contoh surat permohonan kerja sama
1280

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, penting bagi para pebisnis untuk memahami betapa krusialnya kerja sama dengan pihak lain. Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan memahami contoh surat permohonan kerja sama yang tepat dan profesional. 

Surat tersebut dapat menjadi kunci untuk membuka pintu peluang mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Artikel berikut akan membahas lebih dalam mengenai contoh surat permohonan kerja sama bagi pebisnis. Yuk, simak! 

Apa itu Surat Permohonan Kerja sama?

Surat permohonan kerja sama adalah surat yang digunakan untuk meminta atau memohon kerja sama dengan pihak lain. Surat ini merupakan langkah awal dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain. Di samping itu, surat permohonan kerja sama perusahaan ini juga berperan sebagai tawaran yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

Saat membuat surat penawaran kerja sama, penting untuk membuatnya dengan jelas dan terperinci. Lalu, pastikan juga surat ditujukan kepada pihak yang dapat memenuhi permintaan Anda. Selain itu, tujuan dan alasan permohonan harus disampaikan dengan jelas disertai informasi serta bukti yang mendukung.

Format Surat Permohonan Kerja sama

Untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan, contoh surat permohonan kerja sama bisa menjadi referensi sebelum membuatnya. Berikut format untuk membuat surat permohonan kerja sama yang bisa Anda terapkan:

  1. Kop surat: Bagian ini berisi informasi tentang perusahaan pengirim surat, seperti nama perusahaan, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi.
  2. Kepala surat: Pada bagian kepala surat, Anda dapat mencantumkan tanggal pembuatan surat, nomor surat, lampiran, perihal, dan alamat tujuan surat.
  3. Bagian pembuka surat: Anda bisa menuliskan ungkapan dengan hormat dan penjelasan singkat mengapa surat pengajuan kerja sama dikirimkan pada bagian pembuka surat ini.
  4. Isi surat: Untuk bagian isi surat, Anda bisa menjelaskan permohonan kerja sama yang ditawarkan dan memberikan usulan mengenai teknis kerja sama. Selain itu, berikan juga informasi tentang kelebihan yang dimiliki bisnis.
  5. Penutup surat: Penutup surat biasanya berisi harapan untuk menjalin kerja sama dengan pihak penerima surat. Lengkapi juga bagian ini dengan nama, tanda tangan, dan stempel sebagai bukti legalitas surat.

Baca juga: Scale Up Bisnis: Pengertian, Ciri, Strategi dan Hambatannya

Fungsi Surat Permohonan Kerja sama

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, surat permohonan kerja sama dapat menjadi langkah yang efektif untuk membangun hubungan dan mengajukan usulan kerja sama. Namun, tahukah Anda, apa saja fungsi penting dari surat permohonan kerja sama? Berikut uraiannya. 

1. Cara untuk Menjalin Hubungan Bisnis

Surat permohonan kerja sama dapat berfungsi sebagai cara untuk menjalin hubungan dan memperluas jaringan bisnis dengan pihak lain.

Surat permohonan yang disusun dengan baik dan sopan dapat memberikan kesan positif dan profesional. Tak hanya itu, surat permohonan yang baik juga dapat meningkatkan citra serta reputasi perusahaan Anda di mata pihak eksternal.

2. Alat untuk Memohon atau Meminta Sesuatu

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, surat permohonan berperan sebagai sarana untuk meminta atau mengajukan sesuatu kepada pihak yang dapat memenuhi permintaan tersebut.

Surat ini juga digunakan untuk mengajukan proposal kerja sama kepada pihak tertentu, seperti perusahaan atau organisasi. Isi dari surat permohonanan ini harus mencakup jenis kerja sama yang diusulkan, manfaat bagi kedua belah pihak, dan rencana tindakan yang akan dilakukan.

Contoh Surat Permohonan Kerja sama

Setelah memahami berbagai fungsi dan kegunaan surat permohonan kerja sama, Anda juga perlu mengetahui struktur penulisan contoh surat permohonan kerja sama perusahaan yang tepat. Berikut ini adalah contoh surat permohonan kerja sama yang dapat Anda jadikan referensi:

Contoh 1:

 

TechPro Solutions
Jl. Teknologi Baru No. 123 Jakarta, Indonesia
Website: www.techprosolutions.com, Email: info@techprosolutions.com

Telp: (021) 1234-5678, Fax: (021) 1234-5679

13 Maret 2024

Nomor: TPS/2024/03
Lampiran: 1


Perihal: Permohonan Kerja sama Bisnis

Kepada Yth., PT Digital Innovation
Jl. Canggih Raya No. 456

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Kami dari TechPro Solutions, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan solusi perangkat lunak, ingin mengajukan permohonan kerja sama bisnis dengan perusahaan Anda, PT Digital Innovation. Kami percaya bahwa kerja sama ini akan membawa manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Kami tertarik untuk menjalin kerja sama dalam hal pengembangan produk bersama yang akan memanfaatkan teknologi terbaru dalam industri kami. Kami yakin bahwa kombinasi sumber daya dan keahlian dari kedua perusahaan dapat menciptakan produk-produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

Sebagai langkah awal, kami telah menyusun proposal kerja sama yang berisi rincian tujuan, manfaat, dan langkah-langkah yang akan diambil dalam kerja sama ini. Lampiran proposal kami sertakan bersama surat ini untuk referensi lebih lanjut.

