aplikasi absensi karyawan
8800

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, banyak perusahaan mulai beralih menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web.

Pasalnya, hal tersebut mempermudah sekaligus mempercepat proses pendataan kehadiran karyawan dalam perusahaan.

Bukan cuma itu, sejumlah aplikasi absensi karyawan juga memiliki berbagai fitur yang membantu kegiatan HRD company menjadi lebih efektif dan efisien.

Lantas, apa saja rekomendasi aplikasi perkantoran online untuk absensi karyawan? Yuk, langsung saja simak artikel berikut sampai habis!

Tips Memilih Aplikasi Absensi Karyawan

Memilih aplikasi absensi karyawan bisa menjadi cukup sulit mengingat ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk dapat memberikan manfaat terbaik.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih aplikasi absensi karyawan terbaik.

1. Biaya yang Terjangkau

Tips memilih aplikasi absensi karyawan yang pertama adalah cari software dengan harga yang terjangkau.

Cari aplikasi yang memberikan nilai tanpa harus mengeluarkan uang banyak, karena tidak semua yang baik harus mahal.

Lakukan riset dan bandingkan harga untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi perusahaan Anda.

2. Keamanan Data

Keamanan data perusahaan dan karyawan adalah prioritas. Pastikan aplikasi absensi yang dipilih memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan.

Hindari aplikasi kurang terpercaya yang bisa mengancam keamanan data perusahaan Anda.

3. Fitur Tambahan

Banyak aplikasi absensi karyawan yang memiliki fitur untuk membantu manajemen sumber daya manusia seperti gaji, jadwal, event, dan lainnya.

Memilih aplikasi yang bisa menjalankan banyak fungsi akan memberikan manfaat ekstra.

4. Akses yang Mudah

Pastikan aplikasi absensi karyawan yang dipilih mudah untuk diakses. Jika aplikasinya sulit digunakan, tentu akan menghambat pekerjaan karyawan dan membuang uang.

Sebaiknya, pilih aplikasi yang kompatibel dengan Android dan IOS jika memungkinkan untuk memudahkan karyawan.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan

Dibandingkan dengan pemakaian sidik jari atau dengan cara manual, penggunaan aplikasi absensi karyawan lebih direkomendasikan.

Mulai dari kemudahannya, biaya yang relatif lebih rendah, sistem otomatis, dan keakuratan pengolahan data adalah kelebihan penggunaan aplikasi absensi karyawan.

Aplikasi absensi karyawan saat ini sudah semakin banyak pilihannya. Nah, berikut ini rekomendasi terbaik untuk kantor Anda.

1. AbsenKu

AbsenKu adalah aplikasi absensi karyawan yang memiliki fungsi untuk mencatat kehadiran karyawan.

Aplikasi ini juga bisa diakses melalui PC dan smartphone, serta memiliki fitur menarik seperti pengingat ulang tahun karyawan, berita terbaru tentang hari libur dan juga cuti.

Penggunaan aplikasi ini bisa secara gratis dengan fitur mengelola hingga 20 karyawan, dan untuk versi berbayar mendukung 20 sampai dengan 250 pekerja.

Harganya bervariasi, mulai dari Rp250 ribu hingga Rp800 ribu. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store.

2. Tanda

Tanda adalah aplikasi absensi karyawan yang dapat membantu perusahaan mengatur jam kerja dengan mudah.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur penting seperti pencatatan jam kerja, lokasi GPS, pengaturan shift yang fleksibel, notifikasi jadwal, dan laporan produktivitas.

Salah satu fitur uniknya adalah karyawan bisa mengajukan cuti langsung melalui aplikasi ini.

Selain itu, Tanda juga bisa terhubung dengan sistem manajemen sumber daya manusia perusahaan Anda, yang membuat pengelolaan data karyawan menjadi lebih efisien.

Tentunya, aplikasi ini membantu perusahaan menghemat waktu dalam mengelola absensi karyawan, meningkatkan produktivitas, dan menjaga kedisiplinan tim.

Baca juga: 15 Rekomendasi Aplikasi CRM di Indonesia untuk Segala Bisnis

 

3. KaryaOne

Aplikasi absensi karyawan offline gratis selanjutnya adalah KaryaOne yang bisa digunakan baik melalui smartphone ataupun PC.

KaryaOne memiliki banyak fitur, salah satunya adalah Multi Shifts yang berfungsi untuk mempermudah manajer dalam membuat jadwal kerja sesuai dengan jam operasional perusahaan.

Cara menggunakan aplikasi KaryaOne sangat mudah, karena dilengkapi oleh panduan untuk membantu Anda memahami fitur-fitur di dalamnya.

4. Waktoo

Waktoo adalah aplikasi absensi karyawan online gratis yang membantu perusahaan dalam mengatur kehadiran dengan efisien dan juga mendukung manajemen sumber daya manusia.

Aplikasi ini memungkinkan karyawan mencatat kehadiran mereka melalui smartphone atau perangkat lainnya.

Ada beberapa fungsi yang ditawarkan aplikasi ini seperti pencatatan absensi karyawan, rekrutmen, analisis kinerja, pengelolaan payroll, mengirim email, manajemen tugas, dan pembuatan invoice

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan layanan pembuatan website, sistem informasi, dan aplikasi mobile. Anda dapat mencoba fitur ini gratis hanya dengan mendaftar di aplikasinya.

5. Gadjian

Aplikasi absensi karyawan selanjutnya adalah Gadjian yang memiliki fitur untuk membantu perusahaan memantau pola kerja karyawan secara otomatis, termasuk shift dan roster.

Seperti aplikasi lainnya, Gadjian juga terhubung dengan perhitungan penggajian karyawan.

