cyber security adalah
10

Cyber security adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi data dalam sistem komputer.

Pasalnya, di era modern ini, banyak aktivitas yang dilakukan secara digital, mulai dari sistem pembayaran, hingga penyimpanan data pelanggan, sehingga Anda akan sering berhadapan dengan ruang siber.

Itulah sebabnya, Anda perlu memperkuat sistem keamanan jaringan dalam komputer agar tidak mudah diserang oleh hacker.

Untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu cyber security, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Cyber Security?

Pengertian cyber security adalah sistem keamanan yang diperlukan untuk melindungi data dalam komputer, perangkat seluler, hingga jaringan dari serangan siber.

Pada umumnya, serangan tersebut bersifat ilegal dan membahayakan data yang ada dalam suatu sistem komputer. 

Itulah sebabnya, penting untuk memperkuat keamanan dalam komputer pribadi maupun perusahaan.

Contoh cyber security sendiri bisa berupa firewall, autentikasi, hingga enkripsi yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perlindungan dalam bentuk perangkat lunak atau pembaruan sistem.

Konsep Cyber Security

Pada umumnya, konsep cyber security terbagi menjadi tiga aspek keamanan. Adapun ketiga konsep cyber security adalah sebagai berikut.

1. Kerahasiaan

Salah satu konsep cyber security adalah kerahasiaan atau confidentiality. Konsep ini berhubungan dengan perlindungan terhadap informasi sensitif dari akses ilegal.

Praktik dari konsep kerahasiaan ini adalah tindakan mengontrol akses data untuk menghindari kebocoran informasi.

Di samping itu, konsep ini juga biasa Anda kenali dalam bentuk two factor authentication atau tahap autentikasi ganda.

2. Integritas

Konsep keamanan siber selanjutnya adalah integritas atau integrity. Fungsi dari integritas sendiri adalah untuk menjaga keaslian serta kebenaran suatu data.

Misalnya adalah pada suatu perusahaan perniagaan yang harus menjaga data milik pelanggannya agar tidak terjadi pencurian informasi.

3. Ketersediaan

Terakhir, konsep cyber security adalah availability atau ketersediaan. Konsep satu ini berhubungan dengan upaya untuk memastikan bahwa sistem dapat diakses oleh pengguna yang memiliki wewenang.

Itu artinya, Anda perlu menjaga performa suatu aplikasi maupun website perusahaan agar bisa diakses dengan mudah, sehingga pengunjung dapat memperoleh layanan secara lebih baik.

Baca juga: 5 Cara Update Driver Laptop Windows dengan Mudah, Yuk Simak!

Jenis-Jenis Cyber Security

Nah, keamanan siber ini memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Adapun jenis-jenis cyber security adalah sebagai berikut.

1. Network Security

Salah satu jenis cyber security adalah keamanan network yang berfungsi untuk melindungi jaringan internal dari risiko serangan siber.

Network security ini sangat penting untuk digunakan, khususnya pada perusahaan yang menerapkan sistem jaringan di dalam operasionalnya.

Sebab, melalui penggunaan network security, suatu perusahaan dapat melindungi asetnya dari risiko akses ilegal maupun gangguan lainnya.

Di samping itu, penerapan network security juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan efisiensi pengaturan lalu lintas jaringan.

2. Cloud Security

Jenis keamanan siber berikutnya adalah cloud security. Nah, sistem keamanan ini berfungsi untuk melindungi data yang tersimpan di dalam cloud storage.

Cloud security sendiri terdiri atas pengelolaan akses yang ketat, enkripsi data, serta pemantauan secara berkala terhadap aktivitas mencurigakan.

3. Application Security

Terakhir, contoh cyber security adalah keamanan aplikasi. Seperti namanya, application security berfungsi untuk melindungi aplikasi dari serangan siber.

Pasalnya, suatu aplikasi cenderung rentan menerima akses secara ilegal, sehingga untuk meningkatkan keamanannya, Anda perlu menggunakan application security.

Jenis keamanan siber satu ini membutuhkan tahapan pengujian serta pengembangan aplikasi untuk membantu mengidentifikasi dan memperbaiki sistem perlindungannya.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer & Flashdisk

Contoh Ancaman Cyber Security

Dalam penerapan cyber security, terdapat beberapa jenis ancaman yang perlu dihadapi. Adapun sejumlah jenis ancaman cyber security adalah sebagai berikut.

1. Cyber Attack

Salah satu contoh ancaman cyber security adalah serangan dunia maya yang umumnya melibatkan kepentingan politik.

