webcam adalah
60

Kamu sudah lama menggunakan laptop tapi belum tahu apa itu webcam?  Web camera atau disingkat webcam adalah alat bantu berupa kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop untuk menangkap gambar secara live.

Yup, salah satu cara agar resolusi kamera laptop bagus saat on cam, ketika melakukan kegiatan secara online adalah dengan menggunakan bantuan webcam.  

Seperti pada masa pandemi, di mana seluruh kegiatan dilakukan secara online, banyak orang yang menggunakan webcam untuk meeting atau kelas daring.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara kerja kamera tersebut pada laptop dan berapa harga webcam di pasaran? Untuk menjawabnya, yuk simak pembahasannya berikut!

Baca juga: Prosesor, Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu Webcam?

Web camera atau webcam adalah alat berupa kamera digital yang dipasangkan ke laptop atau komputer melalui USB, port COM, atau dengan jaringan internet dan Wi-Fi.  

Webcam bisa mengirimkan gambar atau video secara live ke manapun dan biasanya digunakan untuk meeting atau online class menggunakan internet.

Web camera jadi alternatif bagi sebagian orang yang memiliki laptop atau komputer dengan kamera bawaan tidak terlalu bagus.

Yup, biasanya hasil gambar dari webcam cenderung lebih jernih. Namun, jelas atau tidaknya tergantung dari merk dan harga dari produk itu sendiri.

Berikut list harga webcam di tahun 2023 yang dilansir dari sejumlah e-commerce.

  1. Ausdom Webcam AW615 (Rp350.000). Tipe Wi-Fi, resolusi 1920 x 1080 pixels (px).
  2. Aukey PC-LM1E (Rp354.000). Tipe USB webcam, resolusi 1920 x 1080 px.
  3. MTech Web-100 (Rp95.000). Tipe USB, resolusi 750 px.
  4. MIXIO F11 Pro (Rp302.000). Tipe USB webcam, resolusi 2560 x 1140 px.
  5. Logitech Webcam C170 (Rp183.000). Tipe USB, resolusi 1024 x 768 px.
  6. Fantech Lumious C30 Webcam (Rp279.000). Type USB, resolusi 2560 x 1440 px.
  7. Logitech C525 (Rp624.000). Tipe USB, resolusi 720 px.
  8. Logitech PTZ Pro (Rp7.990.000). Tipe USB, resolusi 1920 px.
  9. Logitech Connect (Rp6.4999.009). Tipe Wi-Fi, resolusi 1080 px.
  10. Logitech Group (Rp14.480.009). Tipe Wi-Fi, resolusi 1920 px.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Mouse yang Tidak Bisa Bergerak, Efektif!

Jenis-jenis Webcam

Setelah memahami apa itu webcam, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Sebelum memutuskan untuk membeli webcam, ada baiknya Anda mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa memilih webcam sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Adapun beberapa jenis webcam adalah sebagai berikut.

1. Webcam USB

Sesuai namanya, jenis USB adalah webcam yang menggunakan bantuan port USB untuk dihubungkan melalui laptop atau komputer.

USB webcam juga memiliki fasilitas Plug and Play (PnP), sehingga dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan laptop.

2. Firewire Webcam

Dari jenis-jenis lainnya, firewire webcam adalah salah satu yang memiliki harga termahal karena fiturnya lebih lengkap.

Fitur yang tersedia dari firewire webcam adalah video capture device, yang dapat menghasilkan gambar dengan frame rate tinggi, antara 24 hingga 30 fps.

3. Network and Wireless Webcam

Network and wireless camera merupakan jenis webcam yang disambungkan melalui modem, sehingga tidak perlu kabel untuk menghubungkannya ke laptop.

Wireless webcam bahkan bisa digunakan tanpa harus dihubungkan ke laptop, sehingga gambar langsung terhubung ke jaringan dari modem.

Fungsi Webcam

Pada awalnya, webcam adalah jenis kamera yang terdiri dari lensa, papan sirkuit untuk menghubungkan komponen elektronik, serta casing.

Seiring teknologi yang semakin berkembang, webcam mulai banyak variasinya hingga banyak menawarkan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Oleh karena itu, web camera semakin populer digunakan dalam era digital saat ini, webcam sendiri memiliki sejumlah fungsi, seperti:

1. Kegiatan Kelas Daring

Saat masa pandemi, seluruh kegiatan dialihkan dengan jarak jauh, sehingga webcam gencar dicari oleh sebagian orang.

