contoh penawaran jasa
1880

Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk membuat contoh penawaran jasa?

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, keberhasilan dalam menawarkan jasa tidak hanya bergantung pada kualitas layanan, tetapi juga pada kemampuan dalam memberikan penawaran yang menarik. 

Sebelum melihat contoh penawaran jasa, mari pahami terlebih dahulu pengertian serta unsur yang terdapat dalam surat penawaran jasa berikut ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Surat Penawaran?

Surat penawaran adalah sebuah dokumen tertulis yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau individu yang berisi penawaran harga atau proposal untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan kepada calon pelanggan.

Tujuan utama dari surat penawaran adalah untuk menjelaskan kepada penerima tentang apa yang ditawarkan oleh pengirim, termasuk harga dan kondisi pembelian. Surat ini juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi formal antara dua pihak dalam proses negosiasi atau penjualan.

Dalam surat penawaran, pengirim biasanya menyampaikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, manfaat, fitur, dan harganya. Selain itu, surat ini juga dapat mencantumkan waktu berlakunya penawaran dan syarat-syarat pembelian yang berlaku.

Oleh sebab itu, surat penawaran bertindak sebagai dokumen resmi yang memberikan gambaran komprehensif kepada calon pelanggan tentang apa yang dapat mereka harapkan dari penawaran yang diberikan.

Baca juga: 5 Jenis-Jenis Promosi untuk Meningkatkan Penjualan, Efektif!

Unsur dalam Surat Penawaran Jasa

Bagaimana cara membuat proposal penawaran jasa? Ketika Anda sedang mengelola bisnis, memahami unsur-unsur dalam surat penawaran menjadi sangat penting. Berikut beberapa unsur yang harus Anda perhatikan dalam menyusun surat penawaran.

  • Kop surat. Kop surat berisi informasi tentang identitas perusahaan atau penyedia jasa, seperti nama, logo, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Kop surat yang profesional akan meningkatkan kepercayaan calon klien.
  • Nomor surat dan tanggal. Nomor surat dan tanggal berguna untuk mengidentifikasi dan melacak surat penawaran. Pastikan nomor surat dan tanggal ditulis dengan benar.
  • Perihal. Menjelaskan isi surat penawaran secara singkat dan jelas. Calon klien dapat langsung mengetahui maksud surat tanpa harus membaca seluruh isi surat.
  • Tujuan. Menyebutkan nama dan jabatan calon klien dengan tepat dapat menunjukkan profesionalisme dan rasa hormat.
  • Salam pembuka. Sapaan pembuka sebagaimana dalam surat resmi lainnya.
  • Isi surat. Merupakan bagian terpenting dalam surat penawaran. Pastikan untuk mencantumkan poin-poin penting, seperti deskripsi produk atau jasa, harga dan paket penawaran, cara pemesanan, serta metode pembayaran.
  • Tanda tangan dan stempel. Tanda tangan dan stempel berperan untuk menunjukkan keabsahan surat penawaran.
  • Lampiran (opsional). Lampiran dapat berisi informasi tambahan, seperti brosur, portofolio, atau daftar klien.

Baca juga: Proses Pengadaan Barang dan Jasa di Perusahaan

Contoh Surat Penawaran Jasa dan Strukturnya

Ketika Anda membuat surat penawaran, penting untuk memperhatikan unsur dan struktur penulisannya. Biasanya, penyusunan penawaran dibagi dalam tiga paragraf, namun hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan transaksi perusahaan jasa Anda.

Paragraf pertama biasanya berisi informasi mengenai identitas produk, kualitas, harga, dan hal-hal terkait lainnya. Jika surat penawaran Anda merupakan tanggapan terhadap permintaan penawaran sebelumnya, hal tersebut juga sebaiknya disampaikan pada paragraf pertama.

Di paragraf kedua, Anda dapat memberikan rincian tentang pembayaran, pengepakan, serta pengiriman barang. Di bagian ini, Anda juga dapat memasukkan informasi mengenai diskon atau program promosi jika ada.

Sementara itu, pada paragraf terakhir, Anda dapat menyampaikan harapan dan ucapan terima kasih kepada calon konsumen yang dituju. Jangan lupa untuk menyertakan langkah-langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh konsumen apabila mereka menerima penawaran tersebut.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, simak contoh penawaran jasa berikut ini.

