70

Keyboard adalah salah satu komponen penting pada komputer atau laptop untuk input data atau perintah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada keyboard adalah keyboard mengetik sendiri.

Ketika hal itu terjadi, tentu saja membuat panik dan kesal, kan? Untuk orang yang tak paham dengan komputer pasti hal yang Anda lakukan pertama kali adalah membawa ke tempat servis komputer untuk diperbaiki. Namun, sebelum dibawa ke tempat servis, ada solusi mudah yang bisa Anda lakukan ketika keyboard mengetik sendiri.

Ciri-ciri Keyboard yang Mengetik Sendiri:

  • Tombol backspace terus menekan sendiri
  • Huruf keyboard mengetik sendiri tanpa ditekan
  • Tombol / menekan sendiri

Cara mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri

Berikut adalah cara mengatasi keyboard yang mengetik sendiri:

Troubleshoot Keyboard

Fitur troubleshoot digunakan untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada komputer dan mencari solusinya. Jika masalah terjadi karena software, troubleshoot masih bisa mengatasinya. Namun, jika kerusakan terjadi pada hardware, maka fitur itu tak berguna.

Update Driver Keyboard

Jika setelah menggunakan troubleshoot dan masalah terjadi karena software, cara yang direkomendasikan adalah memperbarui driver keyboard.

Membersihkan Keyboard dari Debu dan Kotoran

Jika tidak pernah dibersihkan, kemungkinannya adalah kotoran menumpuk di bawah tombol keyboard. Debu tersebut akan memenuhi bagian bawah keyboard sehingga keyboard seakan ditekan. Jika Anda tidak bisa membersihkan keyboard sendiri, sebaiknya bawa ke tempat servis saja.

Matikan Sticky Keys

Sticky Keys adalah sebuah fitur aksesibilitas yang dirancang untuk membantu pengguna dengan keterbatasan fisik atau mobilitas. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan sejumlah fungsi keyboard dengan lebih mudah, terutama ketika mereka kesulitan menekan beberapa tombol secara bersamaan.

Namun, ketika Anda mengalami masalah keyboard yang mengetik sendiri, fitur Sticky Keys dapat menjadi sumber masalah. Ini karena fitur tersebut mungkin menganggap bahwa tombol tertentu telah ditekan secara berulang, menghasilkan karakter atau perintah yang tidak diinginkan.

Menggunakan Keyboard Eksternal

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan. Sebelum menggunakan keyboard eksternal, nonaktifkan dulu keyboard internal.

Itulah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang mengetik sendiri. Jika cara di atas belum bisa mengatasi masalah keyboard Anda, kunjungi tempat servis komputer jika garansi Anda masih berlaku.

Jika Anda atau kantor Anda mengalami masalah serupa dan membutuhkan bantuan dengan hardware atau software komputer, jangan ragu untuk menghubungi jasa servis komputer kantor Asani.

Minta Penawaran

Post comment

Product Enquiry