10

Pernahkah Anda memikirkan apa bedanya HTTP dan HTTPS pada awal url domain website yang Anda kunjungi? Simak perbedaan HTTP dan HTTPS pada artikel ini.

Apa itu HTTP dan HTTPS

HTTP adalah protokol jaringan yang mengizinkan pertukaran informasi antara web server dengan klien. Jadi, HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol jaringan yang mengatur jalannya proses untuk menampilkan halaman website melalui browser. Pengembangan dari HTTP adalah HTTPS di mana standar keamanan pada HTTPS lebih tinggi daripada HTTP.

Baca juga: Apa itu Server? Cara Kerja, Fungsi, Jenis, dan Cara Memilih

Perbedaan HTTP dan HTTPS

http dan https memiliki perbedaan yang sangat halus, berikut adalah beberapa perbedaannya:

1. HTTP

HTTP dapat ditemukan di depan domain saat Anda mengakses sebuah website. Jika website menggunakan HTTP, data yang dikirimkan dari browser ke server tidak dienkripsi sehingga rawan disalahgunakan. Maka dari itu, gunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS.

2. HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol) dapat ditemukan pada website yang memiliki fitur login dan transaksi pembayaran. Ketika Anda mengunjungi website HTTPS, browser akan mengecek apakah web terhubung SSL/TLS. Browser akan melakukan validasi sertifikat SSL dan memastikan apakah website benar-benar valid. Jika valid, ada session key yang dibuat oleh klien dan server sehingga ada tanda gembok hijau dan HTTPS sebelum nama domain website.

Baca juga: Perbedaan Fungsi Domain

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Berikut beberapa keuntungan jika menggunakan HTTPS untuk website dari beberapa aspek:

1. SEO

HTTPS mungkin tidak mengubah ranking website secara signifikan, tapi efek jangka panjangnya bisa membangun kepercayaan pelanggan. Jika Anda menggunakan HTTP, ada pesan not secure yang terpampang sebelum nama domain. Pengunjung tidak akan nyaman jika memasukkan data tertentu ke website. Akibatnya, pengunjung beralih ke website lain lalu ranking website Anda turun.

2. Pengguna

Pengunjung akan merasa lebih aman untuk memasukkan data ke website jika ada HTTPS. Semua informasi yang dikirimkan ke server akan dienkripsi sehingga meningkatkan kepercayaan pengguna. Hal itu juga memperbesar peluang konversi pada website. Sekalipun website Anda tidak menangani komunikasi super sensitif, tapi menggunakan HTTPS bisa melindungi informasi data user dan website.

Itulah perbedaan HTTP dan HTTPS secara singkat. Secara default, protokol yang digunakan website adalah HTTP. Untuk dapat menggunakan HTTPS, Anda harus memiliki sertifikat SSL.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk karyawan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga: Inilah Jenis Sistem Keamanan Jaringan yang Umum Digunakan!

Minta Penawaran

Post comment

Product Enquiry