macbook vs laptop
100

Jika ditanya manakah yang lebih unggul antara Macbook vs laptop, tentu tidak ada jawaban pasti.

Sebab, kedua jenis perangkat IT tersebut memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, baik dari segi sistem operasi maupun harga.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian, penting untuk memahami spesifikasi yang dibutuhkan dan melihat perangkat mana yang menawarkan versi terbaik.

Untuk itu, berikut ini ulasan seputar perbedaan Macbook dan laptop yang akan membantu Anda memilih satu di antara keduanya. Check it out!

Apa Perbedaan Macbook dan Laptop? 

Berikut adalah perbedaan Macbook vs Laptop yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Desain 

Jika Anda masih bingung memilih Macbook vs laptop bagus mana, pertama, hal ini bisa dilihat melalui visual atau bentuknya.

Secara umum, visual produk Apple seperti Macbook lebih memiliki tampilan yang elegan dan terus di-upgrade daripada laptop biasa.

Macbook lebih mempertimbangkan ukuran, bahan, hingga merilis produk dengan tampilan High-End serta Luxurious.

Sementara itu, produk laptop juga punya tampilan serta desain yang beragam, bergantung pada tujuan dibentuknya hardware.

Misalnya, Macbook vs laptop gaming juga tak kalah jauh tampilannya. Sebab biasanya, desain laptop yang dikhususkan untuk para gamer akan terlihat futuristik dan mewah.

Sementara itu, pada laptop yang biasa umumnya terlihat lebih tebal daripada Macbook. 

Namun, ada beberapa produk yang dirilis dengan desain tipis serta berbahan metal, salah satunya seperti Asus Vivobook.

2. User Interface 

Setiap Operating System (OS) antara Macbook vs laptop mempunyai interface yang akan berbeda secara signifikan.

Meskipun antara Linux dan Windows terlihat mirip, namun Mac OS pada Macbook mempunyai interface yang sedikit berbeda daripada laptop.

Yup, laptop memiliki fitur berupa tombol silang pada pojok kanan atas tab, jika ingin menutup sebuah aplikasi.

Sementara itu, Macbook juga memiliki interface berupa tombol silang untuk me-minimize dan menutup suatu aplikasi.

Tepatnya berada di sebelah kiri pojok atas tab, di mana tanda berwarna merah untuk menutup aplikasi, serta yang hijau dapat Anda klik jika ingin minimize tampilannya.

Selain itu, perbedaan interface lainnya antara Macbook vs laptop yaitu, taskbar yang dimiliki Windows terletak di bagian bawah, sementara Mac OS berada di bagian atas.

3. Hardware 

Perbedaan Macbook dan laptop yang bisa diidentifikasi lainnya adalah melalui sistem update hardware.

Jika laptop bisa dengan mudah meng-upgrade hardware atau Windows kapan pun asalkan Anda membeli produk yang mendukung, sementara Macbook jauh lebih sulit.

Pengaturan sistem yang dibuat pada produk Apple membuat penggunanya tidak bisa dengan mudah mengotak-atik hardware, sehingga bisa mempersulit Anda jika ingin meng-update.

Dalam hal ini, jika ingin meng-upgrade Macbook, Anda perlu beralih pada produk dengan seri lainnya yang terbaru, atau harus mengunjungi Apple Authorize store.

Baca juga: 8 Cara Format Hard Disk Eksternal dan Internal, Anti Ribet!

4. Sistem Operasi dan Software 

OS atau sistem operasi merupakan perbedaan Macbook vs laptop lainnya yang mudah diidentifikasi.

Macbook menggunakan sistem operasi Macintosh atau Mac OS, yaitu gabungan operating system yang dirilis oleh perusahaan Apple dengan produk lainnya.

Mac OS Macbook lebih mengutamakan kenyamanan pengalaman user dengan eleganitas serta orientasi multimedia pengguna office tools.

Sementara itu, OS yang dimiliki laptop jauh lebih universal, Anda dapat menjalankan sistem operasi berupa Windows ataupun Linux, serta bisa mengunduhnya secara gratis melalui official website distribusinya.

5. Keamanan 

Meskipun tidak selalu terjadi, laptop dengan OS Windows rentan terkena hacking, inilah yang menyebabkan dibuatnya aplikasi anti-virus.

