voip adalah
760

Teknologi komunikasi telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir. Dari telepon tradisional yang terhubung dengan kabel hingga kini telah memasuki era komunikasi digital dengan berbagai pilihan, salah satunya adalah VoIP. VoIP adalah teknologi modern yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet. 

VoIP berbeda dengan telepon tradisional yang menggunakan kabel telepon untuk mentransmisikan sinyal suara. Untuk memahami lebih lanjut terkait VoIP, yuk simak ulasan lengkap berikut ini. 

Apa itu VoIP?

Pengertian VoIP adalah revolusi dari cara berkomunikasi dengan mengubah suara menjadi data digital dan mengirimkannya melalui internet. Teknologi ini memungkinkan kita melakukan panggilan telepon, video call, dan telekonferensi dengan mudah serta murah melalui berbagai perangkat, seperti komputer, smartphone, dan tablet.

Berbeda dengan telepon tradisional yang menggunakan kabel, VoIP atau Voice over Internet Protocol memanfaatkan protokol internet atau IP untuk mengantarkan suara. Proses ini dimulai dengan mengubah suara analog menjadi sinyal digital menggunakan perangkat seperti telepon IP atau adapter VoIP kemudian dipecah menjadi paket data kecil dan dikirimkan melalui jaringan internet.

Di sisi penerima, paket data tersebut dirakit kembali dan diubah kembali menjadi suara analog agar dapat didengar. Kualitas suara pada VoIP pun tergantung pada kecepatan dan stabilitas koneksi internet. Semakin stabil koneksinya, semakin jernih suara yang dihasilkan.

Manfaat VoIP

VoIP menawarkan beberapa keuntungan, seperti fleksibilitas, skalabilitas, dan kemampuan integrasi data. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat VoIP adalah sebagai berikut: 

1. Fleksibel

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan siapa saja dan di mana saja, selama terdapat akses internet. Hal ini menjadikannya solusi ideal bagi para pekerja dengan memiliki mobilitas tinggi, seperti mereka yang sering bepergian atau bekerja dari rumah.

Keunggulan VoIP ini membuka berbagai peluang baru dalam dunia kerja serta meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi komunikasi. Tak heran, VoIP menjadi pilihan favorit bagi banyak perusahaan dan individu yang ingin terhubung tanpa hambatan.

2. Skalabilitas

Sistem VoIP menawarkan kemudahan penskalaan untuk menyesuaikan dengan pertumbuhan bisnis Anda. Berbeda dengan sistem telepon tradisional yang memerlukan penambahan perangkat keras fisik untuk setiap pengguna baru, VoIP hanya membutuhkan penyesuaian konfigurasi pada perangkat lunak.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menambah atau mengurangi jumlah pengguna dengan mudah dan cepat tanpa perlu membeli peralatan baru.

Keuntungan skalabilitas ini sangat bermanfaat bagi bisnis yang sedang berkembang pesat. Hal ini karena Anda tidak perlu khawatir tentang keterbatasan kapasitas sistem telepon saat bisnis sedang berkembang.

Tak hanya itu, sistem VoIP dapat dengan mudah diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi yang terus berubah tanpa menimbulkan biaya tambahan yang signifikan.

Baca juga: Seat Management: Definisi, Manfaat, & Tahapan Pelaksanaannya

3. Data Terintegrasi 

Teknologi VoIP adalah hal yang tidak hanya memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon melalui internet, tetapi juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dan layanan lain, seperti SMS, email, dan video call. Integrasi ini membuka peluang baru untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi dalam lingkungan bisnis.

Selain itu, integrasi data VoIP ini juga memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan kolega, klien, dan mitra bisnis dengan cara yang lebih mudah serta efisien.

4. Fitur Tambahan

VoIP adalah teknologi yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas komunikasi. Fitur-fitur, seperti panggilan konferensi memungkinkan kolaborasi yang mudah antar tim, kotak suara digital memastikan Anda tidak pernah melewatkan pesan penting, dan penerusan panggilan memberikan fleksibilitas untuk mengelola panggilan sesuai kebutuhan Anda.

Secara keseluruhan, VoIP adalah solusi komunikasi yang komprehensif dan hemat biaya sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi individu dan bisnis yang ingin meningkatkan efisiensi dan konektivitas mereka.

Kelebihan VoIP

Setelah memahami pengertian dan manfaatnya, kini Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan VoIP. Berikut beberapa pembahasan kelebihan VoIP terlebih dahulu: 

1. Bandwidth yang Digunakan Kecil

Jika dahulu melakukan panggilan telepon melalui VoIP membutuhkan bandwidth yang besar untuk menghasilkan suara jernih, saat ini kebutuhan tersebut telah berkurang cukup drastis. Hal ini karena kebutuhan bandwidth VoIP sekarang hanya 8 kbps saja untuk melakukan panggilan suara yang berkualitas.

Penurunan drastis kebutuhan manajemen bandwidth ini membawa dampak positif, terutama pada proses transfer data antar perangkat karena menjadi lebih cepat. Dengan begitu, penggunaan VoIP menjadi lebih lancar dan nyaman dalam berkomunikasi. Hal ini menjadikan VoIP adalah pilihan yang lebih hemat bandwidth dan efisien dibandingkan dengan sistem telepon tradisional.

