cara mengatasi laptop ngeblank
880

Pernahkah Anda mengalami laptop yang tiba-tiba nge-blank atau tidak merespon sama sekali? Hal ini tentu bisa membuat panik, apalagi jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi laptop nge-blank yang bisa Anda coba.

Di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai beberapa penyebab dan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar laptop mati atau nge-blank. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Laptop Blank

Layar laptop yang tiba-tiba menjadi blank atau hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari masalah hardware hingga gangguan software. Berikut adalah beberapa penyebab umum laptop nge-blank.

1. Suhu Laptop Terlalu Panas

Penyebab laptop nge-blank yang pertama adalah karena suhunya terlalu panas. Laptop yang digunakan dalam waktu lama bisa mengalami panas berlebih atau overheat. Hal ini dapat menyebabkan kipas bekerja lebih keras dan memicu laptop nge-blank.

Untuk mengatasinya, bersihkan kipas laptop dan pastikan letaknya di permukaan yang rata dan keras agar ventilasi berfungsi optimal. Selain itu, hindari penggunaan laptop di tempat berdebu dan gunakan alas pendingin laptop jika diperlukan. 

2. Serangan Virus

Salah satu penyebab laptop mengalami black screen adalah serangan virus. Virus atau malware sering kali muncul saat mengunduh file atau program dari situs-situs yang berbahaya. Selain itu, risiko serangan dari berbagai jenis virus juga bisa muncul saat menggunakan laptop untuk mentransfer data. 

Virus yang menyerang sistem laptop dapat menyebabkan malfungsi dan nge-blank atau black screen. Oleh karena itu, penting untuk selalu berhati-hati saat mengunduh file dan atau program di laptop Anda.

3. Instalasi Windows Tertunda

Pernahkah laptop Anda nge-blank saat sedang menginstal Windows? Hal ini bisa terjadi karena instalasi yang gagal atau tertunda. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti media instalasi yang rusak, masalah pada hardisk atau flashdisk, atau proses instalasinya bermasalah. Biasanya, black screen terjadi saat Anda mencoba untuk membuka kunci laptop setelah proses instalasi.

Baca juga:  6 Penyebab Laptop Mati Hidup Berulang-Ulang & Cara Mengatasi

4. Terdapat Aplikasi yang Bermasalah atau Tidak Kompatibel

Terakhir, jika laptop tiba-tiba mengalami black screen setelah menginstal suatu program atau aplikasi, kemungkinan penyebabnya adalah keberadaan program atau aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa apakah program yang diinstal sudah kompatibel dengan laptop Anda.

Cara Mengatasi Laptop Nge-blank

Setelah mengetahui penyebabnya, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi laptop nge-blank, mulai dari restart laptop hingga membawa ke tempat servis. Berikut cara-caranya.

1. Restart Laptop 

Cara mengatasi laptop nge-blank yang pertama adalah dengan melakukan restart laptop. Jika laptop mengalami black screen, biasanya, Anda tidak bisa mengakses menu administrator. Untuk itu, berikut cara restart laptop yang bisa Anda dilakukan:

  1. Tekan tombol Ctrl+alt+del pada keyboard.
  2. Pilih akun dan masuk seperti biasa.
  3. Klik ikon power.
  4. Pilih opsi restart untuk me-restart laptop.

2. Gunakan Menu Task Manager

Cara mengatasi laptop nge-blank berikutnya adalah dengan menggunakan menu task manager. Cara ini termasuk mudah dan bisa digunakan pada semua jenis laptop. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuka task manager:

  1. Pertama, nyalakan laptop Anda. Jika laptop black screen atau nge-blank saat dinyalakan, cobalah gunakan shortcut dengan menekan Ctrl+Alt+Delete atau Ctrl+Alt+Del pada keyboard.
  2. Selanjutnya, pilih opsi Task Manager dari menu yang muncul.
  3. Klik Add New Task dan ketik explore.exe pada kolom yang tersedia.
  4. Pilih explore dan biarkan laptop memulai prosesnya.
  5. Setelah layar kembali muncul, diamkan selama 2-5 menit agar laptop dapat menyesuaikan sistemnya kembali.

