kursor laptop tidak bergerak
610

Apakah Anda pernah mengalami masalah kursor laptop yang tidak bergerak atau lamban? Jika pernah, mungkin Anda juga bertanya-tanya mengapa hal tersebut terjadi.

Artikel ini akan membahas penyebab umum dan cara mengatasi masalah tersebut dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

Yuk, baca sekarang untuk mengetahui langkah-langkah praktis dan solusi lengkapnya!

Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak

Saat menggunakan laptop, kita membutuhkan kursor untuk memilih dan membuka software. Jika kursor bermasalah, maka kita akan kesulitan atau bahkan tidak bisa mengoperasikan laptop.

Oleh karena itu, masalah kursor berhenti atau lamban perlu segera diatasi agar bisa berfungsi normal kembali. Namun sebelum itu, cari tahu dulu alasan dan berbagai macam penyebabnya, di antaranya yaitu:

  • Pengaturan mouse dan touchpad bermasalah
  • Driver belum di-update
  • USB mouse bermasalah
  • Hardware bermasalah
  • Mencabut mouse terlalu keras
  • Menekan touchpad terlalu keras
  • Touchpad kotor

Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Setelah mengetahui alasannya, Anda akan lebih mudah menentukan cara untuk mengatasinya. Sebab, kunci dari cara mengatasi permasalahan IT adalah mengetahui sumber utama permasalahannya terlebih dahulu.

Baru setelahnya, Anda bisa berfokus untuk mengatasinya. Secara umum, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kursor laptop tidak bergerak.

1. Bersihkan Permukaan Touchpad

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab kursor tidak bergerak adalah touchpad-nya kotor. Nah, untuk mengetahui hal ini, Anda bisa langsung memeriksa touchpad laptop dan melihat apakah banyak debu yang menempel atau tidak.

Jika ternyata memang kotor, berarti Anda perlu membersihkan touchpad agar fungsinya bisa normal kembali. Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengelap touchpad menggunakan tisu, kuas pembersih laptop, atau kain microfiber.

2. Restart Laptop

Beberapa permasalahan IT, seperti laptop nge-freeze atau nge-hang bisa diatasi dengan memulai ulang perangkat. Nah, cara yang sama juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kursor laptop tidak bergerak.

Pertanyaannya, bagaimana cara me-restart laptop jika kursor tidak bisa digunakan? Caranya, tekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan.

Sesaat setelah Anda menekan kombinasi tombol tersebut, laptop akan mati lalu menyala dengan sendirinya. Setelah menyala, geser mouse atau touchpad untuk memastikan kursor sudah berfungsi kembali.

3. Pastikan Touchpad Aktif

Umumnya, setiap laptop memiliki tombol function yang dapat digunakan untuk mengubah pengaturan tertentu.

Nah, jika kursor laptop tidak bergerak tiba-tiba, bisa jadi Anda tak sengaja menekan tombol function yang digunakan untuk menonaktifkan pengaturan touchpad.

Oleh karena itu, cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan kursor laptop tidak bergerak adalah dengan memeriksa dan memastikan bahwa pengaturan touchpad dalam keadaan aktif.

Lantas, bagaimana cara memastikannya? Lihatlah tombol dari F1-F12 yang ada di keyboard laptop dan cari logo touchpad.

Setelah itu, Anda bisa langsung menekan tombol tersebut untuk mengubah pengaturannya. Jika permasalahan belum teratasi, Anda bisa mencoba shortcut dengan menekan tombol berlogo touchpad + Fn.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi & Penyebabnya

4. Cek Konektivitas USB Mouse yang Digunakan

Masalah kursor laptop tidak bergerak juga bisa Anda alami ketika menggunakan mouse, baik yang wireless maupun kabel.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa konektivitas USB dari mouse yang digunakan. Caranya, cabut port mouse terlebih dahulu, lalu periksa kabelnya, apakah ada yang terputus atau tidak.

Jika menggunakan mouse yang wireless, pastikan bahwa baterainya tidak habis. Setelah itu, sambungkan mouse ke laptop lagi dan lihat perubahannya.

5. Update Driver

Untuk menjalankan touchpad dan mouse, sistem operasi laptop membutuhkan driver. Nah, bila driver bermasalah, maka touchpad dan mouse tidak bisa berfungsi dengan baik.

Inilah yang menyebabkan kursor laptop tidak bergerak. Tapi tenang saja, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan memperbarui driver touchpad dan mouse ke versi terbaru.

Adapun cara update driver touchpad adalah sebagai berikut:

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + R
  • Ketik devmgmt.msc lalu tekan tombol Enter
  • Buka pilihan Mice and Other Pointing Devices untuk melihat beberapa opsi lain dengan menekan tab lalu tombol navigasi pada keyboard untuk mengarahkan
  • Pilih driver yang bertuliskan touchpad atau synaptic dengan menekan Enter
  • Arahkan pada tab Driver dan pilih opsi Update Driver
  • Pilih opsi Search automatically for updated driver software pada jendela yang muncul
  • Tunggu hingga proses selesai

Cara di atas juga bisa Anda gunakan untuk memperbarui driver mouse. Namun saat memilih driver, klik opsi yang bertuliskan mouse.

6. Periksa Pengaturan Enhanced Pointer Precision

Enhanced Pointer Precision merupakan pengaturan yang digunakan untuk meningkatkan ketepatan kursor laptop. Akan tetapi, pengaturan ini diketahui bisa menyebabkan kursor stuck, terutama di Windows 10.

Oleh karena itu, cara mengatasi kursor tidak bergerak di Windows 10 adalah dengan mematikan pengaturan Enhanced Pointer Precision dengan masuk ke menu Control Panel.

Lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Ketik Control Panel di search bar, lalu klik open atau buka untuk masuk ke menu tersebut
  • Pilih opsi Hardware and Sound
  • Klik pilihan Mouse
  • Klik tab Pointer Options
  • Hilangkan tanda centang pada tulisan Enhance pointer precision

Untuk mengubah pengaturan Enhance Pointer Precision sesuai panduan di atas, Anda bisa menggunakan bantuan mouse. Namun, jika mouse tidak bisa bergerak, gunakan tombol tab dan arah yang ada pada keyboard laptop.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Mudah!

7. Scan Menggunakan Command Prompt

Command Prompt atau CMD merupakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk memindai penyebab dan mengatasi masalah kursor laptop tidak bergerak.

Untuk menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Tekan Windows + R
  • Ketik cmd lalu tekan tombol Ctrl + Shift + Enter
  • Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik sfc /scannow
  • Tekan Enter dan tunggu proses pemindaian selesai
  • Jika sudah, ketik shutdown /r untuk me-restart laptop

Dapatkan Solusi Semua Kebutuhan IT di Asani!

Itu dia sejumlah penyebab dan cara mengatasi kursor laptop tidak bergerak. Namun, bagaimana jika kursor laptop kantor tidak bergerak dan tetap stuck meski sudah mencoba cara di atas?

Apabila demikian, Anda bisa membawa laptop ke tukang service untuk diperbaiki. Nah, agar Anda tidak khawatir soal biayanya, sewa laptop saja di Asani.

Pasalnya, salah satu keuntungan sewa laptop di Asani adalah bisa mendapatkan layanan IT Support untuk mengatasi segala permasalahan IT perusahaan Anda.

Dengan bantuan teknisi yang andal dan terpercaya, semua permasalahan akan diselesaikan dalam waktu 6 jam di hari dan jam kerja.

Tertarik? Langsung saja, cek katalog Asani dan minta penawaran sekarang juga!

Post comment

Product Enquiry