penyebab layar laptop berkedip
3440

Anda sedang menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas penting, tapi tiba-tiba layar laptop berkedip? Rasanya pasti seperti mimpi buruk. Namun, jangan langsung panik dan kesal, ya, karena di artikel ini, kita akan membahas dengan detail apa saja penyebab layar laptop berkedip, serta langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi hal tersebut. 

Kesehatan laptop dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari pengaruh lingkungan hingga kerusakan perangkat keras yang serius, akan dibahas satu per satu untuk memahami lebih dalam tentang penyebab layar laptop berkedip dan cara mengatasinya.

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Layar laptop berkedip umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut merupakan penjelasan detail tentang penyebabnya.

1. Pengaruh Suhu

Pengaruh suhu laptop maupun suhu lingkungan patut menjadi hal pertama yang Anda curigai sebagai penyebab layar laptop berkedip. Pengaruh suhu terbagi menjadi dua, yakni suhu lingkungan dan suhu komponen internal. 

Suhu Lingkungan

Menggunakan laptop di ruangan yang lembap tanpa ventilasi ataupun di ruangan yang terpapar langsung dengan sumber panas berpotensi menjadi penyebab layar laptop berkedip.

Suhu Komponen Internal 

Menggunakan laptop secara intensif, terutama dengan menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus, dapat meningkatkan suhu secara signifikan pada prosesor dan komponen internal laptop, termasuk layar. Kondisi laptop yang panas sebetulnya terbilang normal, tapi jika panasnya melebihi batas aman, maka ini bisa menjadi penyebab layar laptop berkedip. 

2. Masalah pada Driver Grafis

Driver grafis merupakan perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengontrol bagaimana gambar dan grafis ditampilkan di layar laptop Anda. 

Ketika driver grafis mengalami masalah, entah karena tidak sesuai dengan versi sistem operasi atau karena tidak diperbaharui dengan versi terbaru, maka akan terjadi ketidakcocokan antara driver grafis dan sistem operasi. Ketidakcocokan tersebut dapat menimbulkan masalah pada tampilan, seperti layar laptop berkedip. 

3. Kabel Fleksibel Rusak

Kabel fleksibel digunakan dalam berbagai barang elektronik, termasuk pada laptop. Di dalam laptop, kabel fleksibel berfungsi untuk menghubungkan berbagai komponen, salah satunya pada layar. 

Nah, ketika kabel fleksibel yang terhubung dengan layar mengalami kerusakan, entah akibat penekukan berulang, tarikan yang keras, atau usia kabel yang sudah tua, maka sinyal video dari kartu grafis mungkin tidak dapat disampaikan dengan baik ke layar. 

Hal ini tentu akan menimbulkan masalah serius pada layar, sehingga dapat menjadi salah satu penyebab layar laptop berkedip atau bahkan mati total. 

4. RAM yang Bermasalah

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh sistem operasi dan program. Ada dua alasan mengapa RAM bisa menjadi penyebab layar laptop berkedip. Alasan pertama disebabkan oleh kapasitas RAM yang tidak mencukupi untuk menanggung beban tugas yang berjalan, sehingga sistem mengalami kesulitan dalam menampilkan gambar dan masalah seperti layar berkedip pun bisa terjadi. 

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena terdapat masalah atau kerusakan pada modul RAM itu sendiri. Itulah kenapa layar laptop berkedip karena sistem tidak bisa mengakses data yang dibutuhkan sehingga terjadi ketidakstabilan pada tampilan grafis.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Cara Mengatasi Layar Laptop Berkedip

Setelah mengetahui kemungkinan penyebab layar laptop berkedip, maka berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan berdasarkan penyebabnya.

1. Mengatasi Layar Laptop Berkedip Akibat Pengaruh Suhu

Apabila layar laptop Anda berkedip akibat pengaruh suhu komponen internal, maka langkah-langkah yang bisa Anda ambil adalah:

  1. Jangan menggunakan laptop di permukaan lunak seperti kasur karena kebiasaan tersebut akan menyebabkan penumpukan panas. Sebaiknya, gunakan laptop di permukaan yang datar dan keras untuk membuka ventilasi yang baik. 
  2. Gunakan laptop cooler atau alas pendingin untuk membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar laptop sekaligus mendinginkan komponen internal.
  3. Bersihkan debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas dan sirkuit pendingin sehingga aliran udara tidak terhambat dan tidak terjadi peningkatan suhu. 
  4. Instal perangkat lunak yang bisa memantau suhu komponen laptop. Jika sewaktu-waktu suhu laptop menunjukkan level yang tidak aman, maka segera kurangi beban tugasnya atau tutup aplikasi-aplikasi yang tidak mendesak.

Sementara itu, apabila disebabkan oleh suhu lingkungan, maka berikut adalah beberapa cara mengatasi layar laptop berkedip.

  1. Hindari menggunakan laptop di ruangan yang lembap tanpa ventilasi atau terpapar langsung dengan sumber panas maupun sinar matahari.
  2. Jauhkan laptop dari sumber panas, seperti perangkat pemanas, radiator, atau perangkat elektronik yang menghasilkan panas berlebih. 

