laptop bisnis terbaik
20

Yuk, Laptop adalah salah satu alat penunjang keberhasilan suatu bisnis. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk memilih laptop bisnis terbaik, baik dari segi sistem operasi, konektivitas, dan lain sebagainya.

Dalam persaingan teknologi yang cepat, banyak pelaku bisnis masih bingung tentang spesifikasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga laptop bisnis terbaik 2024. Yuk, simak informasi lengkapnya disini!

Mengapa Perlu Laptop Bisnis?

Laptop bisnis adalah salah satu perangkat yang dibuat khusus untuk kegiatan perusahaan, kantoran, atau kegiatan usaha dan pekerjaan lainnya.

Dibanding yang biasa, laptop bisnis biasanya memiliki spesifikasi lebih unggul, mulai dari prosesor, penyimpanan, kartu grafis, dan masih banyak lagi.

Dengan desain dan performa yang lebih unggul, laptop bisnis bisa membantu kegiatan pekerjaan menjadi lebih mudah dan profesional.

Tips Memilih Laptop Bisnis Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bisnis terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memilihnya, antara lain yaitu:

1. Performa 

Performa adalah salah satu hal yang paling perlu diperhatikan saat membeli laptop bisnis, hal ini dapat dilihat dari kartu grafis, serta processor di dalamnya.

2. Daya Tahan  

Perhatikan daya tahan laptop bisnis sebelum memilihnya, karena jika tidak memiliki penyimpanan yang tinggi, hal ini bisa menyulitkan proses kegiatan usaha yang dilakukan.

Cara memilih laptop bisnis dengan daya tahan terbaik yaitu, periksa apakah perangkat tersebut mempunyai media penyimpanan SSD yang cukup atau tidak.

3. Keamanan 

Keamanan data menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis, karena kerahasiaannya harus selalu terjaga.

Maka dari itu, dalam memilih laptop bisnis juga perlu memperhatikan keamanannya, seperti fitur Trusted Platform Module, Fingerprint Sensor, IR Camera, Webcam Shield, USB Port Control, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Harga 5 Jutaan yang Bisa untuk WFH

4. Fleksibilitas 

Umumnya, kegiatan bisnis tidak hanya berupa presentasi saja, maka dari itu Anda bisa memilih laptop yang mempunyai fitur lengkap, seperti anti-glare atau lay-flat dengan fleksibilitas tinggi.

Selain itu, laptop bisnis yang memiliki fleksibilitas juga bisa dilihat dari kelengkapan port, sehingga dapat menghubungkan ke berbagai perangkat lainnya tanpa perlu alat tambahan.

5. Portabilitas 

Ketika menjalani bisnis ke luar, hal ini mungkin memerlukan laptop yang memiliki portabilitas, mulai dari ukuran serta bobotnya.

Umumnya, bobot standar laptop bisnis sekitar 1.6 kg, ukuran ini bisa dimasukkan ke dalam tas laptop biasa.

6. Konektivitas 

Konektivitas juga merupakan fitur yang tak kalah penting dalam memilih laptop bisnis.

Terutama, Anda perlu memperhatikan konektivitas yang disediakan oleh produk, misalnya berupa WiFi, Ethernet, HDMI USB, serta audio jack.

7. Desain 

Selain performa, daya tahan, serta keamanannya, desain juga menjadi fitur yang tak kalah penting dan perlu kamu perhatikan sebelum memilih laptop, lho.

Dalam hal ini, memilih laptop bisnis sebaiknya perhatikan desain yang memiliki dimensi atau monitor, ukuran layar, bobot, ketebalan, serta fitur seperti layar touch, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik 2024

Nah, setelah mengetahui fitur-fitur apa saja yang perlu diperhatikan, berikut adalah rekomendasi laptop bisnis terbaik 2024 untuk Anda, di antaranya yaitu:

1. Apple Macbook Air M1 

Macbook Air M1 merupakan salah satu laptop bisnis terbaik produk keluaran Apple yang bisa Anda coba. 

Dengan ukuran monitor sebesar 13.3 inci, diklaim lebih efisien dibandingkan processor intel. Macbook seri ini juga mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

  • RAM: 8 GB hingga 16GB
  • Chip: CPU 8 core, GPU 7 core
  • Media penyimpanan: SSD 256GB (bisa diperluas dengan menggunakan iCloud, bisa diakses mulai dari Rp15 ribu per bulannya).

