spek komputer server
10

Memilih spek komputer server yang ideal merupakan hal menantang dan membingungkan, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan teknologi server.  

Namun, memilih spek tepat dan ideal juga bisa memberikan banyak manfaat, termasuk kecepatan sistem operasi yang baik, akses data lebih cepat, penghematan biaya, serta keandalan lebih tinggi.

Sebelum membahas lebih jauh seputar spesifikasi apa saja yang harus diperhatikan pada server, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dan fungsinya terlebih dahulu.

Berikut ulasan lengkap seputar spek komputer server yang harus Anda ketahui.

Pengertian Komputer Server  

Komputer server adalah sebuah komputer yang digunakan untuk menyimpan data serta menjalankan aplikasi, dan dapat diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan melalui jaringan.  

Sementara itu, pengertian server sendiri adalah sebuah perangkat keras atau perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas tertentu dalam sebuah jaringan, seperti pengelolaan file, email, database, atau web hosting.  

Kemudian, server dapat diakses oleh banyak pengguna secara bersamaan melalui klien (client), seperti komputer, laptop, atau perangkat mobile yang terhubung dengan jaringan sama.  

Oleh sebab itu, komputer server biasanya memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada komputer biasa, untuk menangani beban kerja yang lebih besar.

Lantas, apa saja syarat komputer dapat menjadi server? Dan, spesifikasi apa saja yang harus diperhatikan pada server? Temukan jawabannya pada ulasan setelah ini!

Fungsi Komputer Server

Fungsi utama dari komputer server adalah menyediakan layanan dan sumber daya bagi pengguna atau perangkat yang terhubung dengan jaringan.  

Namun, di samping itu terdapat fungsi lain dari komputer server, di antaranya yaitu:

1. Menyimpan dan mengelola data

Komputer server digunakan untuk menyimpan dan mengelola data seperti dokumen, gambar, video, atau informasi lainnya.

2. Menyediakan aplikasi

Kemudian, spek komputer server juga berfungsi sebagai penyedia berbagai aplikasi bagi pengguna yang terhubung dengan jaringan, seperti untuk keperluan bisnis dan akademik.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergerak Sendiri, Mudah!

3. Mengatur hak akses  

Selanjutnya, komputer server juga bisa digunakan untuk mengatur hak akses pengguna terhadap data dan aplikasi yang disimpan di dalamnya.  

Dengan demikian, pengguna hanya bisa mengakses data dan aplikasi yang diizinkan oleh administrator.

4. Meningkatkan keamanan  

Lalu yang terakhir, komputer server berfungsi untuk meningkatkan keamanan jaringan dengan cara memonitor akses pengguna, mencegah serangan malware, dan menerapkan kebijakan keamanan ketat.

Jenis-Jenis Komputer Server

Setiap jenis server memiliki fungsinya masing-masing dan digunakan tergantung pada kebutuhan organisasi atau perusahaan.  

Oleh karena itu, pemilihan jenis server yang tepat sangat penting untuk memastikan jaringan atau sistem dapat berjalan dengan efisien dan efektif.

Adapun beberapa jenis komputer server, antara lain yaitu:

1. Web Server

Jenis komputer server pertama adalah web server, yang biasa digunakan untuk menyimpan serta mengelola halaman web dan konten lainnya diakses melalui internet.  

Spek komputer server jenis ini, juga sering digunakan untuk menangani permintaan HTTP dari klien dan mengirimkan respons berupa halaman web.

2. Application Server

Jenis komputer server berikutnya adalah application server, yang berfungsi untuk menyediakan aplikasi bagi pengguna dengan bantuan koneksi internet.  

Application server biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi dengan kompleksitas tinggi, serta membutuhkan akses ke banyak sumber daya yang terdistribusi.  

Dalam beberapa kasus, aplikasi web yang berbasis server-side (seperti aplikasi web e-commerce) juga dijalankan melalui application server.

3. Mail Server

Selanjutnya, untuk jenis komputer server yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola email disebut dengan mail server.  

Umumnya, mail server digunakan sebagai media pengiriman dan penerimaan email dari dan untuk klien.

4. File Transfer Protocol Server

Kemudian, jenis komputer server lainnya adalah Protokol Transfer Berkas atau FTP server.

FTP server adalah jenis komputer server yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola file melalui protokol FTP.  

Selain itu, jenis komputer server ini juga digunakan untuk menangani permintaan pengguna untuk mengakses file yang disimpan di dalamnya.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Laptop Black Screen, Kenali Penyebabnya!

5. File Server

Jenis komputer server terakhir adalah file server, yang berfungsi sebagai penyimpan dan pengelola file oleh pengguna terhubung dengan bantuan jaringan.  

