fasilitas kantor
10

Fasilitas kantor adalah berbagai layanan yang disediakan perusahaan untuk karyawannya. Pada umumnya, sarana dan fasilitas kantor yang disediakan menjadi salah satu pertimbangan karyawan sebelum memilih tempat kerja.

Misalnya, mereka mungkin mempertimbangkan kemudahan kerja hingga ketersediaan teknologi yang membantu karyawan di kantor.

Untuk mengetahui fasilitas kantor apa saja yang biasanya diharapkan karyawan guna meningkatkan produktivitas, yuk baca artikel ini hingga akhir!

Daftar Fasilitas Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas

Tentunya fasilitas kantor yang memadai dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Sebab, ketersediaan fasilitas kantor ini dapat membuat karyawan nyaman selama bekerja, sehingga mampu memberikan hasil pekerjaan yang optimal.

Dengan meningkatnya produktivitas karyawan, perusahaan pun mampu meningkatkan kepuasan klien yang berpengaruh terhadap image dan pendapat perusahaan. Dari sini, fasilitas kantor menjadi sangat vital keberadaannya.

Adapun jenis fasilitas kantor yang biasanya dibutuhkan adalah:

1. Program Pengembangan SDM

Fasilitas kantor yang pertama adalah program pengembangan SDM.

Jadi, kantor bisa memberi kesempatan kepada karyawan untuk ikut workshop pengembangan diri, seperti leadership, management, hingga skill training.

Dengan begitu, keterampilan karyawan akan terus terasah di perusahaan tempatnya bekerja.

2. Ruang Kerja yang Memadai

Ruang kerja yang memadai termasuk ke dalam fasilitas kantor yang harus disediakan oleh perusahaan.

Misalnya, ada kantor di bidang kreatif yang menyediakan ruang kerja terbuka dengan meja besar dan kursi ergonomis.

Jika berada di bagian keuangan, hal tersebut mungkin tidak cocok dengan kebutuhan karyawan. Jadi, kantor sebaiknya menyediakan kubikel khusus untuk divisi keuangan.

Dalam ruangan ini, kantor dapat menyediakan safety box dan rak penyimpanan dokumen finansial yang hanya bisa diakses karyawan di divisi keuangan.

Selain itu, perusahaan juga sebaiknya menyediakan ruang meeting dan conference. Adapun ruangan ini digunakan karyawan untuk mendiskusikan pekerjaan serta mengambil keputusan.

Perlu dipahami bahwa kebersihan dan kelengkapan fasilitas juga termasuk ke dalam aspek kelayakan ruang kerja yang harus diperhatikan.

Jangan lupa, kantor sebaiknya menyediakan ruangan dan kelengkapannya sesuai dengan jumlah dan kebutuhan karyawan.

Baca juga: Seat Management: Definisi, Manfaat, & Tahapan Pelaksanaannya

3. Fasilitas Keamanan dan Penanggulangan Keadaan Darurat

Fasilitas keamanan dan penanganan keadaan darurat merupakan salah satu fasilitas kantor yang diharapkan karyawan.

Terkait hal ini, perusahaan sebaiknya menyediakan satpam, CCTV, alarm, alat penyiram maupun pemadam api, detektor panas ruangan dan asap, hingga teknisi untuk mengelola fasilitas di dalam kantor.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, karyawan akan lebih merasa terlindungi ketika berada di kantor.

Selain itu, barang berharga yang dimiliki karyawan serta aset perusahaan akan lebih aman.

4. Resepsionis

Resepsionis juga merupakan salah satu fasilitas kantor yang perlu disediakan oleh perusahaan.

Dengan adanya resepsionis, tamu akan lebih nyaman membuat janji atau bertanya ketika berkunjung.

Jangan lupa, sediakan ruang tunggu yang nyaman dengan sofa, meja, penyejuk ruangan seperti AC, minuman, hingga camilan.

5. Layanan Kebersihan

Fasilitas kantor yang diharapkan karyawan selanjutnya adalah layanan kebersihan.

Tentu, jika kantor bersih dan wangi, karyawan akan menjadi lebih nyaman selama bekerja.

Oleh karena itu, kantor harus menyediakan fasilitas dan tenaga kebersihan yang memadai. Perusahaan pun bisa menggunakan jasa layanan kebersihan dari pihak ketiga.

