spek laptop untuk coding
280

Untuk menjadi seorang programmer, Anda membutuhkan spek laptop untuk coding yang mumpuni, misalnya dengan kapasitas RAM minimal 8 GB.  Nah, cara melihat spesifikasi laptop pun dapat dilakukan dengan mudah, seperti melihat dari kardusnya sebelum membeli.  

Langkah ini diperlukan agar Anda mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.  Laptop yang kurang mendukung dapat membuat proses coding berjalan lambat dan menghambat pekerjaan. Hal itu tentu membuat pekerjaan tidak efektif.  

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan lengkapnya tentang tips memilih spek laptop untuk coding dan rekomendasinya dalam artikel berikut.  

Tips Memilih Spek Laptop untuk Coding

 

Ketika ingin menjadi seorang programmer, banyak orang bertanya-tanya spek laptop untuk coding.  

Pasalnya, sejumlah tools untuk coding seperti Notepad++, Visual Code Studio, Atom, dan beberapa aplikasi lainnya membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar.

Meskipun semua jenis laptop dapat digunakan untuk belajar pemrograman, tetapi spesifikasi yang baik akan mempermudah pekerjaan dan tidak membuat lemot.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan tips memilih spek laptop untuk coding berikut ini.

1. Resolusi Layar

Saat ini banyak tipe laptop dengan resolusi layar yang bervariasi. Ketika melakukan pemrograman, spek laptop untuk coding yang baik harus memiliki resolusi layar besar.

Anda sangat disarankan untuk memilih laptop yang memiliki resolusi layar 1920×1080 atau Full HD. Resolusi tersebut pada umumnya terdapat pada laptop dengan ukuran minimal 15 inci.

Selain itu, ada pula laptop dengan ukuran 13-14 inci yang memiliki resolusi Full HD. Akan tetapi, biasanya hanya ditemukan pada laptop kelas atas.

2. Portabilitas

Tips memilih spek laptop untuk coding berikutnya adalah memperhatikan keadaan portabel. Hal ini akan memudahkan seorang programmer untuk bekerja dari mana saja.

Apabila Anda lebih suka bekerja dengan berpindah-pindah tempat, sangat disarankan untuk menggunakan laptop ukuran 13-14 inci.  

Namun, jika Anda adalah programmer yang jarang berpindah tempat dan membutuhkan resolusi tinggi, sebaiknya menggunakan laptop ukuran 15 inci.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Mudah!

3. Jenis dan Ukuran Hard Disk

Jenis hard disk yang disarankan untuk coding adalah SSD. Dibandingkan HDD, SSD memiliki kecepatan booting yang lebih tinggi.

Harga hard disk SSD memang tergolong mahal, tetapi kualitasnya pun juga lebih terjamin.  

Untuk programmer, ukuran SSD minimal yang disarankan adalah 128 GB dengan harga sekitar 700 ribu-1 juta rupiah.

4. Jumlah Memori (RAM)  

Spek laptop untuk coding minimal memiliki RAM sebesar 2 GB apabila digunakan sebatas belajar bahasa pemrograman saja.

Namun, jika Anda adalah seorang programmer game atau Android, sebaiknya menggunakan laptop dengan kapasitas RAM minimal 4 GB.  

Apabila ingin berhemat, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli laptop berkapasitas 4 GB. Jika ingin melakukan upgrade, Anda bisa menambah memori 4 GB lagi.

5. Kecepatan CPU

Kecepatan CPU mempengaruhi performa laptop saat melakukan pemrograman. Untuk itu, pilih laptop dengan CPU berkualitas tinggi.

Pada umumnya, spek laptop untuk coding menggunakan prosesor Intel Core i5. Namun, apabila Anda menginginkan laptop untuk coding murah, bisa memilih prosesor Intel Core i3.

6. Sistem Operasi  

Sistem operasi laptop untuk programming biasanya menggunakan Windows, Linux, dan OS X. Untuk programmer game, biasanya hanya memakai sistem operasi Windows dan Mac.

Namun, bagi produk-produk Apple harus menggunakan laptop dengan sistem operasi OS X saja, karena dua jenis lainnya tidak dapat dipakai.

7. Keyboard  

Seorang programmer bekerja dengan mengetikkan kode-kode. Untuk itu, memilih spek laptop dengan keyboard yang nyaman sangat penting.

Anda bisa memilih laptop yang lembut dan tidak sulit saat ditekan serta ukuran keyboard sesuai dengan telapak tangan.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop di Semua Tipe Windows

8. Kartu Grafis  

Tips memilih spek laptop untuk coding yang terakhir adalah menentukan kartu grafis. Bagi seorang programmer game, penggunaan kartu grafis sangat penting.

Anda dapat memilih laptop dengan integrated graphic card serta menambah kartu grafis eksternal. Namun, jika Anda bukan programmer game, kartu grafis biasa saja sudah mumpuni.

