cara melihat mac address laptop
Tips & TrickDiposting: 14 July 2024 | Diperbarui: 14 July 2024
5320

Penting untuk mengetahui cara melihat MAC address laptop apabila hendak menghubungkan laptop tertentu ke dalam sebuah jaringan. MAC address berfungsi sebagai identitas suatu perangkat. Maka dari itu, MAC address masing-masing perangkat tidak akan sama.

Sebagai contoh, Anda bisa membedakan laptop gaming dengan tipe yang sama dari MAC address yang dimiliki masing-masing laptop. Selain itu, dengan adanya MAC address data yang dikirimkan secara online bisa sampai di tujuan yang tepat. Bagi Anda yang masih belum tahu cara melihat alamat MAC address laptop, simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu MAC Address?

Sebelum melanjutkan ke pembahasan cara melihat alamat MAC laptop, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu MAC address. Media Access Control atau lebih dikenal dengan MAC address adalah kode yang berupa 12 karakter alfanumerik yang berfungsi sebagai identitas suatu perangkat elektronik dalam jaringan komputer. 

Penyebutan MAC address pada setiap perangkat biasanya berbeda-beda, ada yang menyebutnya sebagai Ethernet Address, Physical Address, atau Hardware Address. Namun, pada intinya sebutan-sebutan tersebut merujuk pada satu hal yang sama, yakni MAC address.

MAC address sering kali disama artikan dengan IP address. Padahal, kedua hal tersebut berbeda. MAC address berfungsi sebagai identitas suatu perangkat, sedangkan IP address berfungsi untuk melakukan identifikasi tujuan komunikasi jaringan. Selain itu, IP address dapat berubah-ubah, sedangkan MAC address tidak dapat berubah atau bersifat permanen.

Fungsi MAC Address

Selain menjadi identitas dari masing-masing perangkat, MAC address juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Adapun beberapa fungsi MAC address adalah sebagai berikut.

1. Penyaringan pada Jaringan

Dengan menggunakan MAC address, Anda bisa melakukan pencegahan masuknya perangkat asing ke dalam jaringan Anda. Ketika suatu MAC address dari perangkat tidak diberikan akses, maka perangkat tersebut tidak akan bisa masuk ke dalam jaringan. Dengan begitu, perangkat tersebut tidak akan bisa masuk ke jaringan Anda meski alamat IP-nya berubah-ubah.

Baca juga: 10 Urutan Processor Laptop Terbaik dari Intel dan AMD

2. Membantu Proses Identifikasi Perangkat Curian

MAC address dari masing-masing perangkat berbeda-beda meskipun tipe dari perangkat tersebut sama persis. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengidentifikasi perangkat yang telah diterima. Perusahaan bisa mengidentifikasi keaslian dari perangkat yang diterima dengan melihat MAC address yang diberikan penyedia perangkat.

3. Mencari Lokasi Geografis Perangkat

Salah satu fungsi dari MAC address ini sering kali digunakan pihak kepolisian untuk melacak keberadaan seseorang melalui perangkat yang sedang digunakan. Ketika sebuah perangkat terhubung ke dalam koneksi jaringan, maka pihak kepolisian dapat melacak MAC address dari perangkat tersebut dan melihat lokasi tempatnya melakukan koneksi. 

Cara Melihat MAC Address Laptop

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Media Access Control atau lebih dikenal dengan MAC address memiliki fungsi sebagai identitas suatu perangkat. Identitas tersebut akan berguna ketika perangkat hendak dihubungkan ke dalam suatu jaringan. Bagi Anda yang masih belum tahu cara melihat MAC address laptop, simak beberapa caranya berikut ini.

