aplikasi yang harus ada di laptop
110

Saat membeli perangkat komputer baru, Anda mungkin bingung, apa saja aplikasi yang harus ada di laptop?

Pasalnya, memiliki software atau aplikasi sesuai spesifikasi laptop bisa membantu menunjang pekerjaan serta mengoptimalkan kinerja perangkat Anda.

Nah, untuk mengetahui daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru, yuk simak artikel berikut!

Daftar Aplikasi yang Harus Ada di Laptop

Bagi Anda yang selalu bekerja menggunakan laptop, memiliki sejumlah aplikasi bisa membantu menyelesaikan tugas kantor atau kuliah dengan lebih cepat.

Lantas, apa saja aplikasi yang harus ada di laptop? Nah, untuk mengurangi rasa penasaran Anda, berikut ini adalah daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru. 

1. Internet Browser

Salah satu aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa adalah internet browser, seperti Google Chrome atau Microsoft Edge. 

Google Chrome merupakan salah satu internet browser yang paling banyak diminati oleh pengguna laptop atau komputer.

Sebab, Google Chrome memiliki tampilan yang sederhana dan tersedia banyak ekstensi untuk membantu menunjang pekerjaan.

Namun sayangnya, Google Chrome memakan kapasitas memori yang cukup besar. Akibatnya, laptop dengan spesifikasi PC rendah akan terasa berat saat menjalankan software tersebut.

Maka dari itu, jika memiliki laptop dengan kapasitas RAM yang rendah, Microsoft Edge bisa menjadi alternatif internet browser untuk perangkat Anda. 

Pasalnya, aplikasi browser ini ringan saat dijalankan dan tidak boros baterai.

2. Microsoft Office

Microsoft Office adalah salah satu daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru, terlebih lagi jika Anda merupakan seorang karyawan atau mahasiswa.

Pasalnya, saat download aplikasi yang harus ada di laptop setelah instal ulang ini, Anda juga memperoleh sejumlah software bawaan dari Microsoft Office.

Adapun beberapa jenis aplikasi di bawah naungan Microsoft Office adalah sebagai berikut.

  • Microsoft Word, yaitu aplikasi pengolah kata.
  • Microsoft Excel, yaitu aplikasi pengolah angka yang telah dilengkapi dengan fitur pembuatan grafik.
  • Microsoft PowerPoint, yaitu aplikasi yang membantu Anda untuk membuat presentasi.
  • Microsoft OneNote, yaitu aplikasi yang bisa digunakan sebagai buku catatan digital.
  • Microsoft OneDrive, yaitu aplikasi yang membantu menyimpan, melindungi, dan membagikan dokumen atau file penting dalam perangkat Anda.
  • Microsoft Outlook, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan, menyimpan kontak, melacak tugas, serta mengelola kalender.
  • Microsoft Teams, yaitu aplikasi yang bisa membantu pekerjaan hybrid atau remote untuk melakukan konferensi secara virtual.

3. Aplikasi Antivirus

Selain beberapa software di atas, Anda juga perlu download aplikasi yang harus ada di laptop untuk membersihkan virus atau malware.

Pasalnya, virus dan malware bisa merusak keamanan laptop beserta dokumen-dokumen di dalamnya.

Untuk itu, Anda perlu menginstal aplikasi antivirus, seperti Avast AntiVirus, SmadaV, Windows Security, Kaspersky, atau McAfee.

Adapun tujuan melakukan instalasi aplikasi antivirus adalah untuk mendeteksi serta melindungi perangkat Anda dari virus dan malware.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Penyebabnya

4. Aplikasi Pemutar Video

Daftar aplikasi yang harus ada di laptop berikutnya adalah software pemutar video. 

Pada dasarnya, setiap pengguna laptop membutuhkan hiburan untuk menghilangkan rasa penat akibat rutinitas yang padat, seperti menonton film.

Untuk itu, aplikasi pemutar video menjadi salah satu kebutuhan dalam menonton film. 

Adapun sejumlah jenis aplikasi pemutar video yang bisa menjadi pilihan Anda adalah GOM Player, VLC Media Player, KMPlayer, dan Media Player Classic.

5. Ccleaner Free

Ccleaner Free juga termasuk salah satu aplikasi yang harus ada di laptop setelah instal ulang. 

Pasalnya, aplikasi ini bisa membantu mendeteksi sampah yang dapat membuat perangkat Anda berjalan lambat.

Beberapa sampah yang bisa dibersihkan oleh aplikasi ini umumnya berada dalam penyimpanan drive C, seperti file temporary, cache browser, dan registry pada Windows 10.

Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Dengan menggunakan versi gratisnya, Anda sudah bisa menikmati sejumlah fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya.

6. ZIP WinRar

Aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa berikutnya adalah ZIP WinRar. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengarsipkan atau mengompres folder dengan format ZIP atau RAR.

Dengan format ZIP atau RAR, Anda juga bisa menghemat memori laptop. Sebab, aplikasi ini akan memadatkan ukuran file hingga 40% lebih kecil.

7. Sticky Notes

Sticky Notes adalah salah satu daftar aplikasi yang ada di laptop, karena bisa membantu Anda dalam membuat jadwal harian atau pengingat.

Melalui aplikasi ini, Anda tak perlu menyusun to do list harian dengan menempelkannya di dinding atau membuat alarm pengingat kerja. 

Pasalnya, dengan aplikasi Sticky Notes, Anda dapat menyusun daftar pekerjaan harian dan memasangnya pada layar utama laptop serta menyematkan ke menu Start.

8. Aplikasi Desain Grafis

Daftar aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa berikutnya adalah software desain grafis atau editing foto. 

