Operator kriteria dalam penggunaan Excel
10

Pernahkan Anda menghabiskan hari untuk memecahkan formula untuk menjumlahkan excel dengan rumus kriteria excel sampai berfungsi? Rumus kriteria excel adalah konsep kunci di Excel dan bagian dari rumus untuk memutuskan apa yang akan disertakan atau dikecualikan dalam penghitungan. Membuat rumus kriteria excel adalah salah satu hal penting dalam membuat rumus. Namun, membuat rumus kriteria excel yang efektif sangat sulit karena memerlukan pemahaman yang baik tentang bagaimana Excel bekerja dan menangani data.

Apa itu Rumus Kriteria Excel?

Rumus kriteria excel adalah ekspresi logika yang mengembalikan TRUE atau FALSE, atau angka yang ekuivalen 1 atau 0. Fungsi rumus kriteria excel yaitu:

  • Membuat jumlah hitungan bersyarat
  • Menyaring data (filter data) untuk membuat pengecualian data yang tidak relevan
  • Menyambungkan aliran logika dengan logika IF/THEN
  • Membuat aturan trigger bersyarat
  • Membatasi proses data hanya untuk nilai yang cocok

Cara untuk menyusun rumus kriteria excel adalah dengan membuat hasil ke TRUE ketika tes sudah memenuhi rumus kriteria excel yang tepat. Dalam beberapa kasus lain, rumus kriteria excel juga bisa dibuat ke FALSE atau nol. Jika Anda sudah bisa menguasai konsep ini, Anda sudah memiliki dasar untuk membangun dan memahami banyak formula lanjutan.

Baca juga: Apakah Sinyal Wifi Mengakibatkan Kanker?

Simbol / Operator dalam Rumus Kriteria Excel

Berikut adalah operator rumus kriteria excel yang sering digunakan:

Simbol Logika (Logical Operators)

  • = artinya sama dengan
  • <> artinya tidak sama
  • > artinya lebih besar dari
  • < artinya kurang dari
  • >= artinya lebih besar atau sama dengan
  • <= artinya kurang dari atau sama dengan

Fungsi Logika (Logical Function)

Berikut adalah fungsi logika yang sering digunakan:

  • IF = Uji satu kondisi; aliran logis langsung
  • IFS = Uji beberapa kondisi; aliran logis langsung
  • NOT = Membalikkan kriteria atau hasil
  • AND = Uji beberapa kondisi, kembalikan TRUE jika semuanya TRUE
  • OR = Uji beberapa kondisi, kembalikan TRUE jika setidaknya satu TRUE
  • XOR = Eksklusif OR -mengembalikan TRUE jika satu atau yang lain, tidak keduanya
  • IFERROR = Jebakan kesalahan dan kembalikan hasil alternatif

Itulah pengertian rumus kriteria excel dan operator rumus kriteria excel yang sering digunakan. Jika Anda memiliki file excel super rahasia dan ingin mengamankan dari pembaca lain, maka Anda bisa mengunci Excel dengan password. Cara ini lebih aman jika Anda benar-benar ingin mengamankan dokumen dari siapa pun. Jika Anda tidak memiliki password, maka Anda tidak bisa melakukan apa pun.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Apa itu Booting? Pengertian, Jenis-jenis & Proses Kerjanya

 

Share

Post comment

Product Enquiry