Namun, meskipun demikian, bukan berarti Macbook kebal terhadap ancaman hacking atau kejahatan cyber. Misalnya, terdapat sejumlah malware seperti MacOs “LuckyCat” yang bisa menyerang perangkat.

6. Ekosistem 

Baik Macbook vs laptop Windows, masing-masing memiliki ekosistem fitur bawaan seperti aplikasi notes, kalender, pengingat, serta email.

Selain itu, salah satu keunggulan Macbook adalah Anda bisa memindahkan file besar antar perangkat Apple secara langsung melalui fitur AirDrop.

Namun, pada beberapa jenis laptop juga ada yang memiliki fitur yang sama seperti Macbook, misalnya aplikasi Your Phone untuk Android dari Microsoft, Anda bisa mengirim pesan serta transfer file besar dengan mudah.

7. Harga 

Well, perbedaan Macbook dan laptop mengenai harga di pasaran mungkin sudah banyak diketahui.

Yap, produk Macbook memiliki harga cenderung mahal, dibandingkan laptop yang jauh lebih bersahabat, sehingga penjualannya pun tinggi dan banyak diminati.

Baca juga: 5 Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming yang Berkualitas 

Keunggulan Macbook Vs Laptop 

Setelah mengetahui perbedaan Macbook vs laptop, berikut adalah keunggulan masing-masing produknya, yaitu:

  1. Macbook memiliki sistem keamanan yang lebih unggul, berbeda dengan laptop perlu meng-install aplikasi tambahan.
  2. Tingkat hacking data Macbook lebih minim daripada laptop biasa yang menggunakan sistem operasi Windows.
  3. Macbook memiliki daya tahan dan performa yang lebih kuat dibanding laptop biasa.
  4. Desain Macbook yang elegan dan simple namun terkesan mewah lebih banyak menarik perhatian, meskipun banyak laptop yang sudah memiliki beragam design.

Kekurangan Macbook Vs Laptop   Di samping keunggulannya, baik Macbook maupun laptop juga memiliki kekurangan, antara lain yaitu:

  1. Harga produk dan service Macbook jauh lebih mahal dan daripada laptop.
  2. Macbook lebih cepat panas dan overheating dibandingkan laptop.
  3. Tempat service Macbook lebih sulit ditemukan atau langka daripada laptop.
  4. Macbook kurang mendukung jika ingin menggunakan dan mengunduh software atau game.

Tips Memilih Macbook Vs Laptop

Sebelum memutuskan akan membeli produk Macbook atau laptop, sebaiknya Anda melihat dari segi kebutuhan dan bukan hanya sekadar keinginan.

Jika ingin memilih Macbook daripada laptop, Anda akan merasakan berbagai fitur berupa aplikasi bawaan dan aksesoris di dalamnya, serta komputasi yang menarik.

Namun, jika ingin memilih laptop, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan seperti mudah meng-upgrade Windows, serta mendukung aplikasi bagi para gamers.

Yup, karena salah satu kekurangan dari Macbook Mac Os adalah tidak mendukung aplikasi bagi gamers, seperti Game 3A. 

Sementara itu, laptop seperti sistem operasi Linux cukup mendukung banyak aplikasi bagi para gamers, karena Open Source Operating System bisa diakses dan dikembangkan oleh para user.

Jadi, Manakah yang Lebih Unggul?

Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa antara produk Macbook vs laptop, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Maka dari itu, Anda bisa memilih untuk membeli produk Macbook atau laptop, hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Demikian ulasan seputar perbedaan Macbook vs laptop yang perlu anda ketahui dan bisa bahan pertimbangan, sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Jika terkendala dalam dari sisi anggaran, Anda bisa melakukan penyewaan laptop atau Macbook dengan mudah di Asani.

Asani merupakan salah satu perusahaan jasa penyedia, pengelola, dan perawatan berbagai macam perangkat IT terpercaya, yang menawarkan sejumlah spesifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Jika tertarik, Anda bisa langsung menghubungi tim Asani, untuk berkonsultasi dan mendapatkan penawaran terbaik seputar penyewaan laptop dan Macbook.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Operating System Not Found, Ini Penyebabnya!

Share

Post comment

Product Enquiry