Rekomendasi Laptop untuk Coding  

Pada umumnya, banyak rekomendasi laptop untuk coding murah yang bisa Anda dapatkan. Laptop dengan harga 4-5 juta pun sudah bisa digunakan untuk melakukan pemrograman.

Namun, apabila menginginkan spek laptop untuk coding dengan performa bagus dan lebih awet, Anda bisa memilih salah satu dari sejumlah rekomendasi berikut ini.

1. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZA  

Rekomendasi laptop untuk coding yang pertama adalah ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZA. Laptop ini memiliki resolusi layar 2880 x 1800 dan berukuran 12,5 inci.

Selain itu, kapasitas RAM dan prosesornya juga mumpuni, yaitu SSD 512 GB dengan Intel Core i7.

Kualitasnya yang unggul ini juga sebanding dengan harganya senilai Rp29.000.000.  

Dengan harga yang fantastis dan spek laptop untuk coding yang unggul, tipe ini mampu digunakan untuk membuat aplikasi Android atau Visual Studio yang berat.

2. Apple MacBook Pro (13.3 inci, M2, 2022)

Rekomendasi laptop untuk coding berikutnya adalah Apple MacBook Pro dengan ukuran layar 13,3 inci dan resolusi 2560 x 1600 seharga Rp24.900.000.

Untuk lebih jelasnya, spek laptop untuk coding satu ini adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kartu grafis GPU 10-core.
  • Kapasitas RAM 8 GB dan dapat di-upgrade menjadi 16-24 GB.
  • Memiliki penyimpanan 256 GB.
  • Kecepatan CPU 8-core dan Neural Engine 16-core

Dengan spesifikasi seperti di atas, performa laptop dan proses programming Anda akan berjalan lancar.

Baca juga: Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows dan Macbook

3. Lenovo Legion 5 Pro 16 RYZEN 7 6800H

Rekomendasi laptop untuk coding ini cocok bagi programmer game karena memiliki kartu grafis diskret RTX 3060.

Selain itu, Lenovo Legion 5 Pro 16 memiliki ukuran 16 inci dengan resolusi 2560 x 1600, kapasitas RAM 16 GB, serta SSD 1 TB dan satu slot kosong.

Laptop ini memiliki harga sekitar Rp23,4 juta. Selain sebagai laptop untuk programmer, Lenovo Region 5 Pro 16 juga cocok digunakan gamer.

4. Acer Nitro 5 AN515 (Intel Core i9-12900H)

Acer Nitro 5 N515 merupakan salah satu rekomendasi laptop untuk coding yang memiliki performa baik dengan harga sekitar Rp21 juta.

Spek laptop untuk coding ini adalah sebagai berikut.

  • Ukuran layar 15,6 inci.
  • Menggunakan prosesor Intel Core i9.
  • Menggunakan kartu grafis tinggi, yaitu NVIDIA GeForce RTX 3060.
  • Memiliki RAM 16 GB dengan kartu SSD 512 GB.  

Laptop ini cocok bagi programmer yang perlu bekerja dengan rentang waktu lama karena memiliki performa stabil.

5. Lenovo Yoga Slim 7 Pro – 82MS002YID

Rekomendasi laptop untuk coding terakhir adalah Lenovo Yoga Slim 7 Pro. Tipe satu ini tergolong sebagai laptop untuk coding murah dibandingkan sebelumnya.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro memiliki harga sekitar Rp18 juta dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • Resolusi layar 2880 x 1800 dengan ukuran 14 inci.
  • Menggunakan prosesor 8-core.
  • Kartu grafisnya menggunakan AMD Radeon.
  • Memiliki kapasitas RAM 16 GB dengan penyimpanan 1 TB SSD.

Laptop ini hanya memiliki berat 1,32 kg, sehingga cocok bagi Anda yang suka bekerja dengan berpindah-pindah tempat.

Dapatkan Spek Laptop untuk Coding di Asani

Kini, Anda telah mengerti tips memilih spek laptop untuk coding dan rekomendasinya.  

Dengan mengetahui sejumlah tipsnya, Anda bisa mempertimbangkan laptop mana yang akan dipilih. Untuk mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menggunakan layanan dari Asani, loh.  

Asani merupakan sebuah perusahaan yang memberi penawaran mengenai jasa pelayanan IT. Salah satunya adalah IT Hardware Service. IT Hardware Service adalah layanan penyewaan komputer, laptop, serta perangkat IT lain yang dapat membantu Anda untuk bekerja.  

Apabila tertarik, Anda bisa memeriksa katalognya atau langsung menghubungi Asani untuk meminta penawaran.  

Baca juga: Dampak Charge Laptop Terlalu Lama

Post comment

Product Enquiry