2. Terkoneksi dengan Berbagai Perangkat

Salah satu keunggulan utama sistem VoIP adalah fleksibilitasnya. Tidak seperti sistem telepon tradisional yang terikat pada perangkat telepon, VoIP dapat digunakan di berbagai perangkat yang terhubung internet, seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dari mana saja dan kapan saja tanpa terhalang oleh lokasi atau perangkat yang mereka gunakan.

Keuntungan ini sangat bermanfaat bagi individu dan bisnis yang membutuhkan komunikasi mudah dan fleksibel. Contohnya, para profesional yang sering bepergian dapat tetap terhubung dengan kolega dan klien mereka melalui VoIP tanpa perlu membawa telepon tradisional.

Selain itu, bisnis dapat menghemat biaya dengan menggunakan VoIP untuk menghubungkan kantor mereka di berbagai lokasi.

3. Biaya Panggilan Lebih Rendah 

Keunggulan lain dari VoIP adalah biaya yang lebih murah. Biaya panggilan VoIP umumnya lebih murah daripada panggilan telepon konvensional, terutama untuk panggilan jarak jauh. Hal ini karena VoIP tidak memerlukan infrastruktur fisik yang mahal untuk dioperasikan.

Kekurangan VoIP

Setelah mengetahui kelebihannya, berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan VoIP yang perlu Anda ketahui:

1. Perlu Konfigurasi Khusus

Sistem Voice over Internet Protocol memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Agar sistem ini dapat berfungsi dengan baik, perangkat atau internet perlu dihubungkan dengan Network Address Translation atau NAT sebagai proses menerjemahkan alamat IP pribadi menjadi alamat IP publik.

Proses penghubungan NAT ke sistem VoIP ini memerlukan konfigurasi khusus. Konfigurasi ini biasanya dilakukan oleh teknisi atau penyedia layanan VoIP eksternal. Tujuannya adalah agar sistem VoIP dapat berkomunikasi dengan jaringan internet dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanpa konfigurasi NAT yang tepat, sistem VoIP tidak akan dapat melakukan panggilan telepon karena sistemnya tidak bisa menerjemahkan alamat IP perangkat pengguna ke alamat IP publik yang diperlukan untuk melakukan panggilan.

Baca juga: Apa itu Server Maintenance? Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

2. Mengandalkan Jaringan Internet

VoIP adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan video melalui internet. Sebagai gantinya, teknologi ini bergantung pada koneksi internet yang stabil untuk memastikan kelancaran komunikasi.

Namun, apabila koneksi internet lemah maka akan mengakibatkan berbagai masalah dalam proses transfer data selama panggilan VoIP. Masalah umum yang sering terjadi antara lain, suara terputus-putus, gambar video buram, dan jeda yang signifikan dalam respon antara pengirim dan penerima.

Kualitas komunikasi VoIP yang buruk akibat koneksi internet yang lemah ini dapat mengganggu kelancaran interaksi dan bahkan menghambat penyampaian informasi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan koneksi internet yang stabil sebelum melakukan panggilan VoIP, terutama untuk komunikasi penting atau profesional.

Cara Kerja VoIP

VoIP melibatkan berbagai proses dalam melakukan panggilan. Adapun cara kerja VoIP adalah sebagai berikut:

  • Konversi analog ke digital: mikrofon pada perangkat Anda baik komputer atau ponsel akan menangkap suara analog yang kemudian diubah oleh VoIP menjadi sinyal digital.
  • Kompresi dan pembagian paket: sinyal digital selanjutnya dikompresi untuk mengurangi ukuran file dan dipecah menjadi paket data digital kecil.
  • Pengiriman melalui internet: paket-paket data tersebut kemudian dikirimkan melalui jaringan internet menuju penerima.
  • Dekode dan konversi kembali ke analog: di perangkat penerima, paket data tersebut disusun kembali dan diubah menjadi sinyal analog. Speaker pada perangkat penerima kemudian mengubah sinyal analog tersebut menjadi suara yang bisa Anda dengar.

Itulah informasi mengenai VoIP, mulai dari pengertian, manfaat, kelebihan dan kekurangan VoIP, hingga cara kerjanya. Perlu diingat, VoIP adalah sarana telekomunikasi sebagai solusi yang hemat dan efisien untuk sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan VoIP hanya membutuhkan jaringan internet sebagai media komunikasinya. 

Berkaitan dengan hal ini, Anda bisa menggunakan layanan IT Network Setup dari Asani yang membantu Anda mengelola jaringan ketika mengoperasikan VoIP dengan cepat dan mudah.  Asani adalah partner yang dapat Anda andalkan dalam urusan penyewaan laptop maupun perangkat IT lainnya termasuk router dan modem. 

Selain itu, layanan IT Network Setup juga dapat mengidentifikasi sekaligus memperbaiki masalah pada jaringan komputer perusahaan.

Yuk, segera cek di katalog sewa Asani dan ajukan penawaran secepatnya melalui WhatsApp atau email cs@asani.co.id sekarang juga!

Baca juga: Cold Booting: Pengertian, Fungsi, dan Langkah Melakukannya

Share

Post comment

Product Enquiry