130

Pada satu ketika, Anda dikirimkan file zip oleh rekan kerja dan Anda harus segera mengecek file di dalamnya. Namun, Anda sedang tidak bisa membuka file melalui laptop sehingga Anda harus membuka dari ponsel. Sayangnya, aplikasi zip tidak ada di ponsel Anda, jadi Anda harus mencari aplikasi yang bisa membantu Anda membuka file tersebut. Berikut rekomendasi aplikasi zip di Android dan iOS.

Aplikasi Zip di Android

Beberapa smartphone Android memiliki kompresor file bawaan untuk membuat atau mengekstrak file Zip. Namun, memang tidak semua ponsel memiliki fitur itu. Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi zip, maka Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di PlayStore. Berikut adalah aplikasi zip yang bisa dipilih untuk ponsel Android Anda:

1. RAR

RAR adalah aplikasi gratis untuk membuka file zip di ponsel Android. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang mencari kemudahan dalam penggunaan dan kesederhanaan. Aplikasi ini bisa membuat dan membuka file zip yang disimpan di hp Android Anda. Selain file zip, aplikasi RAR mendukung file dengan format ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7Z, ISO, dan ARJ.

Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Pembuka File Zip Terbaik di Laptop

2. WinZip

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang populer untuk membuat dan membuka format file zip. Selain di ponsel, WinZip juga menawarkan berbagai tools yang membantu untuk mengintegrasikan file ke komputer dan tablet. WinZip dapat membuka file dengan format ZIP, 7Zip, 7X, RAR, dan CBZ.

3. AZIP Master: ZIP RAR Extractor

AZIP Master adalah aplikasi kompresor file yang mudah digunakan untuk membuat dan melihat file dalam format zip dan rar. Selain itu, Anda juga dapat mengekstrak file tersebut di perangkat Android Anda.

4. AlZip – File Manager dan Unzip

Aplikasi ALZip tidak hanya untuk zip atau unzip file, tapi juga bisa digunakan untuk mengelola file, membuka, menyalin, menghapus, mengganti nama, dan memindahkan file di Android. Fitur drag-and-drop ALZip memungkinkan Anda mengompres dan memindahkan file dengan cepat. Anda juga bisa membuka arsip terkompresi seperti folder, lalu Anda dapat menambahkan file ke daftar Favorit Anda. File zip Anda juga dapat dilampirkan melalui email atau diunggah ke cloud.

Aplikasi Zip di iOS

Berikut adalah rekomendasi aplikasi zip di iOS:

1. WinZip

Selain di Android, WinZip juga tersedia untuk iPhone. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, Gratis dan Premium. Bagi sebagian besar pengguna, versi gratis aplikasi ini sudah lebih dari cukup.

Winzip bisa langsung mengekstrak file zip secara otomatis dan menampilkan isi di dalamnya. Sayangnya, versi gratis Winzip masih menampilkan iklan.

Fitur lain di aplikasi ini adalah Anda bisa melindungi file sebelum dibagikan dengan enkripsi AES 128 atau 256-bit.

2. Zip & RAR Extractor

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang memiliki rating yang baik di iOS. Selain untuk membuka file zip, Zip & RAR File Extractor juga memiliki pemutar media, penampil foto, pembaca PDF, penampil dokumen, dan lainnya. Anda juga dapat mengimpor file zip yang tersimpan di cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, ataupun iCloud.

Baca juga: 5 Layanan Cloud Storage Gratis dan Terbaik

3. iZip – Zip Unzip Unrar Tool

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang mencari aplikasi manajemen file ZIP/RAR karena Anda dapat dengan mudah mengekstrak file dari format zip, termasuk file zip terenkripsi yang dilindungi kata sandi dan AES.

File lain yang bisa dibaca di aplikasi ini seperti ZIPX, TAR, GZIP, RAR, TGZ, TBZ, ISO, dll.

4. Unzip

Unzip adalah aplikasi pembuka dan pengompres file arsip zip. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuka berbagai format file terkompresi, termasuk ZIP, RAR, 7Z, TAR, ISO, dan banyak jenis file lainnya.

Cara Membuka File Zip di HP

Anda memerlukan aplikasi atau perangkat lunak untuk membuka file zip. Berikut adalah cara membuka file zip di ponsel Anda:

  • Install aplikasi pembuat atau pembuka arsip file zip di ponsel Anda
  • Buka aplikasi pembuka file zip
  • Pilih file zip yang ingin Anda buka

Itulah beberapa aplikasi zip dari hp. Anda mungkin membutuhkannya untuk mengirim atau menerima file saat sedang mobile. Namun, jika Anda menggunakan laptop, Anda bisa menggunakan aplikasi zip di laptop.

Ketika Anda menerima file zip dari email tidak dikenal, harap berhati-hati untuk menghindari phising. Sebaiknya tinjau beberapa aplikasi lalu pilihlah yang menawarkan fungsionalitas paling banyak.

Jika kantor Anda membutuhkan perangkat IT seperti laptop atau tablet, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda.

Asani adalah jasa berbasis langganan karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Dengan menyewa, perusahaan Anda berkontribusi dalam membantu mengurangi limbah elektronik yang ada di dunia.

Lihat  katalog Asani  lengkap untuk kebutuhan  design graphic, editing video,  develop  website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Cara Menghindari Phising dan Pencurian Data Pribadi

Post comment

Product Enquiry