pc vs laptop
20

Manakah yang lebih unggul antara PC vs laptop? Pada dasarnya, kedua perangkat IT tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. 

Hanya saja, sebagian pengguna belum bisa menentukan spek komputer atau laptop apa yang paling mereka butuhkan. 

Bukan cuma itu, pengguna juga kerap tak memahami perangkat jenis apa yang memberikan spesifikasi terbaik untuk kebutuhannya tersebut.

Nah, agar Anda tidak bingung, yuk simak ulasan lengkap seputar perbedaan PC vs laptop berikut ini!

10 Perbedaan PC dan Laptop

Mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang kesulitan untuk membedakan apakah PC dan laptop sama?

Well, umumnya, sebagian besar PC vs laptop memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk edukasi, bekerja, bisnis, browsing, ataupun hiburan.

Namun, ada pula perbedaan PC dan laptop yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Performa 

Salah satu keunggulan yang dimiliki Personal Computer atau yang lebih dikenal sebagai PC adalah mempunyai performa atau tenaga prosesor tinggi.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kartu grafis terbaru, RAM, serta teknologi processor tinggi, hingga mendapatkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.

Meskipun demikian, pada beberapa jenis model laptop juga ada yang menggunakan prosesor seperti PC.

Namun, terdapat batasan waktu pemakaian prosesor tersebut sebelum laptop mengalami overheat, itulah yang menjadi perbedaan PC dan laptop.

2. Keamanan dan Fleksibilitas 

Well, perbedaan PC vs laptop dalam hal fleksibilitas mungkin sudah bisa diidentifikasi dengan mudah.

Yup, siapapun bisa membawa dan menggunakan laptop di mana saja dengan mudah, lain halnya pada PC yang memerlukan aliran listrik serta Central Processing Unit (CPU).

Namun, meskipun mempunyai tingkat fleksibilitas yang unggul, keamanan laptop lebih rentan mengalami pencurian atau kehilangan dibandingkan PC.

3. Dimensi Layar 

Perbedaan PC vs laptop lainnya adalah dapat dilihat dari segi dimensi monitornya.

Umumnya, ukuran layar laptop hanya mencapai 17 inci, sedangkan monitor pada PC bisa melebihi 20 inci.

Jika Anda membutuhkan perangkat dengan layar yang lebih pas untuk menulis atau browsing, maka cocok menggunakan laptop.

Sementara itu, jika Anda seorang designer atau programmer yang membutuhkan layar cukup besar serta pixel jelas, maka PC adalah solusinya.

4. Berat 

Perbedaan PC vs laptop yang mudah diketahui adalah dari segi berat masing-masing perangkat.

Umumnya, laptop berukuran 14 inci memiliki berat rata-rata sekitar 1.5 hingga 2 kg, sementara PC 15 inci mempunyai bobot antara 2 sampai 2.5 kg.

Secara keseluruhan, desktop PC mempunyai bobot mulai dari 4.5 kg hingga 13.6 kg, tergantung jenis dan komponen yang digunakan.

5. Backup Power 

Apakah Anda pernah mengalami kondisi di mana saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan di PC, namun, secara tiba-tiba mati listrik dan file belum ter-backup

Jika iya, mungkin kejadian tersebut akan membuat Anda panik takut kehilangan hasil kerja tersebut, bukan? Nah, meskipun unggul dalam performanya, inilah yang menjadi kekurangan dari PC.

PC tidak mempunyai cadangan tenaga sama seperti laptop, maka ketika mengalami hal serupa tersebut, mungkin Anda tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data-data yang sedang dikerjakan.

Sementara itu, jika mengerjakan di laptop, selama Anda masih memiliki baterai yang cukup, maka ketika mati listrik pun pekerjaan tetap bisa dilanjutkan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis 2023, Lengkap!

6. Desain 

Perbedaan PC dan laptop berikutnya adalah bisa dilihat dari segi desain.

Namun, antara PC vs laptop, keduanya sama-sama dibedakan dengan dua konsep, yaitu office dan gaming.

Well, PC lebih menawarkan desain yang fleksibel kepada user untuk menambahkan aksesoris seperti bar, monitor dan RGB light, headphone bracket, dan lain sebagainya.

Pada beberapa jenis laptop sebenarnya ada fitur bawaan keyboard light dan bisa juga menggunakan aksesoris tersebut, namun akan membuat Anda menjadi kurang nyaman karena harus dilepas pasang.

7. Program Aplikasi 

Salah satu kelebihan memakai PC adalah Anda bisa menyalakan desktop dan menjalankan program dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, inilah mengapa PC cenderung lebih cocok bagi seorang editor atau programmer, karena Anda bisa aman melakukan render video, atau menyimpan animasi. 