Selain itu, jika lingkungan kerja Anda menggunakan ekosistem Apple, maka Macbook Air dapat berfungsi secara maksimal, karena satu perangkat bisa dihubungkan kepada satu server lainnya.

Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot lagi jika ingin membagi dokumen penting agar bisa diakses secara bersama.

2. Asus Expertbook B9400 

Asus Expertbook B9400 adalah laptop bisnis lainnya dengan tampilan desain yang cukup memukau, yaitu dibuat secara ramping dengan presisi serta minimalis, sehingga mendukung portabilitas untuk pekerjaan.

Selain itu, performa yang dimiliki seri Asus ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena didukung dengan grafis Iris Xe, WiFi 6 super cepat, serta processor Intel Core i7 vPro generasi ke-11.

Tak hanya itu, Asus Expertbook B9400 juga mempunyai kapasitas SSD hingga 2TB, serta didukung oleh teknologi RAID19, sehingga Anda tak perlu khawatir akan keamanan datanya.

Berbicara mengenai keamanan, laptop ini juga mempunyai sensor cerdas AdaptiveLock, sehingga bisa mendeteksi keberadaan Anda dari jauh, dan otomatis akan terkunci sendiri.

Menggunakan teknologi Panel Self Refresh, menjadikan laptop Asus seri ini lebih hemat energi, sehingga Anda bisa menggunakannya sepanjang hari hanya dalam satu kali pengisian.

Baca juga: Minimum Spesifikasi Laptop untuk AutoCAD, Ini Rekomendasinya

3. Apple Macbook Pro 

Apple Macbook Pro merupakan salah satu seri yang tertinggi, dengan tipe likuid retina XDR display, penyimpanan 8TB, RAM 64GB, serta memiliki dua pilihan ukuran layar, yaitu 14 serta 16 inci.

Dengan harga laptop bisnis terbaik mulai dari Rp24 juta, Anda bisa memanfaatkan performa yang tinggi melalui prosesor Apple M2 Pro serta M2 Ultra.

4. HP Elitebook 840 G9 

Laptop bisnis terbaik lainnya hadir dengan ukuran layar full HD 14 inci, serta mempunyai banyak port untuk menghubungkan perangkat atau aksesoris dari luar.

Harga laptop bisnis terbaik HP ini mulai dari Rp27.5 juta, Anda bisa mendapatkan keunggulan dengan spesifikasi sebagai berikut, yaitu:

  • Intel Core i7 generasi ke-12
  • RAM 16GB
  • Kartu grafis Intel Iris Xe
  • Penyimpanan SSD 1TB
  • Baterai bisa bertahan hingga 10 jam untuk bekerja.

5. HP Elitebook X360 1040 G8 

HP merupakan salah satu produk laptop yang banyak digunakan oleh banyak kalangan, termasuk pelaku bisnis.

Salah satu laptop bisnis terbaik HP Elitebook X360 1040 G8 ini bisa menjadi alternatif buat Anda. 

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, seperti sensor sidik jari, kamera IR, serta memiliki sertifikasi ketahanan militer MIL-SPEC-810.

Mulai dari harga Rp29 juta, Anda bisa mendapatkan laptop bisnis HP ini dengan spesifikasi berikut ini, di antaranya adalah:

  • Intel Core i7 generasi ke-11
  • RAM 16GB
  • Penyimpanan SSD 1TB
  • Kartu grafis Intel Iris XE
  • Layar touch screen 14 inci.

6. ASUS Expertbook B3 Detachable B3000 

Dirancang khusus untuk bisnis dan dunia pendidikan, laptop  ASUS Expertbook B3 Detachable ini menawarkan konsep design 2 in 1.

Desain yang dimiliki seri Asus Expertbook ini bisa digunakan secara horizontal maupun vertikal, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai laptop atau tablet.

Maka dari itu, laptop Asus yang satu ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang bekerja dengan jarak jauh atau Work From Home (WFH).

Tak hanya itu, laptop Asus ini juga sudah dilengkapi dengan desain yang sangat cerdas, berupa Antibacterial Guard, ErgoLift, hingga Expert Widget.

Dengan begitu, laptop bisnis ini cocok digunakan untuk kegiatan retail, healthcare, manufacturing, hingga telework.

