70

Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk untuk memasukkan informasi atau perintah ke komputer. Perangkat ini digunakan untuk menjalankan suatu perintah atau instruksi yang nantinya akan diproses oleh sistem pengelolaan informasi komputer. Keyboard biasanya dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel melalui CPU komputer. Lantas, bagaimana cara kerja keyboard?

Bagian utama keyboard adalah papan berisikan huruf untuk mengetik dengan susunan pola QWERTY, bagian angka di baris kanan atau atas menyesuaikan tipe keyboard.

Untuk mengenal bagaimana cara kerja dari keyboard komputer atau laptop, mari simak ulasan di bawah ini.

Cara Kerja Keyboard Komputer

Keyboard memiliki prosesor dan rangkaian sirkuit yang berbeda dari komputer. Secara internal, tekanan pada papan keyboard akan diubah menjadi data kata. Tahapan cara kerja keyboard:

A. Key Matrix

Bagian terbesar dari keyboard disebut key matrix. Key matrix adalah sebuah rangkaian yang terletak di bawah papan tombol keyboard. Jika tombol huruf ditekan, rangkaian tersebut akan menyalurkan arus listrik ke sistem pengolahan internal keyboard. Ketika sudah beberapa kali menekan tombol keyboard, sistem akan menginput masukan pada papan. Sistem akan mengenali tombol dan hasil olahan apa yang harus dikeluarkan. Key matrix ini menangkap dan mencatat input dari pengguna untuk diproses menghasilkan olahan digital.

B. Rangkaian Prosesor

Rangkaian akan tersambung ketika ada penekanan pada key matrix. Setelah itu, rangkaian dalam prosesor keyboard melakukan perbandingan antara lokasi dengan karakter yang datanya telah disimpan sebelumnya.

Keyboard adalah salah satu komponen penting yang harus ada pada komputer. Entah keyboard yang langsung terpasang di laptop maupun keyboard eksternal.

Itulah cara kerja keyboard yang perlu dipahami. Keyboard adalah salah satu perangkat penting dalam rangkaian komputer atau laptop, yang berfungsi untuk memasukan perintah informasi.

Jika laptop di perusahaan Anda mengalami masalah pada keyboard, Anda bisa menggunakan jasa service komputer perusahaan Asani. Selain pengecekan komputer bermasalah, Asani juga bisa memperbaiki dan memberikan solusi dengan cepat. Dan jika Anda ingin mengganti laptop kantor, Anda bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Untuk informasi lengkap, segera hubungi CS Asani.

Minta Penawaran

Share

Post comment

Product Enquiry