ai untuk coding
2670

Para programmer kini bisa memanfaatkan AI untuk membantu dalam berbagai tugas coding, mulai dari menyelesaikan kode hingga mendeteksi dan memperbaiki bug. Penggunaan AI untuk coding ini menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kode. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai AI untuk coding, yuk simak ulasan berikut ini. 

AI untuk Coding 

AI untuk coding bisa membantu Anda dalam menuliskan kode jauh lebih cepat dan akurat. Tidak hanya itu, penggunaan AI ini juga akan menghemat waktu Anda ketika memecahkan masalah yang cukup kompleks terkait coding. Berikut adalah beberapa rekomendasi AI untuk coding yang bisa Anda gunakan:

1. GitHub Copilot

GitHub Copilot merupakan hasil kolaborasi antara GitHub dan OpenAI. Alat ini memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menyempurnakan kode secara otomatis sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga Anda.

Tidak hanya itu, copilot ini juga menawarkan penyelesaian kode berkualitas tinggi sehingga memungkinkan Anda mendapatkan saran untuk seluruh baris kode dengan lebih cepat.

Penggunaannya AI untuk coding ini pun mudah, Anda hanya perlu menuliskan baris kode yang akan dibuat, kemudian copilot akan secara otomatis menyelesaikannya.

Namun, perlu diingat bahwa copilot hanya berfungsi sebagai ekstensi pada editor kode Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menginstal ekstensi copilot terlebih dahulu untuk menggunakannya.

2. TabNine

TabNine merupakan web AI untuk coding yang mendukung berbagai bahasa pemrograman populer, seperti Python, JavaScript, Rust, TypeScript, Bash, dan GO. Tidak hanya itu, TabNine juga dapat terintegrasi dengan teks editor favorit Anda, seperti Sublime, VS Code, dan IntelliJ.

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat:

  • Meningkatkan kecepatan coding: TabNine memberikan saran kode yang akurat, sehingga Anda dapat menulis kode lebih cepat dan efisien.
  • Mengurangi kesalahan: AI dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki potensi kesalahan, sehingga dapat menghasilkan kode yang lebih bersih dan andal.
  • Meningkatkan produktivitas: menghemat waktu dan tenaga dengan bantuan AI memungkinkan Anda untuk fokus pada aspek kreatif pemrograman.

3. AskCodi

AskCodi adalah alat bantu pemrograman yang tepat dan cepat untuk membantu pengembang perangkat lunak dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kode. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, AskCodi dapat menjadi aset berharga bagi Anda, tim pengembang, pendidik, dan pelajar.

Selain itu, AI untuk coding ini juga memberikan analisis kode secara real-time yang membantu mengidentifikasi potensi kesalahan, inefisiensi, dan area yang dapat dioptimalkan. Tak hanya itu, AskCodi juga mendukung berbagai bahasa pemrograman populer, termasuk Python, Java, JavaScript, C++, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Rekomendasi dan Tips Memilih Spek Laptop untuk Coding

4. ChatGPT

ChatGPT atau Generative Pre-training Transformer adalah sebuah kecerdasan buatan yang mampu berinteraksi dengan pengguna melalui teks. Meski begitu, salah satu kemampuan menarik AI ini adalah bisa membantu proses coding.

Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengajukan pertanyaan atau perintah terkait coding. Setelah itu, ChatGPT akan memberikan jawaban yang sesuai. Selain cara ini, Anda juga dapat langsung mengetikkan kode yang diinginkan hingga kemudian ChatGPT secara otomatis menghasilkan kode tersebut.

5. Sourcegraph Cody

Sourcegraph Cody adalah asisten coding AI gratis dan open-source yang dapat membantu Anda menulis, memperbaiki, dan memelihara kode Anda. Sebagai AI untuk coding, Sourcegraph Cody memahami seluruh Codebase dengan memanfaatkan kemampuan Code Graph untuk mengumpulkan konteks yang membantu Anda menulis kode yang akurat.

Tak hanya itu, Cody juga dapat membantu Anda menulis kode baru dengan cepat dan mudah. Adapun cara penggunaanya, Anda dapat memberikan instruksi singkat kepada AI ini hingga kemudian alat tersebut menghasilkan kode yang sesuai. 

Perlu diketahui, Cody bekerja dengan memanfaatkan kekuatan Code Graph yang merupakan representasi grafis dari Codebase Anda. Code Graph sendiri memungkinkan Cody untuk memahami hubungan antara berbagai bagian kode yang memungkinkannya untuk menghasilkan kode yang lebih akurat dan relevan.

6. Amazon CodeWhisperer

Amazon CodeWhisperer adalah layanan bertenaga AI yang membantu meningkatkan produktivitas pengembang dengan menghasilkan rekomendasi kode berdasarkan komentar dalam bahasa alami dan kode mereka di IDE (Integrated Development Environment).