6. Toilet

Fasilitas kantor untuk karyawan lainnya adalah toilet. Selain untuk keperluan buang air, toilet juga menjadi tempat bagi karyawan untuk merapikan penampilan.

Berkaitan dengan hal ini, kantor harus memastikan kebersihan toilet terjaga dan jumlahnya cukup untuk seluruh karyawan.

7. Lahan Parkir

Tentunya lahan parkir adalah salah satu fasilitas kantor yang diharapkan karyawan.

Sesuai lahan yang ada, kantor dapat menyediakan tempat parkir di luar ruangan dan/atau basement. Dengan lahan parkir yang memadai, karyawan akan merasa kebutuhannya lebih terfasilitasi oleh kantor.

Baca juga: 14 Aplikasi Absensi Karyawan untuk Perusahaan, Fitur Lengkap!

8. Tunjangan Transportasi

Salah satu contoh fasilitas kantor yang diharapkan karyawan adalah tunjangan transportasi.

Tunjangan ini bisa berupa menyediakan kendaraan untuk karyawan saat bertemu klien atau berupa biaya parkir, bensin, tol, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan transportasi.

Utamanya, tunjangan transportasi akan bermanfaat untuk karyawan yang tempat tinggalnya jauh atau kerap melakukan perjalanan bisnis ke luar kota untuk menemui klien.

Selain itu, kantor juga dapat memberikan tunjangan akomodasi untuk perjalanan bisnis, seperti pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat.

9. Tunjangan Tempat Tinggal

Fasilitas kantor untuk karyawan lainnya adalah tunjangan tempat tinggal. Adapun fasilitas ini sebaiknya diberikan untuk karyawan yang harus tinggal di luar kota.

Dengan fasilitas ini, karyawan akan lebih nyaman untuk dipindahtugaskan.

Jangan lupa, perjelas bagaimana bentuk tunjangan tempat tinggalnya, berapa lama jangka waktunya, dan apakah ada biaya tambahan yang perlu dibayarkan oleh karyawan.

10. Tempat Ibadah

Tempat ibadah juga termasuk fasilitas yang wajib tersedia di kantor. Dengan adanya fasilitas ini, karyawan tidak perlu repot-repot ke luar kantor untuk beribadah.

Tempat ibadah juga perlu dipastikan kebersihannya terjaga dan berlokasi di tempat yang jauh dari kebisingan sehingga karyawan bisa beribadah dengan nyaman.

11. Ruang Istirahat dan Hiburan

Fasilitas kantor lainnya adalah ruang istirahat dan hiburan. Tentunya, karyawan membutuhkan waktu beristirahat selama bekerja di kantor.

Jika diberikan ruang istirahat dan fasilitas hiburan yang nyaman, karyawan dapat beristirahat dengan maksimal sekaligus bonding antar karyawan.

Adapun ruang istirahat dapat dibuat seperti lounge dengan sofa dan meja atau berbentuk taman di rooftop.

Kemudian, kantor dapat menyediakan fasilitas hiburan seperti konsol game, billiard, hingga indoor sport.

Namun, pastikan untuk menetapkan aturan terkait fasilitas tersebut, di mana karyawan hanya boleh menggunakannya saat waktu istirahat agar tidak mengganggu pekerjaan.

Baca juga: Lebih Baik Laptop atau PC untuk Kebutuhan Perusahaan?

12. Makan dan Minum

Biasanya, kantor menyediakan pantry yang dilengkapi tempat menyimpan makanan, piring, dan perkakas. Di pantry, karyawan dapat membuat serta menikmati minuman dan makanan yang disediakan.

Namun, ada juga perusahaan yang memilih membuat kantin untuk memenuhi kebutuhan tersebut agar karyawan bisa makan dan minum dengan nyaman.

Jika tidak tersedia kantin, ada pula kantor yang menawarkan layanan catering sehingga karyawan tak perlu membeli makan siang dari luar kantor.

13. Teknologi yang Memadai

Adapun fasilitas kantor yang wajib disediakan oleh perusahaan, terlebih jika bisnisnya bergerak di bidang digital, yaitu fasilitas teknologi yang memadai.

Contohnya adalah WiFi, printer dan mesin fotokopi, generator set, laptop atau komputer, software pendukung bidang kerja, bilik telefon, infocus, hingga LCD.