PT Kreatif Media

Jl. Merdeka No. 12, Jakarta

Telp: (021) 555-1212

Email: info@kreatifmedia.co.id

Jakarta, 14 November 2023

 

Nomor: 001/KM/XI/2023

Perihal: Penawaran Jasa Pembuatan Website

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Perusahaan

[Jabatan Calon Klien]

[Nama Perusahaan Calon Klien]

[Alamat Calon Klien]

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Kreatif Media, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan website dan desain grafis, ingin menawarkan jasa pembuatan website untuk perusahaan Anda. [Cantumkan deskripsi lengkap perusahaan]

Kami menawarkan berbagai macam layanan pembuatan website, seperti:

  • Website statis.
  • Website dinamis.
  • Website e-commerce.
  • Website company profile.
  • Landing page.

Kami juga menyediakan layanan desain grafis untuk website Anda, seperti:

  • Logo.
  • Banner.
  • Poster.
  • Brosur.
  • Infografis.

Kami memiliki tim yang berpengalaman dan ahli dalam bidang pembuatan website dan desain grafis. Kami telah mengerjakan berbagai macam proyek website untuk berbagai macam klien, baik dari perusahaan besar maupun kecil.

Kami menawarkan berbagai macam paket pembuatan website dengan harga yang kompetitif. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. [Melampirkan daftar harga atau paket jasa]

Anda dapat menghubungi kami melalui:

Telepon: (021) 555-1212

Email: info@kreatifmedia.co.id 

Website: [informasi website]

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan sebagai pembuka kerja sama antara PT Kreatif Media dengan [Perusahan Klien]. Kami yakin bahwa kami dapat memberikan layanan terbaik untuk pembuatan website Anda. 

 

Hormat kami,

PT Kreatif Media

 

Selain melihat contoh surat penawaran harga jasa, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengirimkan penawaran jasa melalui email. Berikut contoh email penawaran jasa untuk perusahaan jasa yang sama:

Subject: Penawaran Jasa dari PT. Kreatif Media

 

Kepada Bagian Pemasaran,

[Perusahaan Calon Klien]

[Alamat Perusahaan Calon Klien]

[Kota, Kode Pos]

 

Dengan Hormat,

PT Kreatif Media merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran dan branding. [Cantumkan deskripsi lengkap perusahaan]. Kami ingin mengajukan penawaran jasa kami kepada Anda.

Berikut adalah ringkasan tentang jasa yang kami tawarkan:

[Cantumkan 3 bagian: Deskripsi Jasa, Keunggulan Perusahaan Anda, Harga dan Paket yang Ditawarkan] 

Kami berharap untuk dapat menjadi mitra pemasaran dan branding yang handal bagi perusahaan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tertarik untuk menjadikan kami sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Terima kasih atas perhatian Anda, dan kami menantikan kesempatan untuk bekerja sama dengan Anda.

 

Hormat kami,

[Nama Anda]

[Posisi Anda]

PT Kreatif Media

Jl. Merdeka No. 12, Jakarta

Telp: (021) 555-1212

Email: info@kreatifmedia.co.id

Itulah pengertian, unsur, beserta contoh penawaran jasa yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami pengertian dan cara membuatnya, diharapkan Anda dapat mengembangkan strategi penawaran yang efektif untuk bisnis Anda. 

Selain menemukan cara terbaik untuk menawarkan jasa perusahaan, Anda juga perlu menunjang kinerja bisnis dengan perangkat IT yang mumpuni, namun masih sesuai dengan budget. Oleh karena itu, Asani hadir sebagai solusi terpercaya dalam pemenuhan kebutuhan IT perusahaan Anda.

Kami menyediakan layanan penyewaan berbagai perangkat elektronik, mulai dari komputer, laptop, hingga peralatan rapat yang untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Lebih dari sekadar penyewaan alat elektronik, Asani juga menyediakan solusi untuk pengelolaan aset yang mudah dan efisien melalui aplikasi MyAsani. Dapatkan pula layanan konsultasi gratis dari tim ahli Asani untuk membantu Anda memilih solusi IT yang tepat bagi kebutuhan bisnis Anda.

Tunggu apalagi? Cek katalog Asani dan dan ajukan penawaran melalui WhatsApp maupun email ke cs@asani.co.id sekarang juga!

Baca juga: Value Chain: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuat

Share

Post comment

Product Enquiry