cara mengecek kesehatan laptop
210

Mengetahui cara mengecek kesehatan laptop penting bagi Anda, sebagai antisipasi sebelum terjadinya kerusakan.

Salah satunya, Anda dapat melakukan cek kesehatan baterai laptop secara rutin. Dengan demikian, jika kesehatan laptop Anda terjaga, tentu kinerja dan performa akan semakin maksimal.  

Nah, apabila Anda ingin mengetahui cara mengecek kesehatan laptop lainnya, simak informasi selengkapnya melalui artikel ini hingga akhir, ya!

Cara Mengecek Kesehatan Laptop  

Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang sering kali Anda gunakan untuk bekerja atau mengerjakan tugas.  

Maka dari itu, jika ingin menjaga performa perangkat tetap berjalan secara maksimal, Anda perlu mengetahui beberapa cara mengecek kesehatan laptop untuk mengantisipasi dari kerusakan.Check it out!

1. Menggunakan Windows Security

Windows security merupakan layanan bawaan yang sudah tersedia pada laptop bawaan, sering kali dapat juga digunakan sebagai anti virus default.

Umumnya, program yang satu ini sudah tersedia pada Windows 10. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengetahui cara mengecek kesehatan laptop dari serangan virus, tak perlu install aplikasi dari luar.  

Well, untuk mengetahui cara mengecek kesehatan laptop dengan menggunakan Windows security, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, klik Start atau tekan tombol Windows pada laptop, kemudian pilih Settings.
  • Setelah tampilan Settings keluar, silahkan Anda pilih menu Update & Security , lalu klik opsi Windows Security yang ada di daftar sebelah kiri layar.
  • Setelah muncul tampilan Windows Security, Anda dapat memilih opsi Device Performance & Health .  
  • Nantinya, Anda bisa melihat dan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan laptop berdasarkan status dari performa dan kinerja yang ditunjukkan pada masing-masing komponen.

Baca juga: 6 Penyebab Laptop Mati Hidup Berulang-Ulang & Cara Mengatasi

2. Menggunakan Performance Monitor

Selain Windows Security, cara mengecek kesehatan laptop Anda juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan Performance Monitor.

Melalui layanan bawaan yang satu ini, Anda dapat melihat performa beberapa elemen, seperti memori, disk, serta penggunaan jaringan.  

Terdapat dua jenis laporan yang bisa Anda lihat dari fitur Performance Monitor, yaitu System Diagnostics dan Performance.  

Untuk mendapatkan laporannya, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan, antara lain yaitu:    

  • Ketik performance monitor pada kolom pencarian Windows.
  • Pada panel sebelah kiri, perluas menu Data Collector Sets , kemudian klik System.
  • Setelah itu, klik kanan System Diagnostics dan System Performance , lalu pilih Start.
  • Kurang lebih tunggu selama satu menit untuk mendapatkan laporannya.  
  • Setelah semua proses selesai, Anda dapat mengaksesnya dengan masuk ke menu Reports > System. Di sana akan muncul semua laporan lengkap dengan tanggalnya, sehingga mudah untuk dicari.

3. Dengan Lapisan Sleep Study

Selanjutnya, cara mengecek kesehatan laptop dapat dilakukan dengan melihat laporan melalui sleep study.  

Dengan laporan sleep study, Anda dapat mengecek aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak daya dari baterai laptop. Adapun cara melihatnya antara lain yaitu:

  • Klik tombol Windows+X secara bersamaan, setelah muncul beberapa daftar di sebelah kiri layar, pilih menu Command Prompt (Admin).
  • Setelah itu, copy dan paste text ini, powercfg/SleepStudy/output%USERPROFILE%\Desktop\mysleepstudy.html untuk membuat perintah file HTML sebagai laporan.
  • Kemudian, akan muncul mysleepstudy.html pada dekstop, Anda dapat membukanya melalui browser.  
  • Nantinya, laporan tersebut akan memberi Anda informasi mengenai kesehatan baterai dan laptop.  
  • Isi dari informasinya beragam, mulai dari laporan aplikasi yang menguras baterai, dengan detailnya pada setiap pemakaian, jumlah energi yang dihabiskan, hingga waktunya.

Baca juga: 8 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop, Mudah Tanpa Ribet!

4. Menggunakan Fitur Command Prompt (CMD)

Command prompt adalah salah satu fitur bawaan dari windows yang disediakan seperti sarana komunikasi antara pengguna laptop dengan perangkat.  

Cara mengecek kesehatan laptop lewat CMD mudah untuk dilakukan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.  

  1. Buka kolom pencarian atau tekan tombol windows, lalu ketikan Run.
  2. Jika Run sudah muncul akan terlihat kotak pencarian di sebelah kiri layar, ketikan cmd pada kolom yang ada, lalu klik OK .
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru Command Prompt, pada tulisan C:\Users\HP> ketik WMIC DISKDRIVE GET STATUS , kemudian Enter.
  4. Tunggu hingga proses scanning pada laptop selesai.  
  5. Jika hardisk laptop Anda dalam kondisi baik, maka akan muncul tulisan OK saat proses scanning selesai dilakukan.

5. Melalui Fitur CHKDSK

Selain CMD, Anda juga dapat menggunakan fitur CHKDSK untuk mengecek kesehatan laptop.

CHKDSK merupakan salah satu fitur bawaan Microsoft Windows untuk mengetahui kondisi kesehatan laptop tanpa perlu aplikasi tambahan.