7. HP ZBook Studio 

HP ZBook Studio juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif laptop bisnis terbaik 2024 yang memiliki bodi tipis, sehingga meninggalkan kesan tampilan elegan.

Mulai dari Rp20 jutaan, Anda bisa mendapatkan performa processor terbaik, hingga Intel Xeon atau Intel core i9.

Maka dari itu, seri HP ini cocok bagi Anda yang membutuhkan laptop bisnis dan mendukung kegiatan editing video 4K, design model 3D, dan lain sebagainya.

Yup, karena Anda akan mendapatkan fitur berupa aplikasi bawaan, seperti Adobe Creative, Suite, Enscape, AutoCad, serta Navisworks.

8. Lenovo Thinkpad 14S Yoga 

Tak hanya Asus, Lenovo juga mengeluarkan seri Thinkpad 14S Yoga yang memiliki desain 2 in 1, sehingga bisa digunakan sebagai laptop atau tablet.

Jika menggunakan mode tablet, Anda bisa bekerja dengan layar sentuh jari atau disediakan stylus multifungsi yang sudah tersedia pada paket produknya.

Selain itu, seri Lenovo ini juga menggunakan prosesor Intel core i5 dengan kombinasi GPU Intel Iris XE, sehingga mampu menghasilkan performa terbaik.

Namun, kekurangan laptop ini adalah speaker-nya memiliki suara rendah daripada produk yang lainnya, sehingga akan menyulitkan Anda untuk meeting online.

9. Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen 10 

Laptop bisnis terbaik berikutnya hadir dari Lenovo, dengan GPU Intel Iris Xe, Anda akan merasakan performa tinggi dengan tampilan grafis yang jauh lebih jernih.

Perlu diketahui, laptop Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen10 ini merupakan salah satu suksesor dari seri sebelumnya, dengan spesifikasinya yaitu:

  • Intel core i7 generasi ke-12
  • RAM 16GB
  • Penyimpanan SSD 1TB
  • GPU Intel Iris XE

10. Microsoft Surface Pro 9 

Nah, laptop bisnis terbaik kali ini hadir dari produk Microsoft Surface Pro 9. Mulai dari harga Rp17juta, Anda bisa merasakan perangkat yang didukung teknologi canggih, dengan spesifikasinya sebagai berikut:

  • Layar sentuh atau touchscreen 13 inci 2K
  • Prosesor Intel core i7 generasi ke-12

Selain itu, laptop Microsoft ini juga mempunyai bobot yang ringan, sehingga Anda bisa melakukan banyak pekerjaan di berbagai lokasi, karena cukup fleksibel untuk dibawa ke mana-mana.

11. Lenovo Thinkpad X1 Nano 

Rekomendasi laptop bisnis terbaik 2024 terakhir adalah dari Lenovo Thinkpad X1 Nano, dengan harga mulai dari Rp17 jutaan.

Seri lenovo yang satu ini cocok bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan layar tajam, maka Thinkpad X1 Nano merupakan pilihan tepat.

Adapun spesifikasi yang ditawarkan melalui laptop lenovo ini, di antaranya adalah:

  • Monitor touch screen, dengan kecerahan hingga 450 nits
  • Intel core i7 generasi ke-11
  • RAM 16GB
  • Penyimpanan SSD 1TB
  • GPU Intel Iris XE

Well, perlu diketahui, laptop Lenovo seri Thinkpad X1 ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang sama seperti Apple, sehingga mesin di dalamnya tetap berada pada suhu normal, meskipun Anda bekerja seharian.

Percayakan Urusan Laptop Anda Kepada Asani

Demikianlah ulasan lengkap seputar rekomendasi laptop bisnis terbaik dan terbaru tahun 2024, beserta tips memilihnya.

Bagi Anda yang sedang mencari laptop bisnis terbaik, memperhatikan spesifikasi dan harga sangatlah penting untuk memastikan bahwa software berjalan dengan optimal. 

Namun, jika terkendala dalam hal budget untuk membeli laptop, Anda tidak perlu khawatir. 

Sebab, Asani hadir sebagai solusi terbaik untuk penyewaan perangkat IT, seperti laptop dan komputer, yang pastinya menawarkan berbagai spesifikasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Ayo, kunjungi katalog resmi Asani dan dapatkan penawaran terbaik sekarang!

Baca juga: Telah Resmi Dirilis, Apa Saja Spek Minimum Windows 11?

Post comment

Product Enquiry