3. Gunakan Shortcut Pada Keyboard untuk Ke Beranda Windows

Salah satu cara mengatasi laptop nge-blank hitam yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan shortcut pada keyboard untuk ke beranda Windows. Jika mengalami black screen, kemungkinan Anda jadi tidak bisa mengakses beranda Windows secara langsung dari layar. 

Dalam situasi ini, Anda bisa memanfaatkan shortcut keyboard untuk mengakses beranda Windows. Caranya mudah, cukup tekan tombol logo Windows+Ctrl+Shift+B. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga layar laptop memproses untuk menampilkan beranda Windows.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo, Kenali Penyebabnya

4. Sambungkan Laptop Ke Monitor Lain

Cara mengatasi laptop nge-blank putih ataupun hitam lainnya adalah dengan menyambungkan laptop ke monitor eksternal atau proyektor. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mulailah dengan me-restart laptop.
  2. Sambungkan laptop dengan monitor eksternal atau proyektor menggunakan kabel HDMI atau VGA.
  3. Tekan tombol FN+F10 secara bersamaan di keyboard.
  4. Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, coba cek tombol dengan logo layar sambil menekan FN.
  5. Setelah laptop terhubung dengan monitor eksternal, terdapat dua kemungkinan, yaitu  layar putih atau layar normal. Jika muncul layar putih, hal ini bisa jadi menandakan ada masalah pada VGA Card laptop. Sementara itu, jika yang muncul adalah layar normal, bisa mengindikasikan adanya masalah pada layar LCD laptop.

5. Masuk Ke BIOS

Cara mengatasi laptop nge-blank berikutnya adalah dengan masuk ke BIOS. Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda lakukan:

  1. Matikan laptop dengan menekan tombol power.
  2. Nyalakan kembali laptop.
  3. Tekan tombol F2, F12, Delete, atau ESC secara berulang ketika laptop dalam proses booting.
  4. Jika muncul pengaturan BIOS di layar monitor, hal ini bisa menandakan tidak ada kerusakan pada hardware.
  5. Namun, jika layar tetap hitam, kemungkinan ada masalah pada komponen laptop

6. Melakukan Hard Shutdown

Jika semua upaya diatas sudah Anda coba, namun masalah laptop nge-blank belum teratasi, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan hard shutdown. Banyak pengguna laptop menggunakan cara ini karena dianggap efektif dalam mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul pada laptop.

Cara mengatasi laptop nge-blank ini bisa dilakukan dengan menekan tombol power untuk mematikannya secara paksa. Ketika laptop benar-benar mati, tidak akan terdengar suara dari kipas atau komponen lainnya. Setelah itu, nyalakan kembali laptop seperti biasa. Jika berhasil, layar akan kembali normal.

7. Bawa Laptop ke Tempat Servis

Cara mengatasi laptop nge-blank yang terakhir adalah dengan membawanya ke tempat servis. Jika laptop terus-menerus menampilkan layar hitam, bisa jadi masalahnya terletak pada komponen, seperti VGA, LCD, atau bahkan gangguan pada RAM. 

Jika laptop nge-blank disebabkan oleh masalah tersebut, membawanya ke tempat servis adalah langka yang bisa diambil. Di sana, teknisi dapat melakukan perbaikan yang diperlukan, seperti mengganti chip VGA sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara mengatasi laptop nge-blank yang bisa Anda coba. Laptop nge-blank memang bisa bikin panik, tapi jangan khawatir, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. 

Namun, jika merasa kurang yakin melakukannya sendiri dan ingin mengganti dengan laptop lain yang lebih baik, Asani siap membantu! Asani menyediakan layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda dalam pengadaan perangkat IT yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, Asani juga menawarkan jasa sewa berbagai macam peralatan elektronik berkualitas, seperti laptop, komputer, dan peralatan rapat. Anda juga bisa mengelola aset perusahaan secara praktis dengan aplikasi MyAsani.

Tak hanya itu, jika ada masalah pada perangkat yang disewa, Anda tidak perlu khawatir karena akan langsung ditangani oleh profesional dari Asani. Hal ini tentunya membantu Anda untuk lebih bisa menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu ke tempat servis.

Tunggu apa lagi? Cek katalog Asani dan hubungi Asani melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id serta ajukan penawaran sekarang!

Baca juga: 7 Penyebab Laptop Mati Total, Ini Cara Mudah Mengatasinya!

Share

Post comment

Product Enquiry