2. Mengatasi Layar Laptop Berkedip Akibat Driver Grafis yang Bermasalah

Jika driver grafis yang bermasalah menjadi penyebab layar laptop flickering, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

  1. Kunjungi situs web resmi produsen laptop Anda atau situs resmi produsen kartu grafis, seperti NVIDIA, AMD, atau Intel. Pastikan untuk mengunduh driver grafis dari sumber ini untuk menghindari masalah tambahan.
  2. Pada situs web yang sudah sesuai, unduh driver grafis terbaru berdasarkan model laptop atau kartu grafis Anda. 
  3. Pastikan untuk mengunduh driver yang sesuai dengan sistem operasi yang laptop Anda gunakan, misalnya seperti Windows 11, macOS, atau Linux.
  4. Setelah mengunduh file driver, lakukan instalasi dengan mengikuti petunjuk dan langkah-langkah yang diberikan sampai selesai.
  5. Setelah instalasi selesai, restart laptop Anda agar driver grafis dapat menerapkan perubahan.
  6. Setelah laptop dihidupkan beberapa saat, periksa pada Device Manager untuk memastikan pembaruan driver grafis telah berhasil.

Baca juga: Apa Penyebab Laptop Overheat dan Cara Mengatasinya

3. Mengatasi Layar Laptop Berkedip Akibat Kabel Fleksibel Rusak

Untuk mengatasi masalah layar laptop yang berkedip akibat kabel fleksibel yang rusak, berikut adalah solusi yang detail:

  1. Matikan daya, lalu buka bagian belakang laptop dengan hati-hati. Periksa kabel fleksibel untuk mencari tahu apakah terdapat kerusakan seperti sobek, patah, atau longgar.
  2. Gerakkan kabel fleksibel sembari memperhatikan ada tidaknya perubahan pada layar ketika Anda menggerakkan kabel. 
  3. Apabila terdapat perubahan, periksa tanda-tanda kerusakan apa yang tampak pada area tersebut.
  4. Jika ditemukan kerusakan pada kabel fleksibel, Anda bisa membeli kabel yang baru di toko terpercaya dan menggantinya. Perlu diingat untuk mengikuti panduan penggantian yang disediakan produsen laptop Anda. 
  5. Setelah penggantian kabel berhasil, pasang kembali bagian belakang laptop, lalu hidupkan. Perhatikan apakah penyebab layar laptop berkedip telah berhasil teratasi.

4. Mengatasi Layar Laptop Berkedip Akibat RAM yang Bermasalah

Untuk mengatasi layar laptop yang berkedip akibat kapasitas RAM yang tidak mencukupi, berikut adalah dua langkah untuk mengatasinya:

  1. Gunakan Task Manager (untuk Windows) atau Activity Monitor (untuk macOS) untuk mengidentifikasi program atau proses yang membebani kapasitas RAM secara berlebihan. Tutup program-program yang tidak digunakan saat ini untuk mengurangi beban kerja pada RAM.
  2. Apabila masalah layar laptop berkedip belum teratasi, pertimbangkan untuk meningkatkan kapasitas RAM laptop Anda.

Sementara itu, apabila kerusakan pada RAM menjadi penyebab layar laptop berkedip, maka berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Matikan laptop, lalu buka tutup belakang untuk mengakses slot RAM.
  2. Periksa apakah modul RAM terpasang dengan benar dan terkunci dengan baik.
  3. Jika terdapat modul RAM yang bermasalah, sebaiknya hubungi layanan teknisi komputer yang sudah berpengalaman untuk menghindari risiko kerusakan tambahan.

Demikian penjelasan tentang penyebab layar laptop berkedip dan bagaimana cara mengatasinya. Namun, jika masalah tersebut tetap berlanjut setelah Anda mencoba solusi-solusi di atas, maka disarankan untuk tidak mengambil tindakan nekat yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada laptop Anda. 

Sebagai solusi alternatif yang lebih aman dan efektif, sebaiknya hubungi layanan teknisi komputer yang sudah berpengalaman untuk menghindari risiko kerusakan tambahan yang tidak diinginkan. 

Jika Anda membutuhkan laptop yang mumpuni tanpa harus mengeluarkan banyak dana, maka menyewa di Asani adalah solusinya! 

Asani merupakan layanan sewa laptop B2B pertama di Indonesia yang menyediakan solusi sewa aset laptop dengan berbagai keuntungan, seperti teknisi yang profesional jika terjadi kendala pada unit yang disewa. Dengan Asani, Anda dapat dengan mudah mengatur penggunaan laptop cadangan dan mendapatkan dukungan IT yang sigap melalui dashboard aset sewa laptop yang disediakan.

Yuk, cek selengkapnya di katalog Asani dan dapatkan penawaran melalui WhatsApp atau langsung email ke cs@asani.co.id sekarang juga!

Baca juga: Laptop dengan RAM 8GB Paling Murah

Share

Post comment

Product Enquiry