Kami sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai proposal ini dalam pertemuan yang dapat dijadwalkan sesuai dengan ketersediaan waktu Anda. Kami yakin bahwa kerja sama ini akan membawa hasil yang positif bagi kedua belah pihak.

Kami sangat menghargai waktu dan perhatian Bapak/Ibu. Semoga kita dapat segera menjalin hubungan kerja yang sukses.

Hormat kami,

Rudi Wijaya
Manager Bisnis

Baca juga: Procurement Adalah: Pengertian, Jenis, Proses, dan Prinsip

Contoh 2:

PT Harmoni Seni

Jl. Seni Kreatif No. 25 Jakarta, Indonesia

Website: www.harmoniseni.co.id, Email: info@harmoniseni.co.id

Telp: (021) 7654-3210, Fax: (021) 1234-5679

13 Maret 2024

Nomor: HS/2024/03

Lampiran: 1

Perihal: Permohonan Kerja sama Pameran Seni

 

Kepada Yth., Bapak/Ibu Direktur Galeri Seni Makmur

Jl. Karya Indah No. 15

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, kami dari PT Harmoni Seni yang diwakili oleh saya, Karina Santoso selaku Direktur, ingin mengajukan permohonan kerja sama untuk menyelenggarakan pameran seni bersama dengan Galeri Seni Makmur. 

Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk memperluas jangkauan pengaruh seni dan memperkenalkan karya-karya seniman lokal kepada masyarakat yang lebih luas. Bersama surat ini, kami menawarkan kerja sama dalam beberapa hal, yaitu:

  1. Penyelenggaraan pameran seni yang akan menampilkan karya-karya seniman lokal dengan tujuan meningkatkan apresiasi seni dan menginspirasi generasi muda untuk lebih tertarik pada dunia seni.
  2. Menyelenggarakan workshop seni yang melibatkan seniman-seniman terkemuka dan masyarakat umum sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang seni.
  3. Mengadakan program edukasi seni untuk sekolah-sekolah dan institusi pendidikan dengan tujuan memperkenalkan nilai-nilai seni kepada generasi muda dan mendukung perkembangan bakat seni mereka.

Sebagai langkah awal, kami akan mengatur pertemuan untuk membahas lebih lanjut mengenai rincian kerja sama ini dan menetapkan langkah-langkah selanjutnya yang dapat diambil. Kami percaya bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat positif bagi perkembangan dunia seni lokal dan memperkuat hubungan antara kedua belah pihak.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. Kami berharap dapat menjalin kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan Galeri Seni Makmur.

Hormat kami,

Karina Santoso

Direktur PT Harmoni Seni

Perlu diingat, bahwa contoh surat permohonan kerja sama tersebut hanya sebagai referensi. Pastikan untuk menyesuaikan isi surat dengan kebutuhan, permintaan, atau situasi perusahaan Anda.

Itulah ulasan lengkap mengenai contoh permohonan kerja sama yang perlu diketahui oleh pebisnis. Dengan memahaminya, diharapkan dapat menjadi panduan awal untuk menjalin hubungan bisnis yang menguntungkan.

Namun, kerja sama yang sukses tak hanya berhenti di surat. Untuk mendukung produktivitas dan efisiensi bisnis, Anda tentunya membutuhkan peralatan IT yang mumpuni. Di sini, Asani hadir sebagai solusi untuk kebutuhan IT perusahaan Anda. 

Kami menyediakan berbagai perangkat elektronik mulai dari komputer, laptop, hingga peralatan rapat yang dapat menunjang kelancaran operasional bisnis yang bisa Anda cek di katalog Asani.

Asani juga menawarkan fitur pengelolaan aset dengan mudah dan praktis melalui aplikasi MyAsani. Tak hanya itu, Asani siap membantu apabila memiliki masalah terkait pengadaan IT di perusahaan Anda melalui layanan konsultasi gratis.

Tunggu apa lagi? Daftar MyAsani dan ajukan penawaran sekarang juga melalui WhatsApp ataupun email ke cs@asani.co.id.

Baca juga: Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa: Jenis & Cara Pembayaran

Share

Post comment

Product Enquiry