330

Salah satu alasan Anda tidak bisa mengedit dokumen excel atau spreadsheet adalah file ada dalam mode Read-Only. Jika Anda memiliki file dengan fitur ini, maka Anda tidak bisa melakukan apa pun termasuk mengeditnya.

Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa diedit Berdasarkan Kasusnya

Berdasarkan kasusnya, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk membuka file Excel yang tidak bisa diedit. Berikut adalah contoh-contoh caranya

File Excel Spreadsheet dalam Read-Only Mode

Jika file dalam mode read only, maka Anda tidak bisa mengeditnya. Berikut adalah cara mengedit file spreadsheet dalam mode read-only:

A. Mengecek File Permissions

Meskipun hal sederhana, tapi sebagian pemilik dokumen sering lupa mengubah setting saat membagikan file sehingga Anda hanya bisa melihat isi dokumennya saja. Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengirimkan request access kepada pemilik file. Jika pemilik sudah mengubah pengaturannya, maka Anda bisa mengedit dokumen dengan mudah.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding 

File Excel dalam Mode Read-Only Mode

Microsoft memiliki fitur Protected View yang secara umum bisa membuat file dalam mode read only untuk melindungi file dari virus. Berikut adalah cara untuk mengedit file excel dalam mode read-only:

A. Mengecek Properties di File Excel

Cara membuka file excel yang tidak bisa diedit:

  1. Klik kanan pada file yang tidak bisa diedit -> Pilih Properties
  2. Pada Tab General, klik Unblock
  3. Selesai. Anda bisa mengedit file tersebut

B. Mengecek Trust Center

Cara membuka dokumen excel yang tidak bisa diedit:

  1. Buka file yang excel yang tidak bisa diedit
  2. Klik File, pilih Option
  3. Pilih menu Trust Center -> Trust Center Setting -> Protected View
  4. Hilangkan semua centang, lalu klik Ok
  5. Selesai

Baca juga: Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Itulah cara untuk membuka file excel yang tidak bisa diedit. Semua cara sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Salah satu cara untuk mengamankan file excel jika tidak ingin dibuka oleh orang lain adalah mengunci Excel dengan password. Cara ini lebih aman jika Anda benar-benar ingin mengamankan dokumen dari siapa pun. Jika Anda tidak memiliki password, maka Anda tidak bisa melakukan apa pun.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Microsoft Excel Not Responding

 

 

Minta Penawaran

Share

Post comment

Product Enquiry