vram adalah
1080

Kebutuhan akan kualitas visual yang optimal, terutama untuk kebutuhan editing video dan gaming, telah menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan ketika membeli komputer. Video Random Access Memory atau VRAM adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas tersebut.

Dengan kapasitas VRAM yang mumpuni, Anda dapat menikmati pengalaman visual yang responsif dan jernih untuk menunjang segala aktivitas Anda. Di artikel ini, akan dibahas lebih detail mengenai apa itu VRAM, fungsinya, cara menambah VRAM, dan perbedaannya dengan RAM. Yuk, simak hingga akhir!

Apa itu VRAM? 

Video RAM adalah komponen memori yang terdapat pada kartu grafis atau GPU (Graphics Processing Unit). Fungsinya mirip dengan RAM, namun VRAM dikhususkan untuk menyimpan data grafis yang diolah oleh GPU.

Kegunaan utama VRAM adalah membantu mengolah dan memproses data grafis. Sebagai contoh, saat bermain game, VRAM bertanggung jawab untuk menyimpan dan memuat data yang diperlukan oleh GPU untuk menampilkan grafik yang halus dan detail.

Kapasitas VRAM bervariasi tergantung pada jenis atau tipe GPU. Ada GPU yang dilengkapi dengan VRAM berkapasitas besar, seperti 8 GB atau 16 GB, sehingga memungkinkan pengolahan grafis yang lebih kompleks dan performa lebih baik dalam penggunaan aplikasi atau game yang berat.

Fungsi VRAM 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fokus VRAM adalah menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan gambar dan grafis, seperti warna, detail, dan tekstur. Pertama, VRAM membantu kartu grafis mendapatkan akses cepat ke data yang diperlukan untuk menampilkan gambar. 

Kemudian, VRAM juga membantu meningkatkan kualitas gambar yang Anda lihat di layar. Semakin banyak dan lebih cepat VRAM-nya, semakin baik, halus, detail, dan realistis kualitas gambar yang Anda lihat.

Cara Menambah VRAM 

Sebelum mengetahui cara menambah VRAM, penting juga untuk mengetahui kapasitas VRAM yang Anda miliki saat ini agar dapat diketahui apakah VRAM perangkat Anda memerlukan peningkatan atau tidak. Cara cek VRAM adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog “Run“.
  2. Ketik “dxdiag” di kotak dialog dan tekan Enter.
  3. Jendela “DirectX Diagnostic Tool” akan muncul.
  4. Pilih tab Display“.
  5. Di bagian “Device“, Anda akan melihat informasi tentang VRAM yang tersedia.

Apabila dirasa perlu peningkatan, maka beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah ukuran VRAM adalah sebagai berikut.

1. Upgrade RAM

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kapasitas VRAM adalah dengan melakukan upgrade RAM pada komputer Anda. Hal ini karena sebagian dari memori grafis (VRAM) diambil dari memori RAM. Jadi, dengan meningkatkan kapasitas RAM, Anda secara tidak langsung juga akan meningkatkan VRAM.

Misalnya, jika Anda menambah RAM dari 4GB menjadi 8GB, bagian dari peningkatan tersebut akan dialokasikan sebagai VRAM. Dengan demikian, sistem akan memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan data grafis yang diperlukan oleh GPU untuk menampilkan gambar dengan lebih lancar dan detail.

Baca juga: Panduan Cara Upgrade RAM Laptop dan Pemilihan Jenisnya

2. Mengatur VRAM Melalui Registry Windows

Mengatur VRAM melalui Registry Windows adalah opsi lain yang memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan VRAM. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka kotak dialog Run, lalu ketik “regedit” dan tekan Enter. Ini akan membuka Registry Editor, tempat Anda dapat mengatur sistem Windows.
  2. Pada Registry Editor, Anda akan melihat daftar folder dan kunci registry. Telusuri ke HKEY_LOCAL_MACHINE > Software.
  3. Klik kanan pada folder yang sesuai dengan nama kartu grafis Anda, lalu pilih opsi untuk membuat kunci baru. Beri nama kunci baru ini sebagai “GMM”.
  4. Pada kunci “GMM” yang baru saja Anda buat, klik kanan di area kosong, pilih New > DWORD (32-bit) Value. Beri nama sebagai “DedicatedSegmentSize”. 
  5. Klik dua kali pada “DedicatedSegmentSize”, lalu masukkan nilai VRAM yang Anda inginkan dalam Megabyte (MB). Misalnya, untuk menetapkan 1 GB VRAM, atur nilai menjadi 1024.
  6. Setelah Anda mengatur nilai VRAM, klik OK untuk menyimpan perubahan. Kemudian, restart komputer Anda agar pengaturan yang baru diterapkan.

