aplikasi crm
5120

Di era digital seperti sekarang, aplikasi CRM memiliki peran yang cukup penting bagi bisnis, terutama dalam hal menjalin interaksi dengan pelanggan.

Well, CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah sistem manajemen informasi yang bisa membantu Anda mengelola hubungan bersama customer.

Hal tersebut pada akhirnya akan mempermudah Anda dalam membuat strategi bisnis secara tepat sasaran hingga meningkatkan keuntungan perusahaan.

Lantas, apa aplikasi CRM terbaik yang bisa digunakan? Langsung saja, simak daftar rekomendasinya di artikel berikut!

Manfaat Aplikasi CRM

Aplikasi CRM berguna bagi perusahaan dalam banyak hal, di antaranya adalah:

  • Membantu mengidentifikasi siapa saja pelanggan perusahaan.
  • Memahami apa saja kebutuhan dan permasalahan setiap pelanggan.
  • Menyimpan dan mengelola data pelanggan secara terpusat.
  • Memberikan akses kepada berbagai macam departemen terkait informasi pelanggan.
  • Memantau aktivitas penjualan sehingga dapat mengetahui peluang mana yang bisa dikembangkan.

Rekomendasi Aplikasi CRM untuk Bisnis

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi CRM untuk keperluan bisnis. Apabila Anda juga tertarik, di bawah ini ada beberapa contoh aplikasi CRM terbaik yang bisa dicoba:

1. Freshsales

Freshsales adalah aplikasi CRM berbasis cloud yang dikhususkan untuk bisnis berskala kecil, UMKM, dan UKM.

Harga langganan Freshsales pun cukup terjangkau dan ada beberapa fitur aplikasi CRM yang sangat bermanfaat, seperti email tracks dan manage leads.

Sebelumnya, Anda bisa mencoba free trial selama 21 hari untuk memahami bagaimana cara kerja aplikasi CRM tersebut.

Apabila sudah merasa cocok, Anda bisa langsung menggunakan versi berbayar sesuai dengan paket yang tersedia.

2. Hubspot

Contoh aplikasi CRM berbasis web adalah Hubspot. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam inovasi, seperti live chat, email marketing, sampai laporan dan analisis bisnis.

Meskipun masih terbilang baru, namun Hubspot juga menawarkan berbagai add-on untuk memisahkan beberapa domain dari yang utama.

Hubspot juga termasuk aplikasi CRM gratis karena beberapa fitur dapat diakses melalui model freemium.

3. Copper

Copper adalah aplikasi yang dapat mengelola kontak customer, email, penawaran hingga urusan bisnis lainnya dalam satu panel.

Copper adalah salah satu contoh aplikasi CRM pada perusahaan yang bisa melakukan analisis metrik, seperti memantau pendapatan penjualan dan peluang bisnis baru.

Dengan menggunakan Copper, Anda juga bisa melakukan otomatisasi proses penjualan untuk meningkatkan produktivitas.

4. SAP CRM

SAP CRM adalah aplikasi yang dapat memberikan dukungan penuh untuk aktivitas penjualan.

Hal ini dikarenakan beberapa fitur aplikasi CRM yang ditawarkan seperti otomatisasi sales dan marketing, sampai pelacakan serta perkiraan penjualan.

SAP CRM juga akan menyimpan semua interaksi perusahaan dengan pelanggan secara otomatis di dalam cloud.

Oleh sebab itu, SAP CRM menjadi aplikasi yang memiliki keunggulan di sisi penyimpanan dan pengaturan data.

5. Sugar CRM

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Sugar CRM untuk fokus dalam melayani pelanggan.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, seperti contact and account management, desktop integration, reporting, sampai customer support portal.

Untuk menggunakan Sugar CRM, Anda bisa berlangganan mulai dari 1.000 USD per pengguna/bulan.

Baca juga: Memahami Konsep IT Service Management, Manfaat & Prosesnya

6. Microsoft Dynamics CRM

Aplikasi ini memakai sistem operasi Microsoft Windows untuk manajemen proyek. Maka dari itu, aplikasi ini sering dipakai oleh pemerintah, konstruksi, dan perusahaan profesional.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Dynamics CRM adalah otomatisasi dokumen, personalisasi, increase productivity, sales force automation, dan customer service tracking.

Lalu, aplikasi ini juga memiliki kemampuan seluler yang kuat dan mudah diintegrasikan dengan produk MS lainnya.

7. Less Annoying CRM

Apabila Anda baru saja merintis perusahaan, maka Less Annoying CRM bisa menjadi aplikasi yang patut dicoba.

Less Annoying CRM adalah aplikasi customer service sederhana dengan interface yang mudah dan intuitif.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki database yang solid dan fleksibilitas untuk membuat pipeline. Harga berlangganan Less Annoying CRM dimulai dari 15 USD/bulan.

8. Pipedrive

Salah satu contoh aplikasi CRM terbaik adalah Pipedrive. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua kalangan bisnis dan meningkatkan penjualan karena efektivitas penggunaannya.

Lalu, Pipedrive juga menyediakan layanan 24/7 support untuk pelanggan melalui chat atau email. Selain itu, Pipedrive juga dapat diintegrasikan dengan banyak saluran bisnis.

Untuk memakai Pipedrive, Anda bisa mencoba free trial terlebih dahulu sebelum membayar 12.50 USD/bulan untuk berlangganan.