Meskipun laptop juga bisa dinyalakan selama seharian, namun hal ini hanya akan membuat perangkat menjadi overheat dan rentan mengalami kerusakan pada hardware jika dipaksakan.

8. Konsumsi Listrik 

Perbedaan lainnya yang dapat terlihat adalah melalui konsumsi listrik PC vs laptop.

Biasanya, konsumsi listrik yang diperlukan pada laptop jauh lebih hemat dibandingkan PC, yaitu sebesar 65 Watt untuk aktivitas biasa.

Di sisi lain, hanya untuk pemakaian biasa, PC membutuhkan konsumsi listrik sebesar 65 hingga 250 W. Jika digunakan bermain game, daya yang dihabiskan jauh lebih tinggi, sekitar 600 W.

Selain itu, perbedaan konsumsi listrik PC vs laptop lainnya adalah desktop memerlukan penghubung seperti power supply.

Baca juga: 5 Tips Memilih Spesifikasi Laptop Gaming yang Berkualitas

9. Cableless 

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat yang harus membutuhkan banyak kabel, maka laptop adalah alternatifnya.

Sedangkan PC membutuhkan banyak kabel untuk menghubungkan dengan perangkat lainnya, seperti mouse, keyboard, CPU, USB, atau power supply.

10. Harga 

Nah, mungkin inilah perbedaan PC vs laptop yang paling ingin diketahui. Namun, pada kedua produknya, bisa dikatakan bahwa “ada kualitas ada harga”.

Maka dari itu, baik PC maupun laptop, jika produknya menawarkan fitur dan spesifikasi yang unggul, tentu harganya pun jauh lebih tinggi.

Misalnya, terdapat sebuah produk PC dengan fitur prosesor Intel Core i7, termasuk monitor 24 inci, SSD 120, HDD 1TB,  RAM 16GB, serta kartu grafis GTX 1650 seharga Rp9.500.000.

Sementara itu, misalnya pada produk laptop Asus Vivobook 15.6 inci yang memiliki spesifikasi Intel Core i5, SSD 512GB, RAM 16GB, serta kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050, seharga RP15.000.000-18.000.000.

Dari perbandingan keunggulan fitur, serta harganya, kira-kira mana yang akan Anda pilih? Well, jika dilihat sekilas, mungkin laptop lebih menawarkan spesifikasi lebih tinggi daripada PC.

Padahal, dengan harga Rp15 juta, Anda bisa membuat PC menjadi spesifikasi yang jauh lebih unggul, dengan cara mengubah komponennya.

Kekurangan dan Kelebihan PC Vs Laptop 

Dari sejumlah perbedaan PC vs laptop tersebut, ternyata ada pula kekurangan dan kelebihannya masing-masing, di antaranya yaitu:

Kekurangan dan Kelebihan PC 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kekurangan PC adalah tidak memiliki fleksibilitas jika ingin dibawa ke mana-mana, karena ukurannya berat.

Selain itu, PC juga memakan banyak konsumsi listrik untuk menghubungkan kabel ke berbagai jenis perangkat.

Tetapi, kelebihan PC vs laptop adalah Anda bisa mengganti komponen desktop dengan lebih mudah, karena bisa dilepas pasang, serta memiliki performa yang tinggi.

Kekurangan dan Kelebihan Laptop 

Salah satu kekurangan laptop adalah sulit untuk meng-upgrade komponen, serta spare-part yang jauh lebih mahal.

Itulah mengapa, jika ada kerusakan yang terjadi pada laptop Anda, tukang service perlu membongkarnya secara keseluruhan untuk memperbaikinya.

Namun, di samping itu, laptop lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana, sehingga bisa membantu Anda dalam bekerja di kantor ketika memerlukannya.

Jadi, Manakah yang Lebih Unggul?

Setelah mengetahui berbagai perbedaan PC dan laptop, memang keduanya memiliki keunggulan serta kekurangannya tersendiri, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. 

Nah, demikianlah pembahasan seputar perbedaan PC vs laptop yang bisa Anda pertimbangkan, sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Namun, jika terkendala dalam hal budget, Anda bisa melakukan penyewaan laptop atau PC di Asani sebagai alternatif solusi.

Asani adalah perusahaan jasa penyedia, pengelola, dan perawatan berbagai macam perangkat IT yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Segera hubungi tim Asani, dan dapatkan penawaran terbaru seputar penyewaan PC dan laptop sekarang!

Baca juga: Tips Memilih Spek Komputer Server, Kenali Jenis & Fungsinya!

Share

Post comment

Product Enquiry