60

Laptop adalah teman andalan bagi professional maupun mahasiswa untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Sayangnya, masih banyak dari Anda yang belum merawat laptop dengan baik sehingga laptop menjadi mudah rusak. Salah satu kesalahan perawatan laptop adalah cas laptop terlalu lama meski baterai sudah penuh. Lantas, apa benar kalau cara tersebut salah dan dapat merusak perangkat? Simak artikel di bawah ini, ya.

Dampak Cas Laptop Terlalu Lama

Mengisi daya baterai laptop terus-menerus atau terlalu lama sebenarnya tak terlalu menjadi masalah, tapi yang memengaruhi kesehatan baterai jenis Lithium yaitu:

1. Baterai Overheat

Meskipun laptop jaman sekarang semakin canggih dan menggunakan teknologi baterai baru seperti lithium ion yang kuat dan dapat diisi ratusan kali tanpa memengaruhi masa pakai baterai, tapi baterai lithium ion sangat sensitif terhadap panas.

Jika Anda terlalu lama mengisi daya baterai dan merasakan hawa panas dari perangkat, maka segera cabut charger laptop dan tunggu suhu menurun. Suhu lebih 300C bisa merusak baterai dan mengurangi masa pakai. Anda bisa mengakali masalah overheat ini dengan menambahkan aksesoris cooling pad eksternal.

2. Overheat Memengaruhi Laptop

Baterai yang overheat juga bisa memengaruhi perangkat keras lain dalam laptop. Hal ini terjadi karena panas terperangkap akibat udara sulit keluar. Jika dibiarkan, udara panas akan berbalik ke dalam laptop sehingga membuat komponen laptop menjadi panas dan rusak. Kondisi ini terjadi jika Anda sering menggunakan laptop di atas bantal atau tanpa tatakan yang memiliki ventilasi baik sambil melakukan cas. Overheat bisa diakali dengan menambahkan aksesoris cooling pad.

Isilah daya baterai sesuai kebutuhan, lalu cabut setelah terisi penuh. Hal ini akan membantu menjaga ketahanan dan keawetan baterai dan menjaga umur laptop.

Baca Juga:  Tips Merawat Laptop Baru

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

1. Cara Menyimpan Baterai

Baterai lithium sifatnya akan selalu berkurang sendiri meski tidak digunakan. Jika Anda mencabut baterai laptop, disimpan, dan tak digunakan, kapasitas bateriak jenis ini akan berkurang dengan sendirinya.

2. Siklus Baterai

Siklus baterai dihitung satu saat kondisi baterai dari 100% menjadi 0%. Sering menggunakan baterai sampai benar-benar habisa dapat mempersingkat siklus baterai. Untuk merawat beterai laptop Anda, sebaiknya jangan membiarkan laptop mati karena kehabisan daya hingga 0%.

Cas laptop dalam waktu lama tidak berbahaya bagi pengguna maupun laptop, hanya saja, Anda harus memastikan kondisi suhu laptop agar tak terlalu panas sehingga menimbulkan masalah nantinya. Jika penggunaan laptop masih dalam batas wajar, umur baterai akan tetap awet.

Jika perusahaan Anda membutuhkan tambahan laptop untuk karyawan, Anda bisa sewa di Asani.

Asani merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca Juga:  7 Cara Cas Laptop yang Benar Agar Tak Cepat Rusak, Yuk Coba!

Post comment

Product Enquiry