9. SalesForce

Contoh lain aplikasi CRM adalah SalesForce. SalesForce adalah aplikasi berbasis cloud yang berfokus pada layanan pelanggan, analitik, dan otomatisasi pemasaran.

Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Sales Cloud, App Exchanger, sampai Salesforce Chatter.

Setiap layanan dapat diakses secara real time. Lalu, Anda juga bisa mencoba fiturnya dengan gratis selama 30 hari.

10. Oracle

Selanjutnya, Anda bisa mencoba Oracle untuk customer service. Oracle termasuk aplikasi yang memberikan penawaran terbaik karena dapat mengelola pesanan, data, dan inventaris bisnis.

Selain itu, Oracle juga bisa meminimalkan proses lead-to-cash serta meningkatkan kinerja penjualan melalui forecasting, upsell, dan manajemen komisi.

Harga berlangganan Oracle dimulai dari 65 USD/bulan.

11. Zoho

Salah satu aplikasi CRM berbasis web adalah Zoho. Zoho dapat membantu perkembangan bisnis melalui cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Lalu, Zoho juga dapat mengefektifkan kinerja perusahaan melalui otomatisasi pekerjaan harian dan fitur lainnya, seperti omnichannel, integrasi, serta self-service database.

Maka dari itu, Zoho termasuk aplikasi customer service yang populer digunakan oleh berbagai perusahaan.

12. Apptivo

Apptivo adalah aplikasi customer service berbasis cloud yang dapat mengelola berbagai macam kegiatan bisnis, seperti penagihan dan dukungan pelanggan.

Apptivo memiliki interface yang mudah digunakan serta mampu mengelola informasi proyek secara efisien dan terpusat.

Harga berlangganan Apptivo juga cukup terjangkau yaitu 10 USD/bulan.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik

13. Act!

Act! adalah aplikasi customer service yang cocok digunakan untuk usaha kecil dan menengah.

Dengan berbagai macam fitur, Act! bisa mengoptimalkan penyimpanan dan pengelolaan informasi pelanggan, serta menampilkan laporan aktivitas bisnis secara keseluruhan.

Act! juga tersedia dalam versi lokal dan cloud. Selain itu, Anda bisa mulai berlangganan dengan 30 USD/bulan.

14. Keap

Keap adalah aplikasi yang akan memudahkan Anda dalam mengatur, melacak, dan memelihara penjualan serta pemasaran bisnis.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Keap adalah prebuilt reminders, automated emails, serta keep calls and messages separate.

Untuk menggunakan Keap, Anda bisa membayar sebesar 79 USD/bulan.

15. EngageBay

Terakhir, contoh aplikasi CRM terbaik yang bisa Anda coba adalah EngageBay.

EngageBay dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan, seperti memberikan respon otomatis untuk menjawab interaksi customer.

EngageBay juga bersifat user-friendly dan mudah terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Untuk berlangganan EngageBay, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 8.99 USD/bulan.

Tips Memilih Aplikasi CRM

Supaya Anda tidak salah pilih, di bawah ini ada beberapa tips memilih aplikasi CRM yang bisa dilakukan:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Setiap aplikasi CRM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus tahu apa yang menjadi prioritas perusahaan saat ini.

Dengan begitu, Anda bisa memilih aplikasi customer service yang sesuai kebutuhan agar perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

2. Ketahui Fitur-Fiturnya

Masing-masing aplikasi CRM menawarkan berbagai macam fitur berbeda. Adapun fitur yang mendasar bagi aplikasi CRM adalah manajemen data lead dan kontak, administrasi pelanggan, sales papeline, sampai analitik penjualan.

Anda juga bisa memeriksa fitur tambahan lainnya yang sekiranya cocok dengan kebutuhan perusahaan.

3. Pahami Jenis CRM

Terakhir, Anda juga harus paham jenis aplikasi CRM yang akan dipakai. Ada tiga jenis utama CRM yang bisa diperhatikan, yaitu collaborative, operational, dan analytical.

Setiap jenis dapat meningkatkan kualitas customer service perusahaan secara berbeda. Oleh karena itu, Anda bisa memilih mana jenis yang paling cocok dengan target perusahaan saat ini.

Itu dia berbagai contoh aplikasi CRM pada perusahaan. Dari sederet rekomendasi tersebut, kira-kira manakah yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda?

Tak dapat dipungkiri, sistem CRM sangatlah berguna bagi kesuksesan strategi penjualan karena memanfaatkan efisiensi dari penggunaan teknologi.

Selain memilih software CRM terbaik, menggunakan perangkat komputer berkualitas juga tak kalah penting untuk menunjang kegiatan perusahaan.

Dalam hal ini, Anda bisa mengandalkan Asani. Sebab, Asani menawarkan jasa sewa laptop dan komputer untuk kantor dengan harga terjangkau.

Salah satu keuntungan sewa laptop di Asani adalah memperoleh layanan IT Support secara gratis untuk mengatasi segala permasalahan IT perusahaan Anda.

Jangan khawatir, Asani menyediakan bantuan teknisi yang andal dan terpercaya. Jika tertarik, Anda bisa cek katalog Asani dan minta penawaran sekarang juga!

Baca juga: Fitur Penting di Software Call Center

Post comment

Product Enquiry