Pengelolaan gaji dan administrasi keuangan karyawan menjadi lebih mudah dengan fitur seperti pembuatan slip gaji, pembayaran, dan laporan keuangan perusahaan.

6. Boss Pintar

Boss Pintar adalah aplikasi absensi karyawan yang menawarkan fitur unik seperti validasi kehadiran yang memungkinkan perusahaan menentukan lokasi absensi karyawan.

Selain digunakan untuk absensi, Boss Pintar juga memiliki fitur mencatat inventaris perusahaan.

Fitur tersebut memungkinkan perusahaan mencatat inventaris dan penanggung jawabnya, di mana ini sangat membantu dalam membuat laporan tahunan.

Aplikasi ini bisa dicoba gratis selama setahun, tetapi terbatas hanya untuk tiga karyawan saja. 

Jika Anda memerlukan lebih banyak, tersedia paket berbayar untuk 10 karyawan dan 100 karyawan dengan tarif mulai dari Rp200 ribu. 

7. Jibble

Jibble adalah aplikasi absensi karyawan yang lengkap dengan fitur GPS dan absensi selfie saat chek-in dan check-out.

Adapun fitur utama Jibble meliputi:

  • Absensi GPS dan Selfie digunakan untuk memastikan lokasi dan identitas karyawan saat check-in dan check-out.
  • Rekap absensi yang mudah.
  • Versi profesional dilengkapi dengan Payroll yang digunakan untuk menghitung gaji karyawan dengan cepat dan akurat.
  • Integrasi yang memudahkan sinkronisasi dengan sistem HR atau Payroll perusahaan.

8. Clockify

Clockify adalah aplikasi absensi karyawan yang memiliki fitur pelacakan waktu dan dapat memantau produktivitas karyawan.

Dengan fitur time tracker, aplikasi ini memungkinkan karyawan mencatat waktu kerja dan memonitor perkembangan proyek secara real time.

Hasilnya, waktu yang tercatat dapat dirangkum dalam timesheet dan digunakan untuk membuat laporan produktivitas karyawan.

9. When I Work

When I Work adalah aplikasi absensi karyawan online gratis yang cocok untuk bisnis atau usaha kecil.

Aplikasi ini gratis hingga 75 karyawan serta memiliki berbagai fitur seperti manajemen jadwal kerja, pencatatan jam lembur, pemantauan kehadiran, pesan tim, dan penjadwalan karyawan.

10. Hubstaff

Hubstaff adalah aplikasi absensi karyawan yang sangat sesuai untuk perusahaan dengan banyak pegawai yang bekerja di lapangan.

Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan pemantauan aktivitas karyawan secara real time menggunakan GPS.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik

11. Hadirr

Aplikasi Hadirr memiliki fitur untuk mencatat kehadiran dan juga membantu dalam operasional perusahaan, khususnya bagian HRD.

Karyawan cukup melakukan selfie untuk absensi yang menggunakan teknologi pengenalan wajah dan GPS. Fitur ini mengurangi kemungkinan adanya kecurangan. 

Hadirr memiliki beberapa fitur lainnya seperti mencatat waktu kehadiran karyawan saat clock in/out, reimbursement, timesheet, lend app, serta pengaturan shift dan jam lembur.

12. Connecteam

Aplikasi Connecteam adalah solusi lengkap untuk pencatatan kehadiran karyawan. Aplikasi absensi karyawan yang satu ini dapat diakses melalui ponsel ataupun PC.

Dengan fitur seperti check in/ check out, pelacakan lokasi, pengingat jadwal, dan lainnya, Connecteam cocok untuk digunakan di berbagai industri.

Connecteam membantu untuk manajemen kehadiran karyawan menjadi lebih mudah dan efisien.

13. Time Clock Wizard

Time Clock Wizard adalah aplikasi absensi karyawan yang berasal dari New York, AS.

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap, termasuk pengaturan jadwal jam kerja, dan penggajian yang membantu HRD dalam membuat laporan.

Penggunaan aplikasi ini juga mudah dan gratis di unduh dari Google Play Store, serta dapat digunakan untuk jumlah karyawan yang tidak terbatas.

14. Attendzone

Attendzone adalah aplikasi absensi karyawan yang memiliki fitur untuk absensi secara real time, laporan kehadiran, dan notifikasi pengingat keterlambatan.

Jika ingin mengakses fitur lebih banyak lagi, tersedia versi berbayar seharga 50 dolar per bulannya dengan tambahan fitur penggajian.

Dengan fitur lengkap dan opsi akses gratis Attendzone cocok untuk mengelola kehadiran karyawan dengan efisien.

Sudah Tahu Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan?

Itu dia kumpulan rekomendasi aplikasi absensi karyawan online gratis yang bisa perusahaan Anda gunakan.

Jika membutuhkan perangkat laptop atau komputer untuk operasional perusahaan, Anda dapat mengandalkan Asani.

Asani menawarkan jasa sewa laptop dan komputer dengan harga terjangkau. Jangan khawatir, Anda dapat memilih merek, spesifikasi, serta jumlah komputer yang ingin disewa sesuai kebutuhan.

Tak hanya sekadar penyewaan, Asani juga menyediakan jasa konsultasi gratis dengan IT expert untuk membantu perusahaan Anda menyelesaikan berbagai permasalahan IT.

Dengan menyewa perangkat di Asani, perusahaan Anda bahkan mendapatkan jasa perbaikan perangkat secara gratis. 

Tunggu apalagi? Yuk, cek katalog produk dan ajukan penawaran sekarang juga!

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik dan Terbaru 2023

Post comment

Product Enquiry