pemasaran holistik adalah
1330

Pemasaran holistik adalah strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam suatu bisnis. Tidak hanya tentang promosi dan meningkatkan keuntungan perusahaan, konsep pemasaran holistik lebih luas daripada itu.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui tentang strategi pemasaran holistik ini. Semakin Anda memahami suatu strategi pemasaran, maka semakin tinggi pula potensi Anda memperkuat bisnis di pasaran. Maka dari itu, mari simak pembahasan tentang pemasaran holistik berikut ini.

Apa itu Pemasaran Holistik?

Pemasaran holistik adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan seluruh unsur bisnis dalam penerapannya. Holistik sendiri memiliki arti menyeluruh. Sama seperti artinya, strategi ini mengharuskan seluruh aspek dalam sebuah bisnis untuk saling bekerja sama.

Konsep pemasaran holistik memiliki pendekatan yang berbeda dari strategi lainnya. Pendekatan dalam pemasaran holistik memiliki dasar untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Dalam penerapannya, dibutuhkan koordinasi yang solid dari masing-masing aspek bisnis untuk meraih tujuan yang sama.

Komponen Pemasaran Holistik

Dalam penerapannya, pemasaran holistik memiliki 4 komponen. Adapun 4 komponen dari konsep pemasaran holistik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hubungan Pemasaran (Relationship Marketing)

Perlu diingat, suatu bisnis biasanya melibatkan banyak orang dan jarang ada yang dilakukan sendirian. Dalam hal ini, tujuan relationship marketing dalam pemasaran holistik adalah untuk mempertahankan hubungan baik dengan pihak-pihak yang terkait dengan bisnis.

Bukan hanya kepada para konsumen, tapi Anda juga perlu menjaga hubungan baik dengan para investor, distributor, karyawan, dan lain-lain. Perlu diketahui, strategi ini merupakan strategi jangka panjang yang efeknya tidak bisa dirasakan secara langsung. Jadi, untuk memaksimalkan strategi ini, sebaiknya diterapkan sedini mungkin.

2. Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing)

Karena diterapkan secara menyeluruh, maka semua strategi yang ada perlu diintegrasikan. Tujuan dari integrated marketing dalam pemasaran holistik adalah untuk menyeragamkan strategi yang diterapkan agar orang-orang di luar anggota internal bisnis bisa memiliki persepsi yang sama terhadap bisnis Anda.

Dengan adanya integrasi serta koordinasi yang baik dari masing-masing aspek yang ada dalam bisnis Anda, tujuan dari bisnis bisa tersampaikan dengan baik serta bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas.

3. Pemasaran Internal (Internal Marketing)

Agar dapat membuat suatu bisnis semakin meningkat, Anda perlu membuat orang-orang yang terlibat di dalamnya mengerti akan tujuan dari bisnis tersebut. Tujuan dari internal marketing dalam pemasaran holistik adalah untuk mengenalkan visi misi perusahaan atau bisnis Anda kepada anggota maupun karyawan yang terlibat di dalam bisnis Anda.

Ketika anggota internal bisnis sudah memahami tujuan yang ingin dicapai, maka strategi apapun akan semakin mudah untuk diterapkan. Kerja sama yang dijalin juga akan semakin solid sehingga performa dari bisnis pun juga meningkat.

4. Kinerja Pemasaran (Performance Marketing

Dalam menjalankan suatu bisnis, hal yang perlu diperhatikan tidak hanya soal keuntungan saja. Tujuan dari performance marketing dalam pemasaran holistik adalah mengevaluasi banyak hal yang berkaitan dengan bisnis, seperti kepuasan pelanggan, kualitas produk, retensi, dan lain-lain.

Selain itu, performance marketing juga mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari pelaksanaan bisnis. Dengan menerapkan hal ini, perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan bisa lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan setiap kegiatan yang ada. 

Manfaat Pemasaran Holistik

Contoh pemasaran holistik yang sudah diterapkan secara baik adalah keterlibatan dari seluruh aspek bisnis yang ada. Untuk bisa mencapai hal tersebut tidaklah mudah karena harus melibatkan banyak hal yang ada dalam bisnis Anda. Namun, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat jika berhasil menerapkan pemasaran holistik. Adapun manfaat pemasaran holistik adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Perusahaan

Manfaat pertama dari pemasaran holistik adalah meningkatnya kepercayaan dan kredibilitas dari perusahaan. Dalam penerapan pemasaran holistik, perusahaan atau bisnis Anda akan menjaga hubungan baik dengan seluruh pihak yang berhubungan dengan perusahaan Anda.