Yup, mengingat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, biasanya guru menganjurkan muridnya untuk mengaktifkan kamera saat kelas berlangsung.

Oleh karena itu, webcam adalah bantuan alternatif bagi para guru dan murid agar wajah yang ditampilkan dalam kamera lebih jelas.

Baca juga: Perangkat Kerja untuk Karyawan WFH dan WFO (Hybrid)

2. Meeting Kerja Online

Selain kelas daring, fungsi webcam adalah digunakan sebagai meeting kerja secara online.

Sama seperti belajar secara online, meeting pekerjaan terkadang juga perlu menampilkan muka secara jelas agar komunikasi lebih efektif dilakukan.

Maka dari itu, webcam juga dimanfaatkan oleh sebagian orang yang hingga kini masih Work From Anywhere (WFA) atau bekerja di mana pun dengan jarak jauh.

3. Video Call

Selanjutnya, fungsi webcam adalah agar menghasilkan gambar yang jernih saat melakukan video call.

Tak hanya melalui handphone, video call juga dapat dilakukan dari laptop, dengan menggunakan aplikasi seperti Telegram, WhatsApp, Skype, dan lainnya.

Dengan begitu, banyak orang memanfaatkan webcam untuk menciptakan video yang jelas saat sedang berada dalam panggilan.

4. Live Streaming Gaming atau Content

Selain video call, fungsi webcam adalah untuk live streaming di beberapa platform video seperti YouTube.

Webcam populer di kalangan gamers dan content creator karena dapat membantu menciptakan gambar atau video secara real time.  

Webcam adalah jenis kamera yang sudah memiliki banyak fitur canggih dan mudah untuk digunakan, tak heran jika digital kamera satu ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan content live streaming.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop tanpa Aplikasi

Cara Kerja Webcam

Sebenarnya cara kerja webcam adalah sama seperti kamera digital pada umumnya, namun karena menggunakan bantuan internet, penggunaannya lebih cepat dan fleksibel.

Berikut adalah beberapa cara kerja webcam yang perlu Anda ketahui.

  • Cara kerja webcam adalah untuk menangkap foto ataupun video, karena memanfaatkan jaringan internet, canggihnya kamera ini dapat mengirimkan gambar dengan real-time.
  • Kemudian webcam memiliki sistem penangkap cahaya. Lensa kamera yang dipasang pada bagian microchip dengan teknologi Charge Couple Device (CDC), sebagai penerima gambar.
  • Hasil jepretan yang diterima dapat diolah secara digital, sehingga bisa langsung disebarluaskan melalui internet.

Sudah Tahu Apa itu Webcam?

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa itu webcam kan? Itulah penjelasan informasi mengenai webcam.

Sebagai salah satu digital kamera dengan hasil jernih, webcam adalah alat yang cocok untuk memaksimalkan hasil gambar pada laptop.  

Untuk itu, jika Anda tertarik untuk menggunakan webcam di kantor, biasanya memerlukan biaya yang lebih jika membeli produk barunya.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi kamera yang tinggi untuk di kantor.

Sewa Laptop Berkualitas Hanya di Asani!

Tak perlu khawatir, karena sekarang perusahaan Anda bisa menyewanya melalui Asani.  

Dengan menyewakannya di Asani, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

  • Perangkat IT lengkap. Asani adalah perusahaan yang menyediakan jasa sewa perangkat IT murah dan berkualitas, seperti laptop, PC, dan perangkat lainnya.    
  • Memberikan layanan konsultasi. Asani menyediakan layanan sewa perangkat IT yang termasuk konsultasi dengan IT Expert   serta IT Asset Management untuk pengelolaan perangkat IT perusahaan Anda.
  • Tidak ada biaya tambahan dan minimum penyewaan. Anda dapat langsung melakukan sewa laptop untuk perusahaan Anda.

Yuk, langsung saja segera daftarkan perusahaan Anda dengan minta penawaran pada website Asani atau hubungi tim kami melalui Official WhatsApp Asani.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Malware Pada Laptop

Post comment

Product Enquiry