Saat ini, banyak mahasiswa yang memiliki keahlian dalam bidang editing foto atau desain grafis. 

Di samping itu, keahlian ini memang sangat dibutuhkan di dalam industri kerja dan memiliki peluang besar. Untuk itu, banyak mahasiswa yang mulai mempelajari skill editing foto.

Adapun sejumlah rekomendasi aplikasi editing foto yang banyak digunakan adalah Adobe Lightroom, Photoshop, Photoscape, dan CorelDRAW.

9. Aplikasi Editing Video

Selain untuk desain grafis, software editing video juga banyak digunakan oleh mahasiswa dan karyawan, terlebih lagi jika berkecimpung di dalam dunia content creator.

Saat ini, pekerjaan sebagai content creator memang sedang menjadi tren. Banyak orang yang memulai pekerjaan content creator di YouTube, Instagram, atau TikTok dengan mengunggah video kreatif.

Jika Anda tertarik dengan pekerjaan dan keterampilan ini, memiliki aplikasi editing video di laptop adalah suatu keharusan. Hal ini berguna untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Adapun sejumlah rekomendasi aplikasi editing video yang kerap digunakan adalah InShot, Adobe Premiere Pro, Movie Maker, LumaFusion, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 7 Cara Mematikan Keyboard Laptop, Mudah dan Praktis!

10. PDF Reader

Aplikasi PDF Reader juga termasuk salah satu software yang harus dimiliki oleh mahasiswa. 

Pasalnya, seorang mahasiswa sering membaca referensi dalam format PDF, sehingga memiliki aplikasi ini akan sangat membantu proses pengerjaan tugas.

Nah, ada banyak jenis aplikasi PDF Reader yang Anda pilih, seperti Nitro PDF, Adobe Acrobat Reader, WPS Office, hingga Mendeley.

11. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang bisa diunduh secara gratis pada gawai atau laptop. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menemukan banyak lagu-lagu lama atau baru dan bisa streaming secara legal.

Nah, dengan download aplikasi yang harus ada di laptop ini, Anda bisa mengerjakan tugas kantor atau kuliah sembari mendengarkan musik. 

Dengan begitu, Anda akan terhindari dari risiko stres akibat pekerjaan. Sebab, musik bisa membawa suasana nyaman dan tenang.

12. Zoom Meeting

Daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru selanjutnya adalah Zoom Meeting. 

Bagi Anda yang bekerja dengan sistem remote atau work from anywhere, aplikasi Zoom Meeting adalah layanan konferensi video untuk memudahkan koordinasi bersama tim.

Di samping itu, aplikasi ini tergolong cukup ringan dan memiliki sejumlah fitur, seperti membuat jadwal meeting, mengganti background video, serta merekam konferensi.

Selain Zoom Meeting, Anda juga bisa berkoordinasi dengan rekan kerja melalui aplikasi Google Meet atau Cisco Webex Meeting.

13. Internet Download Manager (IDM)

Daftar aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa selanjutnya adalah Internet Download Manager (IDM). Aplikasi ini bisa membantu mempercepat proses pengunduhan file apa pun.

Di samping itu, aplikasi IDM juga memiliki fitur untuk menjadwalkan dan melanjutkan unduhan, memulihkan kesalahan komprehensif, hingga memulai ulang proses download file yang gagal atau tertunda.

14. Aplikasi Transfer File

Aplikasi yang harus ada di laptop berikutnya adalah software transfer file. Mengirimkan file kepada orang lain mungkin bisa menggunakan flashdisk

Namun, hal itu akan lebih mudah jika Anda memiliki aplikasi khusus transfer file

Nah, ada banyak jenis aplikasi transfer file yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti Send Anywhere, Xender, SHAREit, Zapya, hingga Feem.

Selain melalui aplikasi tersebut, jika laptop Anda memiliki kapasitas yang terbatas, Gmail sebagai layanan bawaan dari Google juga bisa menjadi alternatif untuk mengirimkan file.

15. Aplikasi Penyimpanan Online

Terakhir, aplikasi yang harus ada di laptop setelah instal ulang adalah software penyimpanan online

Selain melalui Microsoft OneDrive seperti penjelasan dalam poin sebelumnya, masih banyak jenis software yang bisa Anda pilih untuk menyimpan file.

Nah, menyimpan file secara online bisa membantu menjaga keamanan dokumen-dokumen penting yang Anda miliki. 

Di samping itu, telah banyak aplikasi penyimpanan online yang bisa Anda pilih, seperti Dropbox, Google Cloud, IDrive, hingga Mega.

Dapatkan Solusi tentang Masalah Laptop Anda di Asani

Demikian sejumlah penjelasan mengenai daftar aplikasi yang harus ada di laptop, mulai dari Google Chrome, hingga software penyimpanan online.

Dengan memiliki sejumlah aplikasi di atas, Anda bisa mengerjakan tugas kantor secara lebih efektif.

Namun, jika bingung terkait cara instalasinya, Anda dapat memanfaatkan layanan IT Hardware Service dari Asani.

Asani adalah perusahaan IT yang menawarkan jasa sewa laptop ke beberapa kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, dan memberikan solusi terkait permasalahan perangkat komputer bagi suatu badan usaha.

Nah, melalui layanan IT Hardware Service, Anda bisa menyewa laptop atau komputer dan memperoleh jasa konsultasi untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah IT.

Apabila tertarik dengan layanan tersebut, Anda bisa langsung menghubungi Asani untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Freeze di Semua Tipe Windows, Simak!

Post comment

Product Enquiry