cek suhu laptop
990

Laptop adalah benda elektronik yang membutuhkan perawatan secara tepat. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemeriksaan suhu laptop. Tindakan ini perlu dilakukan untuk mencegah laptop mengalami overheat yang bisa berdampak buruk bagi kinerja perangkat laptop.

Namun, Anda tidak bisa melakukan cek suhu laptop dengan sembarang sebab perlu langkah-langkah yang tepat. Hal ini agar perangkat laptop dapat bekerja dan berfungsi secara normal. Oleh karena itu, artikel ini akan memaparkan secara detail cara cek suhu laptop Anda untuk menghindari kondisi overheat. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir!

Suhu Normal dan Maksimal Laptop

Secara umum, setiap laptop memiliki batasan suhu yang berbeda-beda karena pengaruh dari prosesor laptop. Untuk laptop, batasan maksimal suhunya adalah 75°C. Apabila laptop tersebut sudah mencapai atau bahkan melebihi batasnya, maka fungsi dan kinerjanya akan berkurang.

Laptop yang sedang tidak digunakan biasanya memiliki suhu normal sekitar 35°C – 65°C. Tetapi jika sedang digunakan, baik untuk membuka aplikasi, program, maupun game, rentang suhu normalnya adalah 65°C – 90°C. 

Selain suhu normalnya yang berbeda, suhu maksimal setiap laptop juga berbeda-beda. Apabila suhu normal laptop lebih tinggi, maka laptop akan mendapatkan suhu maksimal yang lebih tinggi pula.

Pada laptop biasa, batas maksimal suhunya yaitu 80°C. Jika sebuah laptop mencapai suhu ini, maka fungsinya tentu akan langsung berkurang dan laptop bisa mengalami blank dan macet karena suhunya yang terlalu panas. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjaga suhu laptop tetap dalam kondisi yang normal baik ketika digunakan maupun tidak untuk menghindari kondisi overheating.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Nge-blank dengan Mudah, Yuk Simak!

Cara Cek Suhu Laptop

Saat laptop Anda sudah terasa panas, maka lebih baik untuk segera mengecek suhu laptopnya. Berikut ini beberapa cara cek suhu laptop yang bisa Anda coba.

1. Melalui BIOS

BIOS (Basic Input Output System) adalah sistem bawaan dari Windows yang bisa Anda gunakan untuk mengecek suhu laptop. Anda akan mendapatkan informasi terkait suhu CPU perangkat Anda secara lengkap. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Apabila laptop sedang dalam kondisi on, maka klik shutdown terlebih dahulu untuk mematikan laptop.
  2. Kemudian hidupkan kembali laptop.
  3. Cobalah tekan F2 pada saat kondisi laptop masih belum masuk ke Windows (booting).
  4. Setelah itu, tampilan akan langsung dialihkan ke menu BIOS.
  5. Lalu, cari kolom informasi yang di dalamnya memuat informasi tentang suhu laptop.
  6. Jika sudah mendapatkan informasinya, Anda bisa keluar dari menu BIOS dengan cara menekan tombol exit.
  7. Terakhir, restart laptop Anda.

2. Gunakan Core Temp

Cek suhu laptop online bisa Anda coba dengan aplikasi core temp yang memang khusus digunakan untuk mengecek temperatur laptop, baik ketika sedang menjalankan aplikasi maupun dalam keadaan stand by. Ikuti cara cek suhu laptop menggunakan aplikasi core temp berikut.

  1. Unduh dan pasang aplikasi core temp pada laptop Anda.
  2. Setelah berhasil terpasang, buka dan jalankan aplikasi tersebut seperti biasanya.
  3. Lalu, jendela dialog pada core temp akan muncul dan Anda bisa memperoleh informasi tentang suhu laptop di bagian temperature readings.

3. Gunakan HWMonitor

Selain dua cara cek suhu laptop di atas, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi HWMonitor. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor temperatur pada GPU dan CPU laptop. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek suhu laptop dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  1. Download dan instal aplikasi HWMonitor pada laptop Anda.
  2. Setelah sukses terinstal, buka lalu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Kemudian, informasi tentang suhu laptop Anda akan muncul di jendela aplikasi.