Aktivitas cyber attack ini bertujuan untuk mengumpulkan data, mencuri informasi, serta mengambil alih sistem yang ditargetkan.

2. Cyber Crime

Contoh ancaman keamanan siber berikutnya adalah cyber crime yang biasanya menyasar suatu sistem komputer.

Biasanya, seorang hacker akan melakukan akses pada sistem komputer secara ilegal untuk memanipulasi data demi tujuan tertentu, seperti mencari keuntungan finansial atau menciptakan gangguan.

3. Cyber Terrorism

Terakhir, contoh ancaman cyber security adalah serangan teroris. Nah, aktivitas cyber terrorism ini dianggap cukup berbahaya, sehingga bisa menimbulkan ketakutan dan kepanikan dalam skala besar.

Biasanya, aktivitas ini dilakukan dalam bentuk pengancaman, intimidasi, hingga provokasi melalui sistem komputer.

Cara Kerja Cyber Security

Nah, agar sistem komputer Anda lebih aman, terdapat beberapa cara kerja cyber security yang bisa diterapkan.

Adapun beberapa contoh cyber security adalah sebagai berikut.

1. Memperbarui Software

Salah satu contoh cyber security adalah dengan memperbarui software dalam perangkat komputer. 

Cara kerja ini dianggap cukup efektif untuk meningkatkan sistem keamanan komputer Anda.

Oleh sebab itu, banyak pengembang perangkat lunak yang secara bertahap merilis update untuk membantu meningkatkan sistem keamanan dalam software.

2. Menggunakan Antivirus

Cara kerja cyber security selanjutnya adalah dengan menggunakan antivirus dalam sistem komputer.

Nah, antivirus adalah suatu perangkat lunak yang membantu memindai malware dalam komputer dan menawarkan solusi untuk menghapusnya.

Dengan memasang antivirus dalam komputer, maka data-data Anda akan lebih aman dari akses ilegal.

3. Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Terakhir, cara kerja cyber security adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik pada perangkat Anda.

Cara ini diperlukan untuk mengunci sistem komputer agar tidak mudah ditembus oleh hacker

Nah, untuk membuat password yang unik dan kuat, sebaiknya Anda memadukan beberapa huruf, angka, hingga simbol. 

Bentuk kata sandi ini termasuk sebagai password yang cukup populer untuk membantu menjamin keamanan data.

Peluang Kerja Jurusan Cyber Security

Setelah mengetahui apa itu cyber security, konsep, jenis-jenis, hingga ancamannya, lantas, bagaimana peluang kerjanya?

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, cyber security adalah suatu praktik perlindungan untuk sistem komputer atau perangkat elektronik. 

Di sisi lain, pekerjaan cyber security masih belum cukup populer di Indonesia, sehingga peluang untuk terjun pada profesi ini pun relatif besar.

Tak hanya itu, pekerjaan satu ini juga cukup luas, mulai dari computer forensic specialist, incident responder, hingga security engineer.

Lantas, apa saja tugas dari pekerjaan cyber security? Nah, secara sederhana, tugas cyber security adalah membantu mengamankan dan melindungi informasi suatu perusahaan dari serangan siber.

Di samping itu, gaji cyber security juga cukup menjanjikan, yaitu sekitar Rp5.000.000 sampai Rp10.000.000 untuk tingkatan pemula.

Tingkatkan Keamanan Perangkat Komputermu dengan ASANI

Demikian sederet penjelasan mengenai apa itu cyber security, konsep, jenis-jenis, ancaman, hingga peluang kerjanya.

Dapat disimpulkan bahwa cyber security adalah aspek penting yang perlu diterapkan pada sistem komputer agar data di dalamnya tetap aman.

Nah, jika ingin mendapatkan perangkat komputer dengan sistem keamanan yang terjamin, Anda bisa memperolehnya di Asani.

Asani adalah partner terbaik bagi perusahaan Anda yang menyediakan layanan penyewaan komputer maupun laptop sekaligus jasa konsultasi terkait berbagai permasalahan IT.

Jadi, saat menyewa komputer atau laptop di Asani, Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi untuk mendapatkan solusi tentang masalah pada perangkat IT.

Untuk itu, tunggu apa lagi, yuk minta penawaran sekarang juga dan dapatkan manfaat terbaiknya!

Baca juga: Apa itu Ransomware? Pengertian, Jenis, dan Cara Mencegahnya

Share

Post comment

Product Enquiry