Adapun cara menggunakan fitur CHKDSK, tahapannya antara lain yaitu:

  1. Masuk ke dalam menu File Explorer pada laptop, klik kanan menu Local Disk (C:), lalu pilih Properties.
  2. Ketika menu Properties muncul, akan ada beberapa pilihan fitur, klik opsi Tools.
  3. Setelah menu Tools muncul, pilih opsi Check pada kolom Error Checking.
  4. Saat muncul jendela baru, pilih klik Scan drive, kemudian tunggu hingga proses scanning selesai.
  5. Apabila proses scanning sudah selesai dan laptop kamu tidak mengalami masalah, maka akan muncul tampilan No errors were found .

6. Tes Hard Disk

Apabila ingin mengetahui cara mengecek kesehatan laptop dengan tes hard disk internal, Anda perlu menggunakan software tambahan.  

Salah satunya, Anda dapat menggunakan aplikasi HD Sentinel yang dapat diunduh secara gratis.  

Di dalam aplikasinya, Anda dapat mengetahui berapa suhu hard disk terkini, mengecek performa kesehatan dan kapasitas laptop, serta power on time yang dimiliki.  

7. Tes Keyboard

Selain tes hard disk, untuk mengetahui cara mengecek kesehatan laptop, Anda juga dapat melakukan pengecekan pada keyboard.

Namun, cara ini juga perlu menggunakan aplikasi tambahan. Keyboard merupakan salah satu elemen penting dalam kinerja laptop, oleh karena itu perlu juga diperhatikan kondisinya.

Adapun salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah KeyboardTest. Nantinya, performa yang bisa dicek adalah apakah tombol-tombol pada laptop masih berjalan secara normal atau ada kerusakan.

8. Tes Monitor

Terakhir, cara mengecek kesehatan adalah dengan melakukan tes monitor. Untuk melakukan tes ini juga diperlukan aplikasi tambahan, yaitu MonitorTest.

Well, selain mengecek kesehatan dari dalam laptop, layar monitor atau LCD juga tidak kalah penting untuk kelancaran saat menggunakannya.

Yup, karena jika LCD telah rusak atau retak, Anda perlu mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal untuk memperbaikinya.

Tips Menjaga Kesehatan Laptop  

Setelah mengenal beberapa cara mengecek kesehatan laptop, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips sebagai langkah antisipasi kerusakan pada perangkat.

Untuk mengetahui apa saja tips menjaga kesehatan laptop, yuk simak!

  • Gunakan laptop di tempat dengan udara yang baik. Umumnya, saat menggunakan laptop dengan udara yang tidak baik atau berdebu, hanya akan membuat kotoran tersebut masuk sehingga menumpuk ke dalam perangkat. Dengan demikian, hal itulah yang akan membuat laptop kurang mendapati sirkulasi udara, sehingga menyebabkan hard disk menjadi cepat panas dan mudah rusak.
  • Meringankan performa laptop, caranya Anda perlu membuka mesin laptop, lalu bersihkan filter udara dan cooler yang ada di dalamnya, kemudian ganti pasta prosesor untuk membuat kinerja perangkat tetap stabil.  
  • Jangan memainkan laptop di atas kasur atau selimut, hal ini adalah faktor utama yang akan mengakibatkan sirkulasi udara laptop terganggu, sehingga nantinya udara panas pada perangkat tidak bisa keluar. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menggunakan laptop di atas kasur atau selimut tanpa adanya alas yang kasar di bawahnya.
  • Rutin membersihkan keyboard laptop, gunakan kuas cat kecil atau mini vacuum secara berkala, karena papan ketik adalah atau salah satu sumber banyaknya debu menumpuk.  
  • Biasakan close semua aplikasi sebelum mematikan laptop, karena jika Anda langsung menekan tombol power tanpa mengeluarkan semua app yang sedang berjalan, hanya akan membuat kinerja hard disk bertambah berat.  

Sudah Tahu Cara Mengecek Kesehatan Laptop?

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan, bagaimana cara mengecek kesehatan laptop.

Apabila laptop Anda sering digunakan, maka menjaga kesehatan laptop penting dilakukan agar kinerjanya semakin cepat.

Tentunya Anda tidak ingin bukan, saat sedang mengerjakan tugas, tiba-tiba laptop menjadi lemot dan mengganggu pekerjaan?

Well, selain menjaga performanya, Anda juga bisa lho, menyewa laptop tambahan yang sudah memiliki kualitas bagus tanpa harus mengotak-atik perangkatnya.

Untuk itu, sebagai alternatifnya Anda bisa meminta perusahaan agar menyewa laptop melalui Asani.  

Apabila menyewa laptop di Asani, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut:

  • Perangkat IT lengkap. Asani adalah perusahaan yang menyediakan jasa sewa perangkat IT murah dan berkualitas, seperti laptop, PC, dan perangkat lainnya.    
  • Memberikan layanan konsultasi. Selain menyewa laptop, Asani juga menyediakan layanan konsultasi dengan IT Expert   serta IT Asset Management,  sehingga Anda   bisa memilih perangkat sesuai dengan yang diinginkan.
  • Tidak ada biaya tambahan dan minimum penyewaan. Yup, Anda dapat langsung melakukan sewa laptop untuk perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan apa pun!  

Jadi bagaimana, Anda tertarik menyewa laptop untuk perusahaan melalui Asani?

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa melihat FAQ melalui website resmi Asani, atau langsung menghubungi tim kami melalui Official WhatsApp.

Baca juga: 7 Penyebab Laptop Mati Total, Ini Cara Mudah Mengatasinya!

Post comment

Product Enquiry