Biasanya, file server juga digunakan untuk mengatur hak akses pengguna terhadap file yang disimpan di dalamnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Spek Komputer Server

Sebelum mengetahui spek komputer server apa saja yang harus dimiliki, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut, di antaranya yaitu:

1. Kebutuhan Aplikasi

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui jenis aplikasi apa yang akan dijalankan pada server. Sebab, setiap aplikasi memiliki kebutuhan spesifik dalam hal CPU, RAM, dan penyimpanan.

Sebagai contoh, jika server digunakan untuk menjalankan aplikasi berat seperti basis data, maka CPU yang kuat dan RAM besar sangat diperlukan.  

Namun, jika server hanya digunakan untuk menyimpan file dan dokumen, maka penyimpanan yang besar lebih dibutuhkan daripada CPU atau RAM.

2. Jumlah Pengguna

Selanjutnya, jumlah pengguna juga harus dipertimbangkan dalam memilih spek komputer server.  

Hal ini dikarenakan, semakin banyak pengguna yang akan mengakses server, maka semakin kuat pula kebutuhan CPU dan RAM.  

Jika server akan digunakan oleh banyak pengguna, maka kecepatan akses dan respon harus dipertimbangkan agar tidak ada gangguan, seperti waktu tunggu yang lama.

3. Biaya

Terakhir, biaya juga menjadi faktor yang harus Anda perhatikan saat memilih spek komputer server.  

Harga CPU, RAM, dan penyimpanan yang lebih tinggi tentunya akan lebih mahal. Namun, harga dan spek komputer server yang paling mahal tidak selalu memberikan performa terbaik.  

Akan tetapi, jika untuk sebatas keperluan gaming, Anda bisa menggunakan spek komputer murah, seperti AMD Ryzen 5 2600 dengan kisaran harga 7 jutaan.

Untuk itu, pilihlah spek komputer server yang tepat dengan kebutuhan aplikasi dan jumlah pengguna, serta sesuai dengan anggaran Anda.

Tips Memilih Spek Komputer Server yang Ideal

Selanjutnya, untuk mengetahui apa saja syarat komputer dapat menjadi server, dan spesifikasi apa yang perlu diperhatikan oleh pengguna, Anda bisa mengikuti beberapa tips seperti:

1. CPU atau Prosesor

CPU atau prosesor merupakan otak dari komputer server. Semakin kuat CPU, maka semakin cepat server dapat menjalankan aplikasi dan memproses data.  

Oleh karena itu, pilihlah CPU yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan jumlah pengguna, misalnya CPU dengan tingkat core tinggi, seperti Core i7 atau seterusnya.

Namun, untuk spek komputer diskless (komputer tanpa hard disk), Anda bisa menggunakan dual core sebagai minimum prosesor.

2. RAM

Berikutnya, RAM atau Random Access Memory juga tak kalah penting dalam menjalankan aplikasi dan menyimpan data di server.  

Semakin besar RAM, maka semakin banyak data yang dapat disimpan.  

Oleh sebab itu, pilihlah RAM cukup untuk menjalankan aplikasi dan jumlah pengguna yang diinginkan.

3. Ukuran Penyimpanan

Ukuran penyimpanan sangat penting dalam menyimpan data pada server.  

Pilihlah ukuran penyimpanan yang sesuai dengan jumlah data, baik saat ini maupun perkiraan di masa mendatang.  

Sebaiknya, gunakan teknologi penyimpanan yang sesuai seperti hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD).

Baca juga: 7 Cara Cas Laptop yang Benar Agar Tak Cepat Rusak, Yuk Coba!

4. Keamanan

Terakhir, agar bisa dapat memenuhi spek komputer server, Anda harus memastikan bahwa komputer yang Anda pilih memiliki tingkat keamanan memadai.

Hal ini dikarenakan, keamanan server sangat penting untuk melindungi data dan informasi yang disimpan pada server.  

Terutama untuk spek komputer kantor, pastikan Anda memilih komputer yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewalls, antivirus, dan sistem enkripsi.  

Pastikan juga, server dilindungi dengan kata sandi dan jangan lupa untuk mem-backup data secara teratur.  

Selain itu, pembaruan keamanan dan patch juga harus dilakukan secara berkala, untuk menghindari celah keamanan pada server.

Nah, itulah pembahasan seputar fungsi, jenis, dan tips memilih spek komputer server yang ideal.

Dengan memilih spek komputer server yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa server berjalan dengan baik dan memberikan dukungan penuh untuk bisnis.  

Namun, sebelum menyewa atau membeli komputer server, pastikan Anda bertemu dengan penyedia layanan perangkat IT yang terpercaya, seperti Asani.

Asani merupakan perusahaan jasa penyedia, pengelola, dan perawatan berbagai macam perangkat IT perusahaan.

Segera hubungi tim Asani, dan dapatkan penawaran terbaru seputar layanan perangkat IT sekarang!

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Malware pada Laptop yang Bisa Dicoba

Post comment

Product Enquiry