Dengan begitu, karyawan bisa lebih produktif karena pekerjaannya tidak terhambat kebutuhan teknologi.

14. Sponsor Beasiswa

Sponsor beasiswa sebetulnya bukanlah fasilitas wajib, namun hal ini bisa menjadi nilai plus bagi perusahaan.

Pada umumnya, kantor memberikan sponsor beasiswa untuk karyawan dengan kriteria tertentu supaya bisa melanjutkan pendidikannya

Tidak hanya menguntungkan karyawan, beasiswa diberikan perusahaan agar mereka bisa berkontribusi lebih besar di kantor dalam jangka panjang.

Biasanya, karyawan akan disyaratkan untuk mengabdi kepada perusahaan selama jangka waktu tertentu.

15. Fleksibilitas Kerja

Fasilitas kantor yang diharapkan karyawan lainnya adalah fleksibilitas kerja.

Dengan memberikan opsi waktu dan tempat kerja yang fleksibel, karyawan akan lebih nyaman untuk mengabdi kepada perusahaan.

Misalnya, dalam keadaan mendesak, kantor bisa memberikan keringanan waktu kerja kepada karyawan.

Bahkan, karena kemudahan teknologi pada masa kini, karyawan dapat bekerja dan berkolaborasi dari mana saja.

Oleh sebab itu, ada kantor yang mengimplementasikan WFA atau Work From Anywhere. Umumnya, dengan kebijakan ini, tempat dan waktu kerja disesuaikan kebutuhan tiap divisi serta kondisi karyawan.

Baca juga: Perangkat Kerja untuk Karyawan WFH dan WFO (Hybrid)

16. Fasilitas Khusus untuk Wanita

Perusahaan juga dapat mempertimbangkan fasilitas kantor yang dikhususkan bagi karyawan wanita.

Berdasarkan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 81 ayat 1, pekerja perempuan tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami nyeri parah.

Kemudian, pada UU yang sama Pasal 28 ayat 1, disebutkan bahwa mereka juga dapat mengambil cuti sebelum, saat, dan setelah melahirkan.

Selain itu, penyediaan ruang menyusui dan penitipan anak juga akan memudahkan ibu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, ibu akan merasa lebih nyaman ketika bekerja di kantor tersebut.

17. Fasilitas Pendukung Kesehatan

Fasilitas pendukung kesehatan juga wajib disediakan perusahaan untuk membantu karyawan yang tengah mengalami masalah kesehatan, baik fisik maupun mental, seperti stres, burnout, hingga depresi.

Dalam hal ini, kantor dapat menawarkan layanan psikolog in-house atau bekerja sama dengan lembaga konseling tertentu serta menyediakan asuransi kesehatan.

18. Cuti Berbayar

Selanjutnya, cuti berbayar merupakan contoh fasilitas kantor yang diharapkan karyawan.

Pasalnya, karyawan tentu membutuhkan waktu istirahat atau mempunyai hal urgent yang tidak bisa dilewatkan sehingga butuh mengambil jatah cuti.

Jika diberikan fasilitas cuti berbayar, karyawan tentu tidak akan merasa gelisah untuk menggunakan jatah libur ini.

Sewa Berbagai Perangkat Komputer di Asani untuk Menunjang Fasilitas Kantor!

Demikian beberapa contoh fasilitas kantor yang perlu disediakan perusahaan. Adapun ketersediaan teknologi menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh karyawan.

Sebagai solusi mudah dan terjangkau, Anda bisa menyewa berbagai perangkat komputer di Asani!

Asani adalah jasa sewa perangkat komputer sekaligus penyedia layanan solusi IT.

Di Asani, Anda bisa menyewa berbagai macam perangkat IT sesuai kebutuhan kantor, mulai dari switch, laptop, hingga macbook.

Tidak perlu khawatir, harga sewa perangkat-perangkat ini sangat terjangkau sesuai alat yang dipilih.

So, tunggu apalagi? Jika Anda tertarik untuk menyewa perangkat komputer, cek katalog sewa Asani dan minta penawaran sekarang juga melalui WhatsApp atau email ke cs@asani.co.id!

Baca juga: 6 HR Tools yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Post comment

Product Enquiry