1. Cara Melihat MAC Address Laptop Windows 7

Jika laptop yang digunakan masih menggunakan Windows 7, maka Anda bisa mengikuti cara melihat MAC address laptop Windows 7 ini. Adapun cara melihat MAC address laptop Windows 7 yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke menu Control Panel dengan menekan tombol windows pada papan ketik, kemudian pilih menu Control Panel.
  2. Langkah selanjutnya, klik menu Network and Sharing Center.
  3. Setelah berhasil masuk ke menu Network and Sharing Center, pilih opsi Wireless Network Connection (TP-LINK) pada menu Access Type Connection.
  4. Setelah tampilan jendela Wireless Network Connection muncul, pilih opsi Detail.
  5. Lalu, setelah jendela opsi Detail tersebut muncul, Anda bisa melihat alamat MAC adress pada bagian Physical Address.

Baca juga: 4 Jenis Processor yang Bagus untuk Laptop & Tips Memilihnya

2. Cara Melihat MAC Address Laptop Melalui Command Prompt

Selanjutnya, jika laptop sudah menggunakan Windows 10, maka Anda bisa menggunakan cara melihat MAC address laptop Windows 10 melalui command prompt. Command prompt merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk melihat MAC address laptop. Adapun cara melihat MAC address melalui command prompt adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke menu pencarian dan ketik Command Prompt untuk mengakses fitur tersebut.
  2. Setelah jendela Command Prompt muncul, ketik ipconfig/all lalu tekan tombol enter di keyboard.
  3. Ketika jendela informasi sudah muncul, Anda bisa melihat alamat MAC address laptop dengan mencari bagian Physical Address.

3. Cara Melihat MAC Address Laptop Melalui Taskbar

Cara melihat MAC address laptop selanjutnya adalah melalui taskbar. Taskbar merupakan bagian berbentuk persegi panjang yang pada umumnya berada di bagian bawah layar laptop dan berisi beberapa ikon dari aplikasi maupun fitur-fitur yang tersedia. Adapun cara melihat MAC address laptop melalui taskbar adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, cari ikon Network yang biasanya berada di samping jam pada taskbar. Lalu, klik kiri ikon tersebut.
  2. Setelah itu, cari opsi Properties kemudian klik kiri untuk masuk ke jendela pengaturan jaringan.
  3. Setelah jendela pengaturan jaringan keluar, scroll ke bawah kursor sampai menemukan bagian Physical Address. Alamat MAC address tertera di samping tulisan Physical Address tersebut.

4. Cara Melihat MAC Address Laptop MacBook

Perlu diketahui, pada laptop yang menggunakan Windows dan Macbook memiliki pengaturan yang berbeda. Maka dari itu, terdapat perbedaan cara cek MAC address laptop Windows dengan Macbook. Jika menggunakan MacBook, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, masuk ke menu dengan klik kiri pada logo Apple. Logo tersebut pada umumnya terletak di bagian pojok kiri atas layar.
  2. Setelah berhasil masuk ke menu, klik kiri pada menu System Preferences.
  3. Lalu, klik menu View, kemudian pilih opsi Network.
  4. Setelah jendela Network sudah muncul, klik ikon Wi-Fi.
  5. Anda bisa melihat MAC address laptop tersebut pada kolom Wi-Fi Address.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang cara melihat MAC address laptop. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan adanya MAC address Anda jadi bisa mengontrol perangkat apa saja yang bisa terhubung ke jaringan kantor atau perusahaan. Bagi Anda yang membutuhkan perangkat IT berkualitas dengan tipe terbaru untuk mendukung produktivitas perusahaan, Anda bisa menyewanya di Asani.

Perlu diketahui, menyewa lebih hemat daripada membeli. Dengan menyewa, Anda bisa menggunakan perangkat IT dengan tipe terbaru tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak. Hal tersebut tentunya jauh lebih hemat daripada terus membeli perangkat IT setiap kali ada tipe terbaru diluncurkan.

Asani menyewakan berbagai perangkat IT berkualitas dengan tipe terbaru yang bisa Anda lihat di katalog sewa ini. Jika tertarik untuk menyewa, langsung saja hubungi kami melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id. Ayo dukung produktivitas perusahaan Anda dengan berbagai perangkat IT berkualitas dari Asani.

Baca juga: Cara Ganti Processor Laptop dengan Mudah & Aman, Yuk Simak!

Share

Post comment

Product Enquiry