapa jenis sistem pendingin yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

  • Top Down Cooler: Versi lebih baik dari cooler bawaan prosesor. Cara kerjanya adalah dengan menembakkan udara dingin ke komponen perangkat keras komputer.
  • Tower Cooler: Sistem pendingin berbentuk tower dan dilengkapi dengan kipas pendingin yang dapat menurunkan suhu pada komponen perangkat keras komputer Anda.
  • AIO Liquid Cooler: Sistem pendingin dengan liquid khusus untuk menurunkan suhu. Kebisingan yang dihasilkan sistem ini sangat rendah sehingga tidak akan mengganggu.
  • Custom Loop Liquid Cooler: Cara kerjanya sama dengan AIO Liquid Cooler, hanya saja sistem pendingin ini bisa mencakup seluruh komponen perangkat keras pada komputer Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai thermal throttling yang perlu Anda ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, throttling adalah suatu sistem yang akan menurunkan performa dari komputer apabila mencapai suhu yang tinggi. Perlu diketahui, salah satu penyebab komputer memiliki suhu yang sangat tinggi adalah komputer tersebut menerima beban kerja berat  yang kurang sesuai dengan spesifikasinya.

Selain melakukan beberapa cara mengatasi CPU throttling di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan upgrade komputer. Komputer yang terus di-upgrade dapat mendukung pekerjaan yang ada di perusahaan Anda. Jika Anda ingin melakukan upgrade komputer atau peralatan IT lainnya, tapi tidak ingin mengeluarkan biaya yang tinggi, maka Anda bisa menyewanya di Asani.

Perlu diketahui, menyewa lebih hemat daripada membeli. Dengan menyewa, Anda bisa terus menggunakan komputer atau peralatan dengan versi terbaru setiap saat. Hal tersebut tentunya jauh lebih hemat daripada membeli komputer atau peralatan tersebut setiap kali diluncurkan versi terbarunya.

Di Asani, tersedia beragam komputer dan peralatan IT versi terbaru dan tentunya berkualitas tinggi. Jika tertarik untuk menyewanya, Anda bisa melihat daftar peralatan tersebut di katalog sewa ini. Jadi tunggu apalagi? Segera minta penawaran dengan menghubungi WhatsApp kami atau kirim email ke cs@asani.co.id. Jadikan perusahaan Anda lebih produktif dengan dukungan peralatan IT canggih dari Asani.

Baca juga: Cara Cek Suhu Laptop Anti Ribet untuk Hindari Overheating

Share

Post comment

Product Enquiry