3. Meningkatkan VRAM Melalui BIOS

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat meningkatkan kapasitas VRAM melalui BIOS sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Hidupkan laptop atau komputer Anda.
  2. Saat komputer booting, tekan tombol F1, F2, F11, F12, atau tombol Del. Ini akan membawa Anda ke menu pengaturan BIOS.
  3. Di dalam menu BIOS, cari opsi yang terkait dengan pengaturan VRAM. Pengaturan ini biasanya berada di bawah menu, seperti Configuration, Chipset Configuration, Video, atau yang serupa.
  4. Setelah menemukan pengaturan yang tepat, cari opsi untuk menambah ukuran VRAM. Atur jumlah memori yang dialokasikan dalam ukuran MB (Megabyte) atau GB (Gigabyte).
  5. Setelah Anda menyesuaikan ukuran VRAM sesuai kebutuhan, pastikan untuk menyimpan pengaturan dengan menekan tombol “Save Changes and Exit” atau sejenisnya.
  6. Terakhir, restart komputer Anda agar perubahan yang Anda buat dapat diterapkan. Setelah booting kembali, komputer akan menggunakan kapasitas VRAM yang sesuai dengan pengaturan BIOS sebelumnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik dan Harganya

Perbedaan VRAM dan RAM

Dengan mengetahui perbedaan antara VRAM dan RAM, Anda akan lebih mudah memahami peran masing-masing jenis memori dalam kinerja komputer, baik untuk penggunaan umum maupun untuk aplikasi grafis, seperti gaming atau desain grafis.

1. PerbedaanFungsi

Fungsi VRAM adalah untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh GPU. Data yang disimpan di VRAM lebih berfokus pada gambar dan grafis yang akan ditampilkan di layar komputer, seperti texture dan frame buffer. VRAM membantu GPU menampilkan visual dengan cepat dan efisien.

Sementara itu, RAM berfungsi untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh CPU (Central Processing Unit). Data yang disimpan meliputi aplikasi yang sedang berjalan, software, game, dan berbagai data lainnya yang digunakan komputer saat itu. RAM sangat memengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan

2. Perbedaan Lokasi

VRAM dipasang di kartu grafis (VGA card) yang terhubung ke GPU. Kartu grafis ini juga terhubung ke motherboard, tetapi VRAM itu sendiri terletak langsung di kartu grafis tersebut. Sedangkan RAM dipasang di slot khusus pada motherboard komputer. Biasanya, komputer memiliki beberapa slot RAM sehingga Anda bisa menambah kapasitas RAM.

3. Perbedaan Bentuk

VRAM berbentuk seperti chip kecil yang terpasang langsung di kartu grafis. VRAM tidak terlihat secara langsung kecuali kita membuka kartu grafisnya. RAM sendiri berbentuk seperti papan kecil panjang dengan beberapa chip hitam yang terpasang di atasnya. Jumlah chip ini bisa bervariasi tergantung pada kapasitas RAM. Misalnya, RAM 4GB mungkin memiliki dua atau empat chip.

4. Perbedaan Satuan Ukuran

VRAM diukur dalam satuan bit per pixel. Ini menentukan seberapa banyak data grafis yang bisa disimpan dan seberapa cepat data tersebut bisa diakses oleh GPU. Semakin besar ukuran bit, semakin baik kualitas grafis yang bisa ditampilkan. Sementara RAM diukur dalam satuan gigabyte (GB). Semakin besar kapasitas RAM, maka komputer bisa menjalankan lebih banyak aplikasi atau proses secara bersamaan.

Demikian informasi mengenai apa itu VRAM, fungsinya, cara menambah VRAM, dan perbedaannya dengan RAM. Berdasarkan pemaparan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa memiliki VRAM yang mumpuni akan memberikan Anda pengalaman visual yang lebih baik, entah itu untuk keperluan gaming, editing video, desain grafis, maupun aktivitas lainnya. Namun, memperbarui komponen komputer sering kali memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan performa komputer tanpa harus mengeluarkan biaya besar, pertimbangkan untuk menyewa perangkat dengan VRAM tinggi di Asani. Dengan menyewa di Asani, Anda dapat menikmati perangkat IT terbaru dengan performa tinggi tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk pembelian atau upgrade.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lihat produk kami di katalog sewa Asani dan minta penawaran melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id. Tingkatkan performa komputer kantor Anda bersama Asani sekarang juga!

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis 2023, Lengkap!

Share

Post comment

Product Enquiry