4. Gunakan CPU Thermometer

Aplikasi berikutnya yang biasa dipakai untuk memeriksa suhu laptop adalah CPU Thermometer. Cara cek suhu laptop dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  1. Download lalu pasang aplikasi CPU Thermometer.
  2. Bukalah aplikasi tersebut dan jalankan seperti aplikasi biasanya.
  3. Kemudian, tekan bagian temperatures untuk mendapatkan informasi mengenai suhu laptop Anda.

Baca Juga: 8 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya, Catat!

Pentingnya Cek Suhu CPU

Suhu atau temperatur pada laptop adalah salah satu bagian yang memiliki peranan penting karena berhubungan dengan fungsi dan kinerja perangkat laptop. Laptop yang memiliki suhu sangat tinggi bisa ditandai dengan suara kipas laptop yang berisik karena rusak. 

Suhu yang terlalu panas bisa memicu terjadinya overheat, yaitu kondisi di mana suhu laptop meninggi akibat panas yang berlebihan. Keadaan tersebut bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti keyboard tidak berfungsi normal, suara mesin yang kencang, dan layar laptop menjadi freeze.

Suhu laptop yang terlalu panas juga bisa membuat sistem laptop dan komponen hardware menjadi rusak. Oleh karena itu, penting sekali untuk memonitor dan menjaga kestabilan suhu laptop Anda agar tidak mengalami crash, lagging, maupun mati secara mendadak. Usahakan tidak meletakkan laptop pada permukaan yang panas dan menggunakannya secara berlebihan agar suhu laptop tidak meninggi bahkan overheat.

Rekomendasi Aplikasi Cek Suhu Laptop

Pengecekan suhu laptop bisa dilakukan, baik dengan sistem bawaan maupun aplikasi tambahan yang diunduh secara online kemudian dipasang di laptop Anda. Selain aplikasi di atas, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda coba untuk mengecek suhu laptop.

1. Speccy

Aplikasi ini umumnya digunakan untuk cek suhu laptop. Selain itu, Speccy juga dapat digunakan untuk mengecek keseluruhan spesifikasi pada CPU, seperti hard disk, VGA, kapasitas RAM, dan lain sebagainya.

2. Open Hardware Monitor

Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui berbagai macam informasi mengenai GPU, CPU, dan komponen lain pada laptop secara lebih detail. Informasi tersebut mencakup berapa suhu atau temperatur pada laptop Anda.

3. Real Temp

Selain aplikasi core temp, Real Temp juga menjadi salah satu aplikasi pilihan yang digunakan untuk memeriksa suhu laptop. Dengan kapasitas yang ringan, aplikasi ini mudah dijalankan di beragam jenis laptop.

4. Speenfan

Aplikasi berikutnya adalah Speedfan. Speedfan biasa dipakai untuk cek suhu laptop dan mengontrol kecepatan kipas yang terdapat pada perangkat laptop Anda.

5. MSI Afterburner

Jika Anda ingin mengecek suhu laptop sambil tetap menjalankan aplikasi lain di laptop, maka MSI Afterburner adalah opsi yang cocok untuk Anda. Aplikasi ini bisa digunakan sambil menjalankan aplikasi desain grafis maupun bermain game sebab memang didesain khusus untuk memonitor keadaan CPU saat sedang digunakan untuk membuat aplikasi desain dan gaming.

Demikian penjelasan tentang cara cek suhu laptop secara mudah dan anti ribet yang bisa langsung Anda praktikkan sendiri. Anda bisa memeriksa suhu laptop dengan atau tanpa aplikasi tambahan apapun.

Nah, jika Anda atau bisnis Anda sedang membutuhkan peralatan elektronik maupun IT lainnya dengan performa yang mumpuni tanpa membebani finansial, maka Anda dapat menyewanya di Asani.

Tidak hanya melayani penyewaan, Asani juga akan memandu Anda dalam merawat perangkat elektronik dengan baik dan benar. Dengan menyewa peralatan di Asani, Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan dan lebih hemat. 

Asani menyediakan jasa sewa beragam peralatan IT, mulai dari PC, laptop, printer, monitor, dan lain-lain. Dapatkan produk dengan kualitas paling update dengan mengecek produk peralatan selengkapnya di katalog sewa Asani

Anda pun bisa meminta penawaran dengan menghubungi WhatsApp atau mengirim email ke cs@asani.co.id. Mari temukan solusi perangkatmu hanya di Asani!

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Penyebabnya

Share

Post comment

Product Enquiry