Hubungan baik tersebut menjadi sebuah pondasi yang bisa meningkatkan kepercayaan serta kredibilitas perusahaan atau bisnis Anda di khalayak umum. Semakin tinggi tingkat kepercayaan serta kredibilitas dari bisnis Anda, maka semakin terjamin pula keberlangsungannya.

2. Mendorong Inovasi Produk

Manfaat kedua dari pemasaran holistik adalah terdorongnya inovasi produk dalam bisnis. Dengan dilakukannya evaluasi dari segala sisi, Anda bisa mengetahui kekurangan dari produk yang ditawarkan. Dengan begitu, berbagai inovasi bisa muncul untuk membuat produk Anda semakin unggul.

Selain itu, karena evaluasi yang dilakukan juga berdasarkan hal sosial dan lingkungan, maka produk yang Anda hasilkan akan semakin mudah diterima oleh khalayak umum. Dengan inovasi yang terus berkembang, maka keberlangsungan bisnis Anda pun akan semakin terjamin.

3. Kegiatan Pemasaran akan Berjalan Jauh Lebih Mudah

Manfaat selanjutnya dari pemasaran holistik adalah kegiatan pemasaran akan berjalan jauh lebih mudah. Karena sudah melibatkan seluruh aspek bisnis dalam penerapannya, maka jalannya kegiatan pemasaran juga akan jauh lebih efektif.

Begitu pula jika terjadi suatu permasalahan. Seluruh aspek yang ada akan terus berkoordinasi untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Dengan begitu, meski ada suatu permasalah yang menghadang, bisnis Anda pasti akan bisa melewatinya dengan mudah.

4. Mampu Menyesuaikan dengan Kondisi Pasar

Manfaat lain dari pemasaran holistik adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pasar. Dengan adanya evaluasi serta hubungan baik dari banyak pihak, Anda dapat memahami mengerti kebutuhan-kebutuhan pasar yang ada saat ini.

Lebih lanjut, Anda bisa menyesuaikan produk maupun layanan dengan kondisi pasar yang ada saat ini serta mengetahui perubahan kondisi pasar.

5. Menjadi Investasi Jangka Panjang untuk Bisnis Anda

Salah satu manfaat paling penting dalam penerapan pemasaran holistik adalah investasi jangka panjang. Dengan menerapkan pemasaran holistik, bisnis Anda akan memiliki kemampuan untuk menganalisa kebutuhan pasar, membuat produk yang inovativ, serta memiliki alur pemasaran yang efektif. Dengan berbagai kemampuan tersebut, bisnis Anda akan terjamin keberlangsungannya di masa depan.

Namun, perlu diingat bahwa pemasaran holistik adalah sebuah investasi, sehingga hasilnya tidak bisa langsung dirasakan. Selain itu, dibutuhkan penerapan secara konsisten untuk bisa merasakan manfaatnya.

Setelah membaca dan memahami beberapa pembahasan di atas, Anda bisa mulai menerapkan strategi tersebut. Namun perlu diingat, keberhasilan suatu bisnis tidak bisa dicapai hanya dengan penerapan strategi pemasaran yang efektif, tapi juga harus didukung dengan hal-hal lain, seperti menyediakan fasilitas kantor yang mumpuni.

Dengan fasilitas yang bagus, produktivitas dari bisnis yang Anda jalankan bisa semakin meningkat. Untuk Anda yang ingin menyediakan fasilitas kantor yang bagus, Anda bisa menyewanya di Asani

Asani menyediakan berbagai peralatan IT, seperti komputer, laptop, speaker hingga LCD yang bisa Anda sewa untuk kebutuhan kantor. Jika tertarik, Anda bisa langsung melihat perangkatnya di katalog sewa Asani.

Perlu diketahui, menyewa jauh lebih hemat daripada membeli perangkat baru. Dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan peralatan paling up-to-date dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan membeli peralatan tersebut setiap kali terdapat versi terbarunya. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera minta penawaran dengan menghubungi WhatsApp kami atau kirim email ke cs@asani.co.id. Ayo, buat fasilitas kantor Anda semakin canggih bersama Asani!

Share

Post comment

Product Enquiry