AI untuk coding gratis ini secara otomatis menghasilkan saran kode berdasarkan kode dan komentar yang ada saat Anda mengetik. Selain itu, CodeWhisperer juga akan membantu Anda menulis kode yang lebih aman, efisien, dan mudah dipelihara. 

Adapun bahasa pemograman yang didukung oleh AI ini meliputi, JavaScript, Python, C#, TypeScript, Ruby, Go, PHP, C++, C, Shell, Scala, Rust, Kotlin, dan SQL. Saat ini, Amazon CodeWhisperer tersedia sebagai layanan AWS yang dapat diakses melalui berbagai IDE dan gratis untuk dicoba. Namun, apabila Anda menggunakannya dalam skala besar maka akan dikenakan tarif berbayar. 

Baca juga:  8 Cara Mengatasi Operating System Not Found, Ini Penyebabnya!

7. Replit

Replit merupakan platform berbasis cloud yang menghadirkan IDE untuk memudahkan proses pembuatan, pengujian, dan berbagi kode. Adapun keunggulan utama Replit terletak pada dukungan penuh terhadap berbagai bahasa pemrograman populer, seperti Javascript, Python, Ruby, dan C++. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih bahasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Lebih dari itu, Replit juga menawarkan komunitas yang beragam dan dinamis. Di sini, pengguna dapat berkolaborasi dengan berbagi proyek, memberikan masukan, dan saling belajar satu sama lain. Platform ini bisa menjadi pilihan ideal bagi para pengembang yang ingin bekerja secara individu maupun tim.

8. Codiga

Website AI untuk coding selanjutnya adalah Codiga. AI ini merupakan sebuah alat analisa kode statis untuk membantu programmer meningkatkan kualitas kode mereka. Alat ini dapat digunakan di berbagai IDE populer, seperti VS Code, JetBrains, Visual Studio, GitHub, GitLab, dan Bitbucket.

9. CoGram

CodeGram adalah alat yang dirancang khusus untuk para ilmuwan data dan pemrograman Python yang bekerja dengan kueri SQL dan Notebook Jupyter. Alat ini memungkinkan Anda untuk membuat kueri dalam Bahasa Inggris yang kemudian akan diterjemahkan secara otomatis oleh CodeGram menjadi kueri SQL yang kompleks. Hal ini tentunya menghemat waktu dan tenaga, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bahasa SQL.

Tak hanya itu, CodeGram juga mendukung berbagai database populer, seperti SQLite, PostgreSQL, dan MySQL. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan CodeGram untuk bekerja dengan berbagai jenis data dan database.

10. CodeComplete

CodeComplete merupakan AI untuk coding selain Chat GPT yang menawarkan fungsi mirip dengan GitHub Copilot. Alat ini menyediakan cara efisien dan nyaman bagi developer untuk menghasilkan potongan kode dan melengkapi baris kode.

Dengan cukup memasukkan kode yang diinginkan, CodeComplete akan menghasilkan output yang sesuai sehingga menghemat waktu dan tenaga developer.

Selain itu, alat serbaguna ini juga mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk C++, Java, Python, dan masih banyak lagi. Kompatibilitas ini menjadikan CodeComplete aset berharga bagi developer yang mengerjakan berbagai proyek.

Satu perbedaan utama antara CodeComplete dan alat coding AI lainnya adalah operasinya yang independen. Tidak seperti alat yang terintegrasi langsung ke dalam lingkungan coding, CodeComplete berfungsi sebagai aplikasi mandiri yang menawarkan fleksibilitas dan opsi penyesuaian yang lebih besar pada developer.

Itulah pembahasan mengenai AI untuk coding yang bisa Anda gunakan dalam upaya membantu pekerjaan selagi lebih efisien. Dengan begitu, produktivitas, kualitas kode, dan efektivitas waktu bisa semakin meningkat. 

Selain mengetahui AI untuk coding, perangkat yang digunakan dalam hal ini pun juga harus mumpuni, terutama dalam sekala bisnis dan perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menyewanya di Asani. 

Asani menyediakan layanan penyewaan berbagai peralatan elektronik, mulai dari laptop, komputer, hingga peralatan rapat lengkap yang bisa Anda cek di katalog sewa Asani dan ajukan penawaran sebagai langkah selanjutnya melalui WhatsApp atau email cs@asani.co.id sekarang juga.

Tak hanya itu, Asani juga menawarkan layanan untuk mengelola aset perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi gratis terkait masalah pengadaan perangkat IT perusahaan Anda. Jadi tunggu apalagi, segera daftar MyAsani yang juga menggunakan AI untuk mengatasi permasalahan perangkat IT Anda!

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Mudah